Bagian 2 – 9. Alkitab dan Pengakuan Muslim tentang Mekah Kuno

9. Alkitab dan Pengakuan Muslim tentang Mekah Kuno

Bantahan penting untuk menentang pernyataan bahwa Mekah adalah kota kuno: Alkitab menunjukkan keterangan yang tepat.

Alkitab merupakan sumber terpenting bagi kita untuk memahami sejarah kuno, karena buku ini menjelaskan asal-usul berbagai ras, bangsa, dan suku. Pada awal bagian ini, kita akan menelaah orang² keturunan nabi Nuh setelah bencana air bah. Keterangan diambil dari kitab Kejadian, dan juga kitab² lain dari Alkitab. Alkitab secara tepat menyebutkan jumlah suku² dalam silsilah keturunan dari kitab Kejadian. Alkitab menjelaskan tempat setiap suku, dan kronologi yang tepat tentang kapan setiap suku muncul dalam sejarah, meskipun sebagian suku dan negara muncul berdekatan dengan jaman musibah air bah.

Musa: Sumber Terpercaya, Tidak Menyertakan Keberadaan Mekah di Jamannya

Musa adalah nabi yang menulis kitab Kejadian, di awal abad ke-15 SM. Terdapat pemisahan waktu 3000 sampai 4000 tahun antara masa awal suku² kuno dan jaman di saat Musa menulis kronologi kitab Kejadian. Tradisi penyampaian cerita dari mulut ke mulut tidak bisa menyampaikan keterangan yang sama untuk masa yang selama itu. Satu² keterangan tentang ketepatan dan kelengkapan data kuno adalah Tuhan membimbing Musa saat menulis kitab Kejadian.

Dalam kitab Kejadian, kita telusuri asal-usul berbagai suku Arabia dari awal sampai ke jaman Musa. Musa menulis kronologi tepat untuk generasi² suku² tersebut, dan nama² kakek moyang mereka. Tapi lebih dari itu, kitab Kejadian menjelaskan bagaimana daerah Arabia dihuni setelah bencana air bah. Keterangan tentang suku² Arabia segera disebut setelah bencana air bah, dan terus berlanjut ke jaman Abraham, sampai jaman Musa dan pembantunya, Yoshua, di abad ke-15 SM. Dengan begitu, kitab Kejadian tidak hanya data tentang berbagai nama suku, asal-usul, dan kronologi sejak jaman kuno, tapi juga data sejarah tentang berbagai negara di jaman Musa. Dia menerima pendidikan sejarah dari bangsa Mesir ketika hidup sebagai anak angkat putri Firaun. Bertahun-tahun kemudian, Lukas menulis di kitab Para Rasul 7:22, “Musa dididik dalam segala hikmat orang Mesir.”

Bangsa Midia tidak pernah mendengar tentang Mekah

Para sejarawan beranggapan suku² Arabia dikenal oleh bangsa Midia, yang berhubungan dnegan Musa ketika dia tinggal di Sinai. Kalian tentu ingat bagaimana Musa pergi ke gurun Sinai, ketika melarikan diri dari Mesir setelah membunuh seorang Mesir yang membunuh orang Israel. Hal ini terjadi sebelum Tuhan mengirim Musa kembali ke Mesir untuk meyakinkan Firaun agar membebaskan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir. Kita bisa mengira bahwa Jehtro, mertua Musa, tahu nama² suku² Arabia barat, karena dia adalah pendeta Midia, yang hidup sebagian di Sinai, dan sebagian lagi di Arabia utara. Jehtro lebih tahu tentang berbagai nama suku² Arab daripada para sahabat Muhammad di akhir abad ke-6 M. Hal ini serupa dengan keadaanku sebagai penduduk asli Timur Tengah; aku tahu nama² berbagai negara modern Arabia, terutama karena aku hidup di daerah itu. Aku yakin bangsa Midia juga tahu tentang Arabia barat karena mereka tinggal di lokasi terdekat di tempat Mekah kelak dibangun. Kita bisa yakin bahwa bangsa Midia tentunya akan tahu tentang Mekah, jika memang Mekah sudah ada di jaman Musa di abad ke-16 SM dan sebagian abad ke-15 SM.

Kita tidak bisa mengabaikan pernyataan² sejarah yang dikatakan Musa pada jamannya. Musa hidup selama 40 tahun di gurun pasir Sinai dengan bangsa Midia, yang merupakan separuh keturunan Arab. Dia berpendidikan tinggi Mesir, yang merupakan sumber budaya dan pengetahuan termaju di jaman itu. Tidak hanya Musa adalah nabi Tuhan, tapi dia juga merupakan penutur sejarah yang dapat dipercaya.

Ibn Ishaq, sumber sejarah ngawur, menyatakan keterangan yang bertentangan dengan keterangan Musa.

Di pihak lain, Ibn Ishaq, yang hidup di abad ke-8 M, dan menulis ulang sejarah bagi Muslim, sangat tidak berkualitas seperti Musa dalam melakukan hal itu. Sudah jelas bahwa Ibn Ishaq mengganti begitu saja silsilah keturunan yang ditulis Musa di kitab Kejadian, dan dia mengarang ini bagi Muslim, dan dikenal sebagai “tradisi Islam” atau hadis. Sebelumnya, aku telah menyebut bahwa suku² dan silsilah keturunan yang ditulis Ibn Ishaq hanyalah khayalannya saja, dan tidak pernah disebut catatan² sejarah sebelumnya. Selain itu, sejarawan lain pada masanya juga menuduhnya mengarang silsilah keturunan tersebut. Dengan begitu, tulisan Ibn Ishaq tidak mungkin bisa menyaingi kebenaran tulisan Musa di kitab Kejadian.

Silsiah Keturunan Ham dan Suku² Arabia

Musa menyebut bahwa keturunan pertama adalah dari Ham, putra kedua nabi Nuh. Kejadian 10:6 mengatakan:

Keturunan Ham ialah Kush, Misraim, Put dan Kanaan.

Mereka adalah kakek moyang dari suku² kuno. Contohnya, negara Kush terletak di Ethiopia modern. Mesir berasal dari Misraim. Put adalah suku tua Afrika Utara dan Kanaan terletak di Palestina dan Lebanon. Dari Kush munul suku² di Ethiopia dan Yaman. Kita lihat bahwa keturunan Kush disebut di Kejadian 10:7 yang berbunyi:

Keturunan Kush ialah Seba, Hawila, Sabta, Raema dan Sabtekha; anak-anak Raema ialah Syeba dan Dedan.

Sudah jelas dari nama² para putra Kush bahwa sebagian dari mereka mewakili tempat² di Arabia. Kush adalah kakek moyang suku Kush yang mendominasi Ethiopia dan Sudan di jaman kuno. Alkitab menyebut suku² lain yang berasal dari Kush. Sebagian suku² ini pergi ke Yaman melalui Celah Bab al-Mandeb, daerah sempit yang lebarnya hanya 20 mil. Sejak jaman kuno, lokasi geografi ini telah berpengaruh terhadap hubungan antara Ethiopia dan Yaman.

Alkitab menyebut asal-usul Sabian di Yaman sebagai bangsa Kushit yang datang dari Ethiopia.

Anak Kush yang keempat adalah Raema, bapak dari Syeba, suku yang menghuni Yaman. Tak diketahui kapan keturunan Syeba meninggalkan Ethiopia dan pergi ke Yaman. Banyak sejarawan berpendapat bahwa Sabian Yaman berasal dari Ethiopia. Salah satu alasan pendapat ini adalah kesamaan bahsa Saba di Yaman dengan bahasa Mahri di Ethiopia. Ini membuktikan adanya koneksi lama antara Yaman dan Mahri melalui Celah Bab al-Mandeb. Migrasi dari Ethiopia ke pantai Yaman Arabia, dan begitu juga sebaliknya, sering terjadi. Syeba mendominasi pantai Ethiopia, dan melahirkan para raja di milenia pertama SM. Daerah itu dikenal sebagai Di’amat, yang merupakan negara yang muncul sekitar tahun 350-320 SM.

Nama Raema, yang merupakan ayah Syeba, putra keempat Kush, terdapat dalam prasasti² Yaman. [149] Hal ini membuktikan ketepatan keterangan Alkitab tentang negara keturunan Syeba dari bangsa Kushit di pantai Ethiopia. Alkitab mengatakan keturunan suku Syeba-Yaman dari Syeba, putra Raema, orang Kushit. Keterangan ini terdapat di Yehezkiel 27:22. Yehezkiel menyampaikan kutukan terhadap Tyre, kota Funisia. Dia mengatakan perdagangan di Tyre denan kota² dan negara² lain:
[149] James Montgomery, Arabia and the Bible, hal. 42

Pedagang Syeba dan Raema berdagang dengan engkau; mereka menukarkan yang terbaik dari segala rempah-rempah dan segala batu permata yang mahal-mahal dan emas ganti barang-barangmu.

Raema, ayah Syeba, disebut dengan nama Syeba dalam keterangan Alkitab ini. Alkitab memang sering menyebut nama sebuah negara dengan nama ayah yang menjadi asal-usul negara tersebut. Alkitab seringkali menyebut Israel dengan nama Yakub, dan juga Ishak, ayah Yakub, yang namanya digunakan untuk menyebut negara Israel. Di pasal Yehezkiel, Syeba dan ayahnya disebut untuk mengingatkan kita bahwa Syeba atua Saba, adalah kerajaan yang berasal dari Raema, orang Kushit. Ayat itu juga menerangkan kekayaan dagang antara Saba di Yaman dan kota² Funisia, seperti Tyre, yang memperdagangkan rempah², batu permata berharga, dan emas.

Saudara laki Ramea bernama Seba. Dia adalah putra pertama Kush, yang menjelaskan mengapa ada persamaan bahasa antara bangsa Syeba di Yaman dan suku² Ethiopia di pantai yang bersebelahan di Laut Merah. Tampaknya ada pula suku bernama Seba yang berasal dari Seba putra Kush, selain suku Syeba yang berasal dari putra Raema, saudara laki Seba. Kita ketahui bahwa saudara laki Syeba, putra Raema, adalah Dedan. Dedan yang ini bukanlah kakek moyang Dedan, suku di Arabia utara yang tinggal di kota Dedan. Suku utara Dedan berasal dari Keturah, istri kedua Abraham, yang dinikahinya setelah Sarah, istri pertama Abraham, wafat. Dedan putra Raema kemungkinan adalah kakek moyang suku kecil yang kemudian bergabung dengan suku² Kushit.

Jadi kita lihat bahwa Alkitab dan fakta sejarah menunjukkan kesimpulan bahwa masyarakat kuno Yaman memiliki keturunan Kushit, dan suku Saba adalah suku Kushit yang berasal dari Ethiopia.

Garis Keturunan Muhammad yang Sebenarnya

Keluarga Muhammad, sama seperti suku Sabian Kushit yang merupakan keturunan Ham, tidak mungkin bisa punya hubungan keluarga dengan Ishmael dan Abraham, yang merupakan keturunan Semit.

Fakta Alkitab dan sejarah menunjuk pada asal-usul keluarga Muhammad. Kita tahu bahwa kakek moyang Muhammad hidup di Saba di Yaman. Sekitar tahun 150 M, ketika bendungan Ma’rib runtuh, banyak suku² Yaman yang meninggalkan Yaman, sebelum akhirnya bendungan itu diperbaiki. [150] Keluarga Muhammad merupakan salah satu dari orang² yang pergi ke daerah di Arabia barat tengah, dekat tempat di mana suku Khuzaa’h, juga dari Yaman, nantinya mendirikan kota Mekah. Mereka hidup di daerah sekitar Mekah sebelum akhirnya kota itu dibangun di sekitar abad ke-4 M. Dengan demikian, kakek moyang Muhammad berasal dari suku Saba, yang aslinya adalah keturunan Kushit, yang merupakan keturunan dari Ham. Sama seperti semua masyarakat Sabian dari Yaman, mereka bukanlah keturunan Semit. Kita tahu bahwa suku Quraysh yang merupakan suku asli Muhammad, belajar bahasa Arab ketika beremigrasi dari Yaman ke tempat itu (Arabia barat tengah) dan berhubungan dengan masyarakat Baduy di Arabia barat tengah. Dengan begitu, Muhammad tidak mungkin adalah keturunan dari Ishmael, seperti yang dikatakan sumber Islam.
[150] Caussin de Perceval, I, 84 ff ; dikutip oleh James Montgomery, Arabia and the Bible, hal. 125

This entry was posted in BAGIAN 2. Bookmark the permalink.

85 Responses to Bagian 2 – 9. Alkitab dan Pengakuan Muslim tentang Mekah Kuno

  1. Hamba Allah says:

    Saya yakin orang2 pada nggak percaya sama semua keterangan2 di blog/website ini meskipun orang nasrani sendiri, masalahnya nggak ada sedikitpun yg memihak muslim semuanya salah tentang Islam di mata penulis ini walaupun kenyataannya Islam memang benar, salah bung kalau mau pengaruhi org islam/non islam spy tdk jadi Mualaf bukan gini caranya…kasih dikit aja yg benar gitu, he..he.. well..it’s Ok gak apa-apa , pengetahuan baru bgm kami yg muslim menilai dan memahami sebegitu dengkinya dan bencinya thd islam dr org2 non muslim dari sudut pandang berbeda.

    • memberon says:

      hmm.. ini thread ini bukan “kebencian” tapi “FAKTA” yang memang tertulis di alkitab. Saya selama ini mencari pembuktian akan kebenaran bahwa Muhammad itu berasal dari Quraysh (Kuraisi di indonesiakan). Dan suku Quraysh itu sudah ada sebelum Abraham (Ibrahim) membuang anaknya yang pertama yaitu Ismael (Ismail). Dengan adanya thread ini .. setidaknya saya bisa berpikir & mengkoneksikan bahwa muhammad itu berasal dari generasi tiga anak NUH (Sem, Ham dan Yafet). Karena dari mereka lah awal-awal berkembangnya suku2 di bumi setelah pemusnahan manusia yang pertama & terakhir dengan “AIR BAH” (perjanjian pelangi). Lalu penyebaran suku2 dengan menara babel nya.

      Yang membingungkan itu… fakta berbicara tetapi bisa kalah hanya karena hikayat / dongeng yang tidak ada pembuktian otentik (catatan sejarah). krn setau saya, bangsa arab sudah membumi hanguskan otentik perkamen sejarah sebelum jaman kelahiran muhammad, tahun gajah adalah era “nol” atau awalan peradaban yang baru bagi dunia arab islam. Jadi sulit bagi kita untuk menelusuri kebenaran yang terjadi sebelum itu. Saya berpendapat, dengan cara seperti itulah.. penuturan sejarah/koreksi sejarah arab dapat dikembangkan hingga saat ini.

      anyway… saya SALUT dengan pencarian begitu konkrit yang disertakan dalam thread d atas. O .. ya.. udah baca komik dari Larry Gonick yang judulnya “Cartoon History Of The Universe III (From the Rise of Arabia to the Renaissance)”. Jangan melecehkan karena KARTUN, tetapi isinya sangat penting !. Dia & tim nya sanggup memvisualkan kejadian2 tsb berdasarkan referensi buku2 hebat !!!. liat aja referensi di halaman belakang.
      Syalom. ^_^

      • pieter says:

        Dahulu Kaum anda mengakui nabi Muhammad keturunan anak budak Ismael bin Abraham anak buangan yang hina, skg org kristen baru sadar ternyata Nabi Ismahel adalah benar2 asli anak ibrahem meski dari hagar budak mesir tercantum dg gamblang lagi di al-kitab akan dijadikan bangsa yang sangat besar bahkan tersirat anak pejanjian sesungguhnya, sekarang mencoba mempermasalahkan sejarah mekah dan nabi Mumammad SAW bangsa arab keterkaitan dg keturunan Ismahel, hmmm sungguh licik…Sekarang saya mau tanya dimana keturunan Ismael yang mana keturunannya kelak dijanjikan Allah akan menjadi bangsa yang sangat besar berada??? kalau gak ada bukti sejarah versi kristen dlm injil/al-kitab yg menurut Allah dlm Al-quran sdh diubah2/edit sembunyikan dll maka kenapa tdk merujuk versi islam berdasar Al-quran dan hadits? juga kenapa tdk merefer pada arkeologi misalnya batu Maqam ibrahem berumur 4000 ribuaan tahun misalnya sbg pelengkap bukti bangsa arab asli keturunan Nabi Ismael bin Abraham.

      • michael says:

        Fakta dari sebuah sumber yg sudah berubah dan terdiri dari berkali2 dan beberapa versi?apakah itu perkataan tuhan,mungkin kalo alkitab(saya muallaf dr catholic) tidak ada versi roman chatolic,king james version,etc saya masih bisa berfikir kebenarannya, tapi bagaimana saya bisa percaya dr suatu sumber yg didalamnya terjadi banyak pertenyangan/perbedaan cerita dan sudut pandang berbeda2 dari penggospel,di indonesia kita mengenal 4 orang peng gospel coba cari tahu siapa mereke dan mereka sepanjang perjalanan hidup jesus, renungkan,bagaiaman dengan naskah laut mati,…

      • islamistehbest says:

        Pengakuan mualaf catotic SUDAH BASI dalam tata wacana diskusi agama… karena sering kali faktanya taqiyaa semata….

        Jika dalam catholis sdh tahu alkitab ini alkitab itu dan sejarah2 pembentukannya. MAKA SUDAH PASTI ia tdka kan asuk islam yg secara sejarah memiliki CACAT ILMIAH dalam pembentukannya..

        LAUT MATI ???
        apa yg diketahui mualaf katolik soal gulungan laut mati ini ?
        Apa dia tau soal KESEKSAMAANNYA ? soal kesesuaian kitab2 antara kitab 1947 ke 2947 tahun sebelumnya ? bahwa itu bukti bahwa alkitab TIUDAK BERUBAH2… ???

  2. martosiswo says:

    Tetangga saya orang jawa bercerita bahwa candi sewu dibuat hanya dalam waktu semalam. Dan cerita tadi telah turun temurun dari nenek moyang dan dianggap suatu kebenaran. Namun apakah sesuai dgn bukti2 archeologi dan sejarah? Mana yg lebih bisa diterima? terserah rasio anda.

  3. MUHAMMAD SHOFWAN says:

    Kebohongan tak mungki n di terima manusia. Hanya karena iri, dengki dan entah apa lagi namanya….ente tetap tidak akn di akui ocehannya.

  4. anwarkhorib says:

    sebagian manusia lebih mementingkan egonya yang berasal dari hati dan pikirannya yang terbelunggu oleh suatu ajaran yang membuat mereka terbelenggu, namun tidak mereka sadari.
    karena apa ? karean ada suatu sosok yang nyata terlihat secara keduniawian “yang akan mengancam” jika tidak ditaati. hanya ada 2 pilihan Ikut atau mati.

    Saya ex mslim, yang dulunya sangat mendukung dan sepaham dgn fpi, dan saya ikut dalam kegiatan fpi di kota saya dan saya fans berat sama mas abu bakar ba’asyr, sampai saya.
    mengidolakannya, Namun saya sekarang saya bebas degan hati yang lebih damai, dan telah bebas dari belenggu tsb. Kebebasan yang dibatasi tanggungjawab moral. namun reisko yang sampai hari ni adalah, saya sudah bukan dianggap keluarga oleh keluarga saya, sampia detik ini Maret 2013. Tapiu saya lebih bahagia, saya bisa lebioh mengasihi sesama, tanpa pandang bulu.

    • b says:

      Bljr lah islam dgn baik,, sbel ajal mnjemput dan penyesalan tdk lagi berarti,, bnyk fenomena alam yg tdk di ketahui manusia selama 1400 th lamanya sedang al quran menjelaskan dengan nyata,, contoh satu saja buat renungan dan msi banyak lagi,,Allah mnjelaskan dlm alquran ada laut yg tidak bercampur antara yg tawar dan asin dn skrg baru diketahui ada di gilbartar, sudah jelas ini firman allah dan manusia baru tahu zaman skrg,,Allah maha mengetahui bumi dan seisinya,, bertobatlah sblm mnyesal

  5. mado says:

    sungguh suatu kebodohan yg teramat parah yg menganggap muslim tdk tahu sejarah, tdk punya ahli arkeologi dan ilmuan sejarah lainnya, sy cma mau ksh tau sm penulis dongeng ini, utk membaca kisah muslimnya MAURICE BUCAILLE dgn pikiran dan hati yg lurus…

    • islamistehbest says:

      MAURICE BUCAILLE ????
      apa kalian pikir, orang2 SEDUNIA tdk tahu bahwa ia TERMAKSA MUALAF krn kadaan ?
      sama seperti banyak pegawai2 kafir yg TERPAKSA mengucapkan 2 kalimat sakti (sh diangap mualaf) untuk dapat bekerja di ngarab saudi atau mesir ? memperbaiki sesuatu atau menggali minyak di sana ? atau membangun di sana?

      Beuuuhhhhhh………..

  6. luikhman says:

    seperti yang terjadi di Indonesia yang nota bene negara muslim terbesar, yang berbicara adalah SUARA BUKAN FAKTA. Semakin keras suaranya berteriak, demikianlah otaknya mengangggap sebagai suatu kebenaran. ini juga yang terjadi di kalangan islam. Hal ini tidaklah heran, karna begitulah perilaku nabinya. sambil membunuh atau melakukan tindakan kekerasan, pakai teriak aulohuakbar, dan aulohnya yang tidak bertenaga ditolong dan dilindungi oleh umatnya yang lebih kuat dan bertenaga dari aulohnya. tanpa merenungkan apakah yanga dikatakan nabinya itu benar atau tidak, tanpa merenungkan kelakuan nabinya, mereka terima dengan membabi buta. bila berbicara dan menasehati, semua orang pasti bisa berbicara yang baik Tapi, KALAU MEMANG MUHAMAD SEORANG NABI, SUDAH SEHARUSNYA PERILAKUNYA MENUNJUKKAN KENABIANNYA. APAKAH AULOH BUTA MELIHAT KELAKUAN BEJAT NABINYA?

    • rianti says:

      jika alloh saja berselawat untuk nabinya artinya kedudukan allohnya lebih rendah dari muhamad, juga muslims mengatakan jika seseorang mimpi bertemu yesus bisa saja penjelmaan iblis, kecuali jika mimpi bertemu muhamad karena iblis tak bisa menyerupai muhamad . ini notabene muhamad kedudukannya lebih tinggi dari yesus (secara logika), lalu bagaimana dengan ayat quran yang mengatakan bahwa Isa itu termulia di dunia dan ahirat???????.

      • syah jehan says:

        ummat islam memuliakan nabinya, beliau menyuruh umat islam berselawat untuknya bukan mnta didoakan, tp memang itulah adat orang arab untuk menunjukkan rasa cinta, selain disuruh bersolawat mendoa tuk nabi, ummat islam jg berselawat tuk para sahabat dan segenap ummat, BAHKAN jg dianjurkan berselawat tuk segenap nabi termasuk nabi isa atau yesus, ummat islam juga mengucap keselamatan Salallahu Alaihi Wasallam.. jd bukan hanya tuk nabi muhammad sj dan itu hanya sebuah bukti kecintaan.. untuk mimpi beliau tdk pernah menyebut bila bertemu dg nabi lain dlm mimpi bs jD iblis, beliau hanya sebutkan bila bermimpi bertemu dengannya maka itu benar2 dirinya.. karena iblis tdk bisa menyerupakan dirinya..BELIAu tdk prnh menyinggung nabi lain dalam kata2x

      • michael says:

        Buktiin mana ada allah bersalawat kepada nabi? From michaelchristianto@yahoo.com

    • michael says:

      Baca sejarah yg konkret, penghujatan anda memperlihatkan kebencian terhadap saudara moslem, malah akan mepertontonkan kebodohan anda dlam memahami agama dan sejarah

    • am says:

      saya mau tnya bung. apakah tuhan kalian yesus kristus itu hebat sekali? saking dari hebatnya ia disalib dan ditelanjangi dikhalayak ramai tanpa punya rasa malu. monyet aja punya rasa malu. ini tuhan gak punya malu hehehe

  7. luikhman says:

    Banyak muslim yang ketika ditanya perihal muhamad, mereka menyanjungnya, dan mambantah perilaku bejat nabinya yang dengan jelas tertera di quran dan hadits. kenapa? karena mereka tidak membaca/menguasai kitabnya sendiri. sehingga dengan pemahamannya yang kurang, mereka menganggap dirinya dan agamanya lebih benar tanpa berpikir:
    KENAPA MEREKA HARUS MENDOAKAN MUHAMAD AGAR MASUK SURGA? KALO LEWAT DOANYA, SI MAMAD BISA MASUK SURGA, MAKA YANG HEBAT ITU ADALAH DOA UMATNYA BUKAN NABINYA. DAN, MENJADI 1 PERTANYAAN, KALO SI MAMAD BERANI MENJAMIN UMATNYA MASUK SURGA, KENAPA DIA HARUS TERUS DIDOAKAN OLEH UMATNYA? APAKAH AULOHNYA TIDAK SANGGUP MENOLONG DIA? BUKANKAH MUHAMAD SENDIRI YANG BILANG BAHWA AULOH JUGA BERSALAWAT UNTUKNYA?

    • rianti says:

      jika alloh saja berselawat untuk nabinya artinya kedudukan allohnya lebih rendah dari muhamad, juga muslims mengatakan jika seseorang mimpi bertemu yesus bisa saja penjelmaan iblis, kecuali jika mimpi bertemu muhamad karena iblis tak bisa menyerupai muhamad . ini notabene muhamad kedudukannya lebih tinggi dari yesus (secara logika), lalu bagaimana dengan ayat quran yang mengatakan bahwa Isa itu termulia di dunia dan ahirat???????.

    • michael says:

      Kehidupan dulu dengan zaman sekarang beda mas bro, coba didalami jika membaca, mereke mengawini bukan menzinahi,karena yg seperti itu lebih mulia daripada zina, coba kalo kamu intelektualitas,mohon tuh tv di tonton,koran dibaca,zaman dulu menikahi untuk memperbanyak keturunan dan untuk melindungi wanita jika dia janda, dr perompak dan kehidupan
      sehari2…

      gnya kaya jaman sekarang ada polisi dan panti….

    • michael says:

      Muhammad manusia biasa, yang menjadi rasul salah satu rasul tuhan dalam menyebarkan islam, mereka mendoakan nabi nya untuk memperkuat iman mereka sebagai pemimpin mulia mereka,tidak ubahnya kepada orang tua mereka yg mereka selalu doakan. Simbolik aja itu sebagai rasa terimakasih kepada pemimpin mereka.

  8. luikhman says:

    Muslim paham betul sejarah, tapi mereka menutupi kebenaran yang ada.
    Banyak sejarawan Islam sendiri menentang Ishaq mengenai silsilah muhamad yang disusunnya.

    • syah jehan says:

      tentu anda tahu jika orang2 arab sngt menjaga sejarah dan silsilah keluarga dibanding bangsa lain. mereka selalu mencantumkan nama ayahx diblakang namanya, dan banyak yang hapal beratus generasi sebelumnya. misal: amin bin syam bin abdullah bin syam’un bin hanbal..dst smp beratus generasi, sejarah apa yg perlu ditutupi? mereka tahu sejarah itu benar, tp tdk ad yg ditutupi, kecuali anda ingin mencari sejarah baru yg diada adakan, tanyakan ke pengarangnya tentang bukti arkeologis di kota mekah, dan kota apa yg disebut alkitab sbg bakkah yg didatangi abraham, well.. bahkan di alkitab disebutkan ke kuno annya!

      • michael says:

        Saya setuju, memang menurut saya yang paling memahami diri seseorang ya orang itu sendiri, memang banyak sekali orang di luar bangsa itu salah penelusuran jejak keturunan. Indonesia tau siapa nenek moyangnya,begitu oun bangsa yahudi,arab,mesir etc

  9. luikhman says:

    Seperti yang terjadi tentang berita: kaabah dan mekah sebagai pusat bumi. Bukankah para austronot yang turun dari antariksa langsung disambut oleh syeikh+pangeran2 nya negara2 timur tengah dan diberi sejumlah hadiah hasil pemberiitaan yang mereka sampaikan, padahal tidak ada aura yang jelas kelihatan dari angkasa tentang mekah. sama seperti nabinya yang suka akal2an dengan tipuan liciknya (ingat bagaimana dia menipu istrinya agar dapat meniduri mariyah sang budak?) janganlah heran kalau umatnya juga penuh tipu muslihat. tapi, sama seperti nabinya yang penuh tipu muslihat termakan tipunya sendiri saat daging racun yang dimakannya membunuh dia (karena kalo dia nabi, seharusnya dia tahu bahwa daging itu beracun, kenapa setelah makan baru tahu daging itu beracun, bukan sebelum makan? dan kalo dia memang rasul, seharusnya dia tidak akan mati karena racun karena tidak ada rasul yang mati karena racun, melainkan dibunuh karena memberitakan nama Yesus) demikianlah umatnya juga akan berakhir dalam kebinasaan karena menolak KEBENARAN itu sendiri.
    Satu lagi fakta, seharusnya muslim tahu bahwa tidak ada nabi atau rasul yang menunjukkan gejala2 : KEJANG2, AIR LUDAHNYA MENETES, TERGULING2 DI LANTAI, KETAKUTAN, SAAT MENERIMA BERITA DARI TUHAN, KALO MEMANG ITU TUHAN. tapi itulah yang ditunjukkan oleh bang mamad. ada dua hal yang bisa direnungkan disini: MUHAMAD ITU TERJANGKIT EPILEPSI ATAU JIBRIL/AULOH ITU BERWAJAH SEPERTI SETAN SEHINGGA SI MAMAD MENUNJUKKAN GEJALA KETEKUTAN SEPERTI ORANG MELIHAT HANTU.

    • syah jehan says:

      nabi muhammad hanya smpt gemetar ketakutan ketika dpt wahyu pertama, beliau tdk pernh kejang2 dll.. hanya selalu bergetar dan berkeringat stelah mndpt. wahyu. silsilah beliau memang bersambung ke nabi ibrahim dan ismael, hal itu secara logis dpt dibuktikan dari hijr ismail di ka’bah dan kunci ka’bah yg dpegang keluarga secara turun temurun smp abd muthalib kakek nabi, masalah akhlak nabi, beliau tidak bejat bahkan berada di no. 1 dari buku 100 tokoh dunia dan sikapnya yg lembut serta tingkah lakunya telah banyak dipuji orang2 barat. dan jikalau anda katakan menikahi lebih dari satu istri itu berarti bukan nabi, lantas bagaimana dg tingkah nabi2 di injil? daud beristri 99, isa anak haram, atau kisah2 perzinahan para nabi anda di injil! silakan bc kitab anda sblm menuduh

    • michael says:

      Dimata tuhan yesus kamu adalah orang yang tanpa di lengkapi roh kudus dan kasih tuhan, janganlah menebar kebencian dengan perkataan fitnah, sungguh memalukan saya mempunyai saudara seiman seperti anda,saya lebih baik berteman dengan 1 orang muslim yg penuh cinta kasih dibanding berteman dengan 1000 domba Tuhan yg tanpa kasih roh kudus

  10. fransiskus xaverius dari asisi says:

    anda umat kristiani harusnya menghormati mekah karena peradaban mekah diawali oleh kemunculan air zam zam dari kaki ismael ditemani ibunya saat ia menangis setelah di tinggal oleh abraham dan itu tertulis di injil dan quraan yang mana sampai saat ini peristiwa tersebut masih di hormati di kalangan islam dlam manasik haji. bapa abrahan pun yang membangun bait allah disitu yang sampai saat ini masih dikunjungi oleh jamaah islam..

  11. syah jehan says:

    semua agama mengajarkan kedamaian, sy ucapkan selamat bg anda yg menemukannya dalam agama baru anda.. spt jg ribuan non muslim yg stelah melakukan kajian mendalam dan pencarian panjang menemukan islam sbg agama yg paling tepat menurut akal mereka, walau anda dlm posisi yg terbalik tp tentu jg sbuah kebahagiaan bg anda dan tentu anda jg sedang dalam pencarian tnpa henti.. kajilah berbagai buku2 yg ada, mntalah petunjuk benar2 dr tuhan, pasti anda akan benar2 mndpt kedamaian

  12. rohward says:

    Ditilik dari silsilah keturunan dan cikal-bakalnya, para sejarawan membagi kaum-kaum Arab menjadi tiga bagian, yaitu:

    1. Arab Ba’idah,
    Kaum-kaum Arab terdahulu yang sudah punah dan tidak mungkin sejarahnya bisa dilacak secara rinci dan komplit, seperti ʿĀd, Tsamud, Thasm, Judais, ‘Imlaq dan lain-lainnya.

    2. Arab ‘Aribah,
    Kaum-kaum Arab yang berasal dari keturunan Ya’rib bin Yasyjub bin Qahthan, atau disebut pula Qahthaniyah.

    3. Arab Musta’ribah,
    yaitu kaum-kaum Arab yang berasal dari keturunan Isma’il, yang disebut pula ‘Adnaniyah.

    Tempat kelahiran Arab ‘Aribah atau kaum Qahthan adalah negeri Yaman, lalu berkembang menjadi beberapa kabilah dan suku, yang terkenal adalah dua kabilah: Kabilah Himyar, yang terdiri dari beberapa suku terkenal, yaitu Zaid Al-Jumhur, Qudh’ah dan Saksik.

    Kahlan, yang terdiri dari beberapa suku terkenal yaitu Hamadan, Anmar, Thayyi’, Madzhaj, Kindah, Lakham, Judzam, Azd, Aus, Khazraj, anak keturunan Jafnah raja Syam dan lain-lainnya. Suku-suku Kahlan banyak yang hijrah meninggalkan Yaman, lalu menyebar ke berbagai penjuru Jazirah menjelang terjadinya banjir besar saat mereka mengalami kegagalan dalam perdagangan.

    Hal ini sebagai akibat dari tekanan Bangsa Romawi dan tindakan mereka menguasai jalur perdagangan laut dan setelah mereka menghancurkan jalur darat serta berhasil menguasai Mesir dan Syam, (dalam riwayat lain) dikatakan : bahwa mereka hijrah setelah terjadinya banjir besar tersebut.

    Jadi sudah jelas bahwa Nabi Muhammad s.a.w. berasal dari keturunan Arab Musta’ribah yang berasal dari keturunan Isma’il, sedangkan yg dimaksud pada tulisan Saudara di atas adalah suku Kahlan yang merupakan sub suku Arab ‘Aribah yang hijrah meninggalkan Yaman, lalu menyebar ke berbagai penjuru Jazirah menjelang terjadinya banjir besar saat mereka mengalami kegagalan dalam perdagangan.

    • michael says:

      Saya punendapat referensi yang sama dengan anda,saya rasa anda penulis harus lebih memahami yg anda sampaikan dan coba lebih teliti sebelum mem publish, jangan sampai menjadi senjata makan tuan, tulisan anda secara moralitas mempertaruhkan kehormatan pengilut jesus

  13. lalu sasak says:

    nulis aja sesuka kalian n q lebih percaya yang sumbernya dr al quran…karena kitab pelengkap

    • Salomo07 says:

      Percaya saja gak cukup bung, lekas lah baca, lalu temukan banyak sekali keanehan disana. Saya bilang (banyak keanehan) karena saya sudah membacanya. Anda pasti belum membacanya. Oh ia satu lagi, baca yg versi terjemahan Indonesia ya. Jgn yg arab, emang situ ngerti?

      • michael says:

        Yang saya salut islam boleh terdiri dr beberapa aliran dan paham,tapi kitabnya tetap satu,salatnya tetap 5 waktu, pelarangan alkohol, daging babi tetap sama,…nabinya tetap satu. Kalaupun terjemahan nya berbeda2 tiap bangsa dan bahasa tetapi huruf dan bacaan asli nya tidak berubah dan terjaga. Salut

  14. senoadji says:

    Debat Muallaf VS Pendeta

    Ini adalah diskusi MUALLAF vs PENDETA yang lagi ramai dibicarakan, antara Chistina Olivia Wijaya alumnus theology yang seorang mualaf, dengan nama Islamnya Aninda Chairunisa, dengan seorang pendeta bernama Oikumene Anthony Domingus, pendeta asli Jakarta yang sekarang menetap di Philipina. Pendeta tersebutlah yang pertama kali mengajak debat Aninda karena mendengar berita ada seorang pendeta asal Australia bernama Herbert Simpson jadi mualaf setelah berdebat sama saudari Aninda. Yang membuat heboh, photo profile dari Aninda Chairunisa memakai photonya artis Chelsea Olivia, tapi sekarang sudah berganti dengan photo aslinya biar tidak salah penafsiran. Tapi muka mereka memang mirip sekali.

    Berikut ini rangkumannya :

    BENARKAH YESUS MATI DI SALIB , ATAU HANYA AKAL-AKALAN PENDIRI AGAMA KRISTEN ???

    =======================================
    Oikumene Anthony Domingus :
    Sejujurnya saya salut dgn anda,hapal alkitab melebihi saya,saya akan periksa dan mempelajari pesan pesan itu semua.saya secara gentleman mengakui Muhamad utusan Allah,bukan paulus.

    ========================================
    Oikumene Anthony Domingus : Shallom,dapatkah moderator memuat komen saya kedua dari yang terakhir

    Minggu pukul 19:53 •

    Ch Olivia Wijaya : assalamu’alaikum wr wb,,alhamdulillahi robbil alamin washolatu wassalam ala asy rafil ambiya’i wal mursalin wa ala alihi wasahbihi wasallam,,mohon permintaan pak pendeta Oikumene Anthony domingus dipenuhi akhy moderator

    Minggu pukul 19:56 •

    Oikumene Anthony Domingus : Komentar jawaban saya terdahulu,
    Minggu pukul 20:01

    Ch Olivia Wijaya : bagaimana moderator apakah sudah
    Minggu pukul 20:07

    Ch Olivia Wijaya : oke silahkan bapak pendeta
    Minggu pukul 20:08 •

    Oikumene Anthony Domingus : Okay,dalam dialog ini,saya kembali menegaskan sperti pernyataan saya terdahulu,bahwa nubuwat utuk muhamad tdk ada didalm alkitab perjanjian baru maupun,lama dan kalaupun ada hanya untuk yesus,persamaan musa dan muhamad sangat jauh sekali,sejauh tahun kelahiran mereka.
    Minggu pukul 20:09

    Ch Olivia Wijaya : baik pak pendeta,,saya ulangi lagi,yesus lahir ajaib,,musa normal..muhammad normal,,yesus mati disalib karena menebus dosa manusia,,musa dan muhammad mati tanpa beban dan berkubur di bumi,,yesus katanya sedang istirahat disorga,,musa dan muhammad nikah dan kawin serta beranak,,yesus tdk,,musa dan muhammad adalah raja yesus jadi raja di kerajaan dunia lain..apakah bapak mau memungkiri kenyataan ini????

    Minggu pukul 20:13

    Oikumene Anthony Domingus : Musa dan yesus memang berbeda dalam bentuk fisik tapi dlm nubuwat itu yesuslah yang dituju,bukan muhamad
    Minggu pukul 20:15

    Ch Olivia Wijaya : apakah ini jawaban profesional bapak ,,,atau ada sebaliknya??maaf
    Minggu pukul 20:16

    Oikumene Anthony Domingus : Ini sdh jawaban sesuai iman kristiani
    Minggu pukul 20:17

    Ch Olivia Wijaya : tolong bapak tulis di wall ini ciri kemiripan musa dan yesus dalam iman kristiani bapak,,mohon sangat

    Minggu pukul 20:18

    Oikumene Anthony Domingus : Sama sama mendapat mandat dari BAPA,bukan dari allah islam.

    Minggu pukul 20:20 •

    Ch Olivia Wijaya : catatkan moderator kemiripan yesus dan musa menurut bapak pendeta oikumene anthiny domingus ini

    Minggu pukul 20:21

    Ch Olivia Wijaya MUSA ADALAH NABI DAN YESUS ADALAH REINKARNASI TUHAN BETULKAN BAPAK

    Minggu pukul 20:22

    Oikumene Anthony Domingus : Betul dan itu pasti

    Minggu pukul 20:23

    Ch Olivia Wijaya : YESUS ADALAH PRIBADI YANG DIMUATI ROH KUDUS DAN BAPA MENURUT KEYAKINA KRISTEN,,MUSA TIDAK,,BATUL KAN BAPAK..
    Minggu pukul 20:24

    Oikumene Anthony Domingus : Betul,saya sangat setuju
    Minggu pukul 20:25

    Ch Olivia Wijaya : Sekarang saya tanya ke bapak apakah yesus sama dgn musa???
    Minggu pukul 20:26

    Oikumene Anthony Domingus : Saya mengakui musa dan Yesus berbeda
    Minggu pukul 20:28

    Ch Olivia Wijaya : jadi menurut bapak apakah Muhammad sama seperti Musa???…..
    Minggu pukul 20:29

    Oikumene Anthony Domingus : Iya tetapi anda bisa melihat historis dari keduanya,musa keturunan abraham,dari anak suci ishak,jelas bhw nubuwat itu bukan utk muhamad,dan anda lupa bhw muhamad dari arab barbar,sedang musa dari yahudi yang beradab dan memiliki keturunan yg kemudian menemukan penemuan2 yg briliant termasuk alat anda online ini.apa yang anda banggakan dari ajaran muhamad

    Minggu pukul 20:34

    Ch Olivia Wijaya : maaf saya tadi BAK,,baik pak pendeta saya akan jawab
    Minggu pukul 20:44

    Ch Olivia Wijaya : apakah bapak lupa dengan Kejadian 16;15,17;23,17;25 silahkan bapak buka

    Minggu pukul 20:45

    Ch Olivia Wijaya : sampai umur 13 tahun ismail adalah anak abraham,,ketika perjanjian antara ibrahim dan tuhan memberikan anak laki laki yang diberi nama ishak
    Minggu pukul 20:46

    Oikumene Anthony Domingus : Umat kristiani dari hasil rapat/koncili yg beratus kali,mungkin ribuan kali mengkaji secara jitu dan ilmiah,yang bersumber dari semua kitab agama manapun,termasuk quran,ismail adalah anak dari seorg ibu yg tdk syah dikawini,kristen menyimpulkan,bhw mustahil nubuwat itu utk muhamad,yang berada ribuan kilo meter dari israel.anda terlalu menghayal dan mengada ad saja.
    Minggu pukul 20:53

    Ahmad Syah : Oikumene Anthony Domingus@ tolong beri waktu mba olivia wijaya memaparkan premis nya mengenai ulangan 18:18 pak

    Minggu pukul 20:55 •

    Ch Olivia Wijaya : baik akhy Ahmad Syah,,saya sdg mengarahkan kesana
    Minggu pukul 20:57

    Ch Olivia Wijaya : maaf bapak,,saya tersenyum membaca pernyataan bapak,,ismail dan ishak adalah anak dari abraham,,kalau bapak dan seluruh umat kristiani,,laintya menyatakan bhw ismail anak haram, berarti Tuhan bapak telah salah memfirmankan dan menceritakan dalam ulangan itu dabn ulangan itu bukan firman tuhan ttp cuma ayat2 dongeng belaka

    Minggu pukul 21:01

    Oikumene Anthony Domingus : Itulah firman tuhan,dan pemebritaan yg harus dipelajari difahami,bhw Tuhan tdk pernah berdusta ttg sejarah.
    Minggu pukul 21:02

    Afiq Itu-afiq : Ini pengakuan bapak Oikumene Anthony Domingus
    Itulah firman tuhan,dan pemebritaan yg harus dipelajari difahami,bhw Tuhan tdk pernah berdusta ttg sejarah.

    Minggu pukul 21:03

    Ch Olivia Wijaya : kalau bapak mengatakan bahwa dalam ulangan itu adalah firman Tuhan,,berarti bapak yang tidak jujur dengan mendustai sejarah,,betulkan pak,,,
    Minggu pukul 21:03

    Oikumene Anthony Domingus : Nah…nah anda memulai bermain kata dimana letak kedustaan saya,mohon tunjukan

    Minggu pukul 21:05

    Ch Olivia Wijaya : saya minta tolong kepada moderator untuk memuat komentar bapak UMat kristen dari hasil rapat Consili,,,,,,,dst

    Minggu pukul 21:06

    Ch Olivia Wijaya : bagaimana bapak,,,bukankah itu pernyataan bapak bhw seluruh ( maaf ) umat kriten telah mendustai sejarah,,sedangkan tuhan jujur mengungkapkan sejarah !!!!

    Minggu pukul 21:08

    Ahmad Syah : ch olivia wijaya@ sudah mba aninda..==>Oikumene Anthony Domingus Umat kristiani dari hasil rapat/koncili yg beratus kali,mungkin ribuan kali mengkaji secara jitu dan ilmiah,yang bersumber dari semua kitab agama manapun,termasuk quran,ismail adalah anak dari seorg ibu yg tdk syah dikawini,kristen menyimpulkan,bhw mustahil nubuwat itu utk muhamad,yang berada ribuan kilo meter dari israel.anda terlalu menghayal dan mengada ad saja.
    Minggu pukul 21:08

    Oikumene Anthony Domingus : Ismail penentang saudaranya,anda kalau tdk percaya silahkan buka Kejadian 16:12,ini sdh cukup bukti menjelaskan kalau hubungan kekeluargaan ismail ishak putus dikemudian hari.
    Minggu pukul 21:10

    Ch Olivia Wijaya : kalau bapak memiliki anak 2 orang kemudian mereka ribut karena salah dalm mengartikan sebuah warna,kemudian mereka ribut,,apakah mereka sdh tdk satu keluarga lagi,,atau apakah salah satunya bukan anak bapak…???
    Minggu pukul 21:14

    Oikumene Anthony Domingus : Okay….okay i believe your opines
    Minggu pukul 21:15

    Ch Olivia Wijaya : in where father yu believed to my opinidsK>
    Senin pukul 21:00 •

    Oikumene Anthony Domingus : Okay anin i waiting
    Senin pukul 21:01

    Ch Olivia Wijaya : menurut bapak bagaimana ttg korintus itu…?????
    Senin pukul 21:03

    Afiq Itu-afiq : Ini yeyasa 64:6 Demikianlah kami sekalian seperti seorang najis dan segala kesalehan

    kami seperti kain kotor; kami sekalian
    menjadi layu seperti daun dan kami
    lenyap oleh kejahatan kami seperti
    daun dilenyapkan oleh angin.
    Senin pukul 21:04

    Oikumene Anthony Domingus : Saya melihat makna theologinya luas dan tidak ada kaitan dengan yesaya,-tu semua sifat2 dari theologi universal dan doktrin untuk kristen sama spt islam dgn doktrin la ilah ha ilalah
    Senin pukul 21:05

    Ch Olivia Wijaya : doktrin la ilaha illa Alloh akan m musnah apabila,,terdapat kemusyrikan,,begitu juga kristen dalam 1 korintus 15;14,,apabila yesus tidak mati maka gagalah doktrin itu,,betulkan pak..???
    Senin pukul 21:08

    Oikumene Anthony Domingus : Ya benar,ttp yesus sdh mengorbankan dirinya untuk penebusan dosa itu.ingat itu
    Senin pukul 21:09

    Ch Olivia Wijaya baik bapak ini pengakuan yesus sendiri,,tuhan kalian..LIHATLAH TANGAN DAN KAKIKU,,AKU SENDIRI INI,,RABALAH AKU,,DAN LIHATLAH,, KARENA HANTU tdk ada daging dan tulangnya,,seperti yang kamu lihat padaku,, IA MEMPERLIHATKAN TANGAN DAN KAKINYA,,,, artinya yesus HIDUP pak,,,lukas 24;39-40 masih mau n=menyangkal ya..??? hehehehe
    Senin pukul 21:14

    Oikumene Anthony Domingus Anda memfitnah kami
    Senin pukul 21:16

    Ch Olivia Wijaya : setelah paulus mengetahui bahwa yesus masih hidup,,maka iya berkata dalam yesaya 64;6,,,DAN SEGALA KESHALEHAN KAMI,,SEPERTI KAIN KOTOR,,,,,dst…”ini pengakuan paulus pak.. apakah bapak masi mengingkari pernyataan ” RAJA” RASUL” paulus yang selalu umat kristen puja-puja melebihi yesus dalam pengertian menuruti ajaran paulus ketimbang yesus…?????

    Senin pukul 21:19
    Oikumene Anthony Domingus Sekali lagi saya kasih tau anda jangan memfitnah kami umat Kristen

    Senin pukul 21:21
    Ch Olivia Wijaya : bapak telah BOHOOOOOOONG !!!! ,,,bapak telah mengingkari kenyataan,,,,,semua doktrin yang bapak pakai di gereja adalah ajaran paulus,,,bukan ajaran yesus,,nabi yang mulia,,,,saya minta bapak dalam dialog ini cobalah untuk jujur,benar dan yang sedikit briliant lah

    Senin pukul 21:24
    Oikumene Anthony Domingus Okay saya mohon maaf krn kurang jeli menangkap penjelasan anda

    Senin pukul 21:25
    Ch Olivia Wijaya : baik pak …apakah harus kita lanjutkan dialog ini sesuai tantangan bapak..kalau mau mengakhiri bapaklah yang mengakhiri karena yang memulai adalah bapak..

    Senin pukul 21:27
    Oikumene Anthony Domingus : Lanjutkan,anda berkata semua kegiatan kristen mengikuti ajaran paulus,mohon klarifikasikan,kalau tdk saya anda tuduh fitnah
    Senin pukul 21:29

    Ch Olivia Wijaya : YESUS MENYEMBAH ALLAH…KRISTEN MENYEMBAH YESUS…YESUS MENGHARAMKAN BABI,,,KRISTEN MENGHALALKAN DENGAN MENAMBAH MENGURANGI KATA ” BABI ” MENJADI BABI + HUTAN..KESIMPULANNYA KRISTENLAH YANG MENGHINA YESUS DENGAN KEDUDUKAN ” MULIA ” SEBAGAI TUHAN. ISLAM MENJUNJUNG TINGGI,,MENGHORMATI YESUS SEBAGAI NABI YANG DIUTUS TUHAN SEMESTA ALAM MAKA KATA-KATA YESUS DALAM YOHANES 16;14 DAN YOHANES 15;26 ADALAH UNTUK MUHAMMAD UNTUK NABI KAMI,, UMAT ISLAM..KENAPA,,?? KARENA KRISTEN TDK PERNAH MENURUTI AJARAN YESUS YANG SEBENARNYA,,YESUS BERKATA-KATA DARI APA YANMG DIDENGARNYA,, BERARTI YESUS BUKAN TUHAN,,TETAPI UTUSAN,,,,KAMI MENGIKUTI YESUS IYA,,PASTI..KRISTEN MENGIKUTI YESUS,,,??? MIMPI SIANG BOLONG PAK

    Senin pukul 21:35
    Oikumene Anthony Domingus Saya pamit pamit,besok kita sambung lagi shalom
    Senin pukul 21:36

    Ch Olivia Wijaya : terima kasih pak pendeta Oikumene Anthony Domingus,,karena sempat hadir dalam dialog yang bapak sendiri mengajak saya..semoga menjadi bahan renungan bapak malam ini dgn mimpi indah…dan semoga bapak mendapatkan kemudahan dan kejernihan akal fikiran serta kebersihan hati untuk membedakan kebenaran yang sesungguhnya,,,

    Senin pukul 21:39
    Ch Olivia Wijaya : saya pamit dulu,,mohon maaf yang sebesarnya apabila da kata2 yang salah dlm penyampaian tadi..salah khilafnya wa’afu minkum wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh..

    Senin pukul 21:50
    Ch Olivia Wijaya : sampai detik ini SMS saya tdk dibalas oleh pendeta,,mungkin pak pendeta ketiduran atau lg masuk ke stasi untuk membaca kitab bibelnya,,,..
    Senin pukul 22:41

    Oikumene Anthony Domingus: Saya malam nanti akan datang dan mengikuti dialog,saya minta maaf krn ada kesibukan mendadak jd tdk sempat pamit kemaren malam,bukan saya menghindar apalagi meninggalkan tanggung jawab.shallom
    Ch Olivia Wijaya : assalamu”alaikum wr wb,,Borneo Jenggot,,security di wall ini tolong ya..biar lancer

    Oikumene Anthony Domingus : Apakah kita mulai aninda chairunnisa??
    Ch Olivia Wijaya : nanti dulu bapak..saya mau sholat dulu..maaf

    Oikumene Anthony Domingus : Okay
    Oikumene Anthony Domingus : Silahkan moderator kalau mau membuka dialog ini,saya memanggil Ch Olivia Wijaya utk hadir dlm dialog ini,

    Oikumene Anthony Domingus : Bapa minta maaf karena kemaren malam karena adanya keperluan mendadak terpaksa meninggalkan dialog,bapa tdk lari dari tanggung jawab ataupun mau berkelit tp karena keperluan mendadak,terima kasih
    Ch Olivia Wijaya : baik pak maaf saya terlambat,,saya tdk mempermasalahkan kejadian kemaren,,silahkan moderator membuka acara ini…

    Ch Olivia Wijaya : assalamu’alaikum wr wb…Alhamdulillahi robbil alamain washolatu wassalam ala sayidina Muhammadin wala alihi washohbihi wasallam..
    Ch Olivia Wijaya : silahkan bapak memulai,,,,,

    Oikumene Anthony Domingus : Anda mengatakan kemaren malam kami umat kristen tdk mengindahkan perintah yesus,anda salah non,lihatlah yohanes 15:14-15,kami umat kristen bukanlah seorg hamba,tapi kami umat kristen telah BERSAHABAT dgn Tuhan Yesus kristus Tuhan kami.

    Ch Olivia Wijaya : bapak,,,,itu pernyataan bibel,,betul ya pak…
    Oikumene Anthony Domingus : Betul sekali

    Ch Olivia Wijaya : tolong kepada Moderator dgn segala hormat,,saya minta tuliskan di wall ini yohanes 15:14-15,,apakah benar kristen mengikuti perintah yesus
    Afiq Itu-afiq : Yohanes 15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.
    15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

    Oikumene Anthony Domingus : Saat kami sakit,dan menderita dalam apa
    saja,yesus pasti datang membantu kami,lihatlah matius 26:50

    Ch Olivia Wijaya : bapak,,meski saya bukan pendeta,,uskup,,,pastor,,atau biarawati,,saya tau matius 26:50 itu,,yang bapak jadikan dasar itu menceritakan ttg saat2 penangkapan yesus,,untuk supaya saya tdk dianggap fitnah,,bapak tolong tuliskan di wall ini matius 26:50,,
    Afiq Itu-afiq : Matius 26:50 Tetapi Yesus berkata kepadanya: “Hai teman, untuk itukah engkau datang?” Maka majulah mereka memegang Yesus dan menangkap-Nya.

    Ch Olivia Wijaya : bapak Oikumene Anthony Domingus..?????
    Oikumene Anthony Domingus : Okay,pertanyaan inti ke 2,islam mengklaim bhw Yesus atau isa adalah manusia biasa,bukan tuhan,sedang dlm quran itu sendiri baca di qs.2:45,allah islam sudah menyebut bhw isa diciptakan dari KALIMATULLAH,ATAU FIRMAN,DIA TERKEMUKA DIDUNIA DAN AKHIRAT,itu menjelaskan bhw Yesus itu Tuhan,dan ini berkaitan dgn yohanes 1:1

    Ch Olivia Wijaya : bapak,,tolong tuliskan tuliskan arti dari QS>2:45
    Oikumene Anthony Domingus : Karena saya bukan islam,kepada moderator tolong tuliskan
    Ch Olivia Wijaya : baik pak..sementara moderator menulis di wall ini kita lanjutkan
    Ch Olivia Wijaya : ketika saya mengatakan kepada bapak untu membuatkan saya kue DONAT,,,apakah saya DONAT..atau donat itu buatan bapak dan saya yang meminta???

    Oikumene Anthony Domingus : Bukan !!! Donat ya donat,anda ya anda.
    Ch Olivia Wijaya : apakah bapak Donat itu..???

    Oikumene Anthony Domingus : Anda telah mengalihkan makna kalimatullah
    Ch Olivia Wijaya : bapak yang tidak jujur,,memahami makna kalimatulloh,,ketika bapak berkhutnah di depan jemaat bapak..apakah bapak sedang berkalimat,,( kalimat Oikumene Anthony Domingus) yang sedang berbicara,,berkata-kata,,dan sedang berfirman betulkan pak..??

    Oikumene Anthony Domingus : Betul
    Ch Olivia Wijaya : kira kira QS.ttg kalimatulloh itu sama tdk dgn pengertian ” kun ” jadilah,,tetapi dalam proses biologi,, bukankah yesus tidak langsung ada,,tetapi melewati proses alami,,dikandung di lahirkan..

    Oikumene Anthony Domingus : Betul,saya setuju.proses biologi,
    Afiq Itu-afiq : Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu, (Qs. 2:45)
    Ch Olivia Wijaya : afiq ali imran mas.. yang dimulai dgn izd qolatit malaikatu innalloha…dst

    Ch Olivia Wijaya : baik bapak…apakh bapak setuju bhw kalimatullah adalah sebuah firman yang diucapkan sinonim dgn kata KUN FAYAKUN dalam Yasin ..
    Oikumene Anthony Domingus : Saya setuju,krn proses biologi adalah proses alami dan di situ kekuasa Bapa atau yesus itu sendiri terlihat !!! dan itu sangat riil dgn alkitab dlm proses penciptaan alam ini

    Ch Olivia Wijaya : maaf tadi saya salah tulis harusnya QS>3:45 Afiq Itu-afiq,,saya mohon maaf sekali..

    Ch Olivia Wijaya : apakah bisa kita lanjutkan ke terkemuka didunia pak..
    Oikumene Anthony Domingus : Teruskan Celoteh Musafir : Qs 3:45…Wahai Maryam!Sesungguhnya Allah menyampaikan kbr gembira kepadamu tentang sebuah kalimat dari-Nya(yaitu seorg putra)namanya Al Masih Isa putra Maryam.seorg terkemuka di dunia dan di akhirat dan trmasuk org2 yg di dekatkan(kpd Allah)

    Ch Olivia Wijaya : menurut bapak karena kalimat TERKEMUKA DIDUNIA DAN AKHIRAT MAKA YESUS ADALAH TUHAN bapak silahkan buka yohanes 5:43-44..
    Oikumene Anthony Domingus : Aku datang dlm nama Bapa-ku,dan kamu tdk menerima aku,jikalau orang lain yg datang atas namanya sendiri kamu menerima dst
    Ch Olivia Wijaya : terima kasih pak..meski tidak lengkap bapak tulis tetapi sdh sangat membantu,,mungkin nanti akhy saya moderator dapat menampilkan yohanes 5:43-44,,

    Afiq Itu-afiq : Yohanes 5:43 Aku datang dalam nama Bapa-Ku dan kamu tidak menerima Aku; jikalau orang lain datang atas namanya sendiri, kamu akan menerima dia.

    5:44 Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang
    dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa?

    Ch Olivia Wijaya : yesus lahir,,,yesus datang…kalau yesus tdk datang berarti tidak ada Tuhan bagi kristen,,begitu juga kalau tidak datang maka ia tdk terkemuka didunia dan akhirat,,,apakah begitu kira2 kronologis baliknya bapak..
    Oikumene Anthony Domingus : Iya benar sekali,dan mustahil yesus tdk datang,karena kalau yesus tdk datang maka MANUSIA,AKAN SELALU DALAM LUMPUR DOSA DAN DIPERBUDAK DOSA

    Ch Olivia Wijaya : dalam bibel yohanes 5:43-44 itu yesus datang atas nama BAPA,,artinya mengajarkan semua ajaran Torat,,dan kebenaran..hehehe saya cuma nanya ke bapak,,siapa yang membuat yesus terkenal didunia dan akhirat pak,,,
    Oikumene Anthony Domingus : Jelas kristen nak,pertanyaan anda ini betul betul brilliant sekali

    Ch Olivia Wijaya : terima kasih bapak..kalau bapak mengatakan kristenlah yang membuat yesus terkenal didunia dan akhirat,,itu betul sekali bapak,, KARENA KRISTENLAH YANG TELAH MEMBUAT GEMPAR PENGHUNI LANGIT DAN BUMI DGN MENUHANKAN YESUS,,,,berarti Yohanes 5:43-44 terbukti dan terpenuhi,, dan yang menjadi PEMBANGKANG DAN MENERIMA ORANG DGN MEMBAWA NAMA SENDIRI ( PAULUS DAN AJARANNYA ) dialah yang datang tdk dengan nama BAPA…

    Oikumene Anthony Domingus : Anda jelas salah menilai sepert itu,kristen mengikuti Yesus.pasti dan tak terbantahkan lagi,anda telah memandang picik,dalam penafsiran itu.

    Ch Olivia Wijaya : SILAHKAN BAPAK BUKA yOHANES 17:3 TOLONG AJARI KAMI TAFSIRAN THEOLOGINYA BAPAK…

    Oikumene Anthony Domingus : Saya jawab belakangan
    Ch Olivia Wijaya : baik pak,,,tolong jelaskan 1 petrus 5:4,,apa makna itu pak,,please sir help us

    Oikumene Anthony Domingus : Okay okay dari semua dialog kita beberapa malam ini hingga skrg,saya mengakui muhamad itu nabi untuk islam tetapi bukan untuk Kristen

    Ch Olivia Wijaya : alhamdulillah,,,terima kasih pak,,atas kejujuran bapak,,KALAU MUHAMMAD saw,,adalah bukan nabi untuk kristen tentunya yesus benar dong pak,,menubuwatkan untuk PAULUS..( ingat alfa omegha ya bapak..)

    Oikumene Anthony Domingus : Betul sekali,hanya islam saja yang mengaku ngaku mendapat nubuwat itu.dlm hal ini nabi orang islam.muhamad

    Ch Olivia Wijaya : kalau begitu..berarti Yesus berbohong,,BAHWA DIRINYA UTUSAN ALLAH/BAPA,,BERARTI YESUS ADALAH PENIPU TERBESAR SEPANJANG SEJARAH PERADABAN MANUSIA DENGAN MENGATAKAN BHW ” AJARANKU BUKAN DARI DIRIKU SENDIRI DAN DALAM KENYATAANNYA MENUBUWATKAN UNTUK ORANG LAIN YANG SALAH ( PAULUS ) DAN YESUS SERING MENYEBUT PAULUS ORGILLLORANG KERASUKAN…ORANG YANG TINGGAL DIKUBURAN..DLL…DLL.. baca matius 7:22-23

    Oikumene Anthony Domingus : Saya kecewa anda terlalu jauh menafsirkan bibel kami
    Ch Olivia Wijaya : bapak..saya dalah mantan kristen yang telah diajarkan secara theologi,,,saya menafsirkan sesuai dgn ilmu yg saya dapat dari dosen/pendeta theolog…kecuali dosen2 itu yang mengajarkan saya salah dalam ilmu theologi..
    Oikumene Anthony Domingus : Okay saya jawab lain waktu pertanyaan anda
    Ch Olivia Wijaya : bapak,,,saya hanya menyambung dari pertanyaan inti yang bapak tanyakan kepada saya sesuai kesepakatan kita.

    Oikumene Anthony Domingus : Saya anggap pertanyaan inti saya tuntas.
    Ch Olivia Wijaya : berarti bapak mengakui bhw QS.ali imran :45 itu hanya pemberitahuan tentang kelahiran yang ajaib dari seorang nabi yang mulia yesus ibnu maryam..dan dia bukan Tuhan yang menyamar dan hadir di dunia dalam bentuk yesus…???

    Oikumene Anthony Domingus : Kalau mengikuti alkitab dan seluruh alur cerita alkitab,maka saya mengakui dan setuju.

    Oikumene Anthony Domingus : Beri saya waktu untuk menjawab dan mempelajari semua ini,karena ini hal baru yang diinfokan islam kepada kami,

    Ch Olivia Wijaya : SILAHKAN BAPAK..UNTUK MENAMBAH WAWASAN BAPAK BACALAH QS.AN NISA 171..QS.19:88-92

    Oikumene Anthony Domingus : Terima kasih aninda chairunnisa
    Ch Olivia Wijaya : SILAHKAN BAPAK…

    Oikumene Anthony Domingus : Silahkan aninda,saya memberikan anda kesempatan
    Ch Olivia Wijaya : saya cuma menanyakan kebapak ttg rangkuman dialog kita..apakah musa sama seperti Muhammad,,apakah musa sama seperti paulus,,apakah musa sama seperti yesus,,,itu terserah bapak menjawabnya,,ttp fakta jangan pernah kita lupakan..kemudian apakah yesus itu tuhan..apakah yesus itu nabi…bibel anda sendiriyang mengatakan pertentangan itu,,ini memperlihatlkan kepada kamibhw adanya dualisme..mungkin tigaisme dalam ajaran Kristen

    Ch Olivia Wijaya : itu semua hanya bapak dan umat kristen yang bisa jawab dgn hati jujur seperti bapak..kewajiban kami hanya memberitahukan bhw kawan kami sesama komunitas manusia yang bergrup kristen telah salah mengartikan peta..

    Ch Olivia Wijaya : dan disinilah kita akan melihat siapa yang telah menyembunyikan kebenaran itu.
    Oikumene Anthony Domingus : Silahkan Tanya

    Ch Olivia Wijaya : apakah bapak yakin kalau kematian yesus itu suatu pengorbanan dalam penebusan dosa atau hanya pengorbanan yang sia sia..???
    Oikumene Anthony Domingus : Sangat yakin,seperti anda dulu sewaktu kristen,setelah hama islam merasuk keyakinan anda,maka keyakinan itu hilang itlah kesalaha anda.

    Ch Olivia Wijaya : terima kasih pak,,itu tdk masalah buat saya bapak mau nyebut saya apa ja boleh kok..
    Ch Olivia Wijaya : bagaimana kalau kita buktikan disini kalau yesus itu sebenarnya belum meninggal dunia saat itu,,berarti doktrin penebusan dosa itu gagal kan pak…???
    Oikumene Anthony Domingus : Tidak perlu,anda buktikan atau tidak,YESUS TETAP TUHAN DAN JURUSELAMAT KAMI,DAN KAMI MEYAKINI BHW DIA MATI DIKAYU SALIB

    Ch Olivia Wijaya : baik pak pendeta,,saya tdk memaksa anda,,yang pasti Islam meyakini dengan sebenar keyakkinan bhw yesus tdk mati di kayu salib,,

    Oikumene Anthony Domingus : Kalau anda dan seluruh umat islam didunia ini,bhkan segala jin setan sekalipun membantah bhw yesus mati dikayu salib,utk menebus dosa manusia,kami umat kristen tt tdk akan dirugikan

    Ch Olivia Wijaya : hehehehehe bapak g usah emosi gt,,,,kan ini pendapat islam yang di beritakan oleh qur’an..yang diwahyukan oleh Allah Tuhan semesta Alam raya ini,,,sedangkan kristen hanya mengikuti pemberitaan sepihak dari paulus,,yang ditulisnya dan di sisipkan dibeberapa tempat dalam berbagai bibel,,atau injil,,

    Oikumene Anthony Domingus : Fitnah anda melebihi segala macam kejahatan di dunia ini,yesus akan menghukum anda nantinya

    Ch Olivia Wijaya : saya tidak yakin pak kalau yesus menghukum saya,,justru beliau membela saya.. kan beliau mengajarkan ajaran kasih,,”TAMPAR PIPI KIRI SORONG PIPI KANAN ”

    Oikumene Anthony Domingus : Fitnah anda menuduh paulus dan lainya menulis alkitab! apalagi dgn menyebutkan disisip kesana kemari,apa dasar anda ?

    Ch Olivia Wijaya : bapak silahkan buka pengakuan penulis alkitab ini dalam 2Timotius 3:16,,,lihat aja dalam berbagai versi,, biar akurat saya tulis bunyinya
    Ch Olivia Wijaya : ” SEMUA tulisan, ADALAH DIDAPATKAN berdasarkan ilham,,DARI TUHAN DAN BERMANFAAT BAGI
    PENGAJARAN,HUKUMAN,,,PERBAIKAN,,PERINTAH MENUJU KEBENARAN ”
    tolong dijabarkan makna SEMUA TULISAN/BERDASARKAN ILHAM,,, apakah sama dengan UUD hasil keputusan DPR,,dinicea,,chalchedon..effesus apakah ini betul firman tuhan bapak..

    Oikumene Anthony Domingus : Firman Tuhan itukan yag diilhamkan kepada orang yang suci,fahami itu

    Ch Olivia Wijaya : mungkin maksud bapak termasuk orang suci itu kali,,tetapi dalam liturgi keuskupan maupun kekristenan lainya Firman itu adalah wahyu,,dan wahyu itu adalah Roh kudus dan Roh kudus itu bersama sama nyungsep ditubuh yesus…gmn sih pak..???saya jadi bingung pak..

    Oikumene Anthony Domingus : Bukan substansi dialog
    Ch Olivia Wijaya : dalam 2 timotius 3:16,,ini terlihat dgn jelas dengan mata telanjang bulat,,bhw ini bukan firman tuhan atau bukan wahyu tuhan..tdk salah klalau sarjana alkitab mengatakan bhw bibel itu hanya 20-30 % benar-benar firman tuhan sisanya hanyalah hoax yang di hoaxkan ( maaf ) oleh manusiayang berhati ” suci ” tanda kutif.apakah bapak mau saya tunjukan firman sebenarnya dari firman Tuhan yang sebenarnya,,bukalah MATIUS 14:21-24,,DAN JIKA BAPAK INGIN MENGETAHUI SIAPA SESUNGGUHNYA YANG BAPAK DAN SELURUH UMAT KRISTENIKUTI SELAMA INI BUKALAH 1 YOHANES 4;1

    Oikumene Anthony Domingus: Jadi anda menuduh kami menyembah setan selama ini ya.

    Cobra Commando : Saudara saudari
    Dimohon nyimak tanpa coment
    Diskusi ini dipantau langsung öleh Uskup Agung Vatican !

    Ch Olivia Wijaya : hahaha iya dan benar,,sebab ajaran yang diajarkan paulus dkk itu adalah : 1. TIDAK MEMULIAKAN YESUS..2.TIDAK MEMBERITAKAN APA YANG DITERIMA DARI YESUS,,,3.MEMBAWA AJARAN LAIN.

    Oikumene Anthony Domingus : Anda mempolitisir yohanes 16:14 dan yohanes 15:26
    Ch Olivia Wijaya : SILAHKAN BAPAK TULIS DI WALL INI YOHANES 16;14,,,DAN YOHANES 15;26,,KITA BEDAH BERSAMA SAMA BAPAK..

    Oikumene Anthony Domingus : Tidak perlu

    Ch Olivia Wijaya : berarti bapak yang memfitnah saya telah mempolitisir yohanes 16 dan 15 itu,,bapak bisa lihat dan buktikan secara fakta lihat di yohanes 16:1-2-3-4a.siapa yang membunuh kami,,kaum muslimin diseluruh dunia denga dalih perang suci.. berbakti kepada Bapa,,,,kristen pak,, siapa yang dibunuh kristen…??? KAMI UMAT ISLAM,,MURID MURID ABADI YESUS,,UMAT ISLAM YANG TAATI PERINTAH YESUS YANG DITERUSKAN DAN DISEMPURNAKAN OLEH NABI BESAR MUHAMMAD saw.MOHON MODERATOR TAMPILKAN YOHANES 16: 1-2-3-4A-4B
    Oikumene Anthony Domingus : Sejujurnya saya salut dgn anda,hapal alkitab melebihi saya,saya akan periksa dan mempelajari pesan pesan itu semua.saya secara gentleman mengakui Muhamad utusan Allah,bukan paulus.
    Ch Olivia Wijaya : BERARTI BAPAK MENGAKUI KALAU YESUS BUKAN tUHAN DAN TDK ADA PENEBUSAN DOSA

    Sang Pengambil KesimpulanDiskusi Yohanes 16

    1 “Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. 2 Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. 3 Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. 4 Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu.” (16-4b) “Hal ini tidak Kukatakan kepadamu dari semula, karena selama ini Aku masih bersama-sama dengan kamu,

    Tony Chow : Akhirnya Pak Pendeta mengakui Muhammad Rasulullah Allahu Akbar.
    Oikumene Anthony Domingus : Saya pamit dulu,saya akan kaji secara mendalam saya mengakui MESSENGER itu bukan utk paulus,saya pamit suatu saat saya akan buat pernyataan resmi dari hasil dialog profesional ini saya minta maaf kalau ada kata kata saya yg tdk mengena dlm dialog ini,terima kasih dialog ini hebat !!! your the best frienddly,saya jujur lebah mengajari manusia,utk bersatu dlm kegotong royongan,
    Oikumene Anthony Domingus : Meski anda muda,ilmu anda baik,saya yakin ada seseorang yang ahli mengajari anda dlm dialog ini,selamat dan shallom utk nya,siapapun orangnya,terima kasih semua SHALLOM

    Diskusi Oikumene Anthony Domingus: Sejujurnya saya salut dgn anda,hapal alkitab melebihi saya,saya akan periksa dan mempelajari pesan pesan itu semua.saya secara gentleman mengakui Muhamad utusan Allah,bukan paulus.

    Oikumene Anthony Domingus : Karena saya yang membuka dialog ini saya pula yang menutupnya,saya pamit suatu ketika saya akan datang lagi

    Ch Olivia Wijaya : saya mendo’akan bapak semoga bapak dapat menyingkap tabir kebenaran itu,,,Apapun kesimpulan bapak itulah yang terbaik buat bapak…Allah Tuhan yang Maha Kuasa akan menuntun bapak..selamat malam pak ..see u again..your the best teacher,,the best friend,,and the best olman thanks

    Ch Olivia Wijaya : moderator yang terhoremat dan selalu dalam berkah serta ampunan Allah,,saya hanya mampu mendo’akan kalian semoga dan pasti Allah akan menjaga melindungoi,memberikan kemudahan dalam segala urusan dunia dan akhirat,,kepada semua barakallohu fikum,,RABBANA ATINA FID DUNYA HASANAH WAFIL AKHIRATI HASANAH WAQINA ADZABAN
    NAR..WALHAMDULILLAHIRABBIL‘ALAMIN

  15. leaavatharia says:

    katanya alkitab banyak bohongnya / diubah, tidak asli lagi,. tapi mengapa anda yakin muhamad dinubuatkan dalam alkitab? muhamad mengangkat dirinya sendiri sebagai nabi, sayangnya dia tidak punya konsep sendiri tentang ketuhanan, maka itu dia pakai taurat dan injil sebagai dasar keyakinannya. coba simak 75% isi alquran diambil dari alkitab.

    • michael says:

      Wah salah alquran tidak menyadur alkitab tetapi melyruskan yg salah dalam taurat dan zabur, karena dasarnya memang alkitab itu tidak ada,kan yesus mengajarkan taurat bukan alkitab,kalo alkitab atau imjil kristianity itu gabungan antara taurat dan hasil konsensus nicea oleh paulus

  16. leaavatharia says:

    sayang sekali anda cepat ambil keputusan jadi mualaf. coba uji dulu alquran dan nabinya.
    apakah benar isi alquan wahyu yang lansung diterima muhamad?
    apakah benar muhamad seorang nabi?

    • michael says:

      Justru yang saya bangga,yang gak ada masuk hitungan itu adalah nasrani, coba buka kitab kejadian 17:1-27,baca semua, pahami,ulas,berlogikalah…..lalu coba anda liat alkitab perkataan tuhan atau cerita?anda pernah baca karya hamlet?shakespere?…sama tuh gaya tulisannya dengan alkitab…lanjut…kenapa hanya 4 injil yg dipernolehkan oleh paulus? Sedangkan banyak injil lainnya?siapa dia? Bacalah tentang nabi palsu…apakah dia mirip musa?..seperti yg didanhdhd janjikan tuhan dalam torah/perjanjian lama? Tentu tidak…dan itu pun bukan yesus…diislam tidak menolak yesus,tapi meng imani sebagbi allah

    • michael says:

      Kalo saya masih memegang teguh iman kepada ajaran paulus, saya seperti tidak mengakui ke esaan tuhan,makin lama saya makin menggerogoti kehormatan tuhan yg esa, tri tunggal adalah satu, wajarlah ada konsep sepwrti itu dr pengaruh ajaran yunani dan romawi, (zeus,poseidon dan hades) hindu siva brahma wisnu,..jika kamu berbicara yesus/isa maka kau berbicara abraham,..didaerah tanah arab/israel bani, beda untuk yunani dan romawi….abraham dalam torah mengajarkan konsep 1 tuhan,..begitupun yesus,…banyak di alkitab jawaban bahwa yesus itu bukan tuhan, ..di banyak negara yg menganut sistem polytheisme, selalu menceritakan dan menimbulkan peraelingkuhan antara tuhan/dewa dengan manusia…

      • michael says:

        Kamu boleh berbicara bahwa nabinya tidak benar dan berkwalitas,tapi itu kata kamu,…islam walau banyak alirannya, tapi shalatnya sama,bacaannya sama, kiblatnya sama, alqurannya sama….memahami islam yg saya pelajari jangan seperti orang buta memegang gajah, orang buta memegang gajah kalo di pegang baru bellainya maka dia bilang islam itu melengkung…tapi coba kau pelajari seluruhnya..tidak ada keinginan muhammad yg tidak lain hanyalah sebagai penyampai wahyu tuhan…dia tidakbilang yesus itu bukan tuhan dan aku muhammad tuhannya, malah dia mengajarkan kemuliaan tuhan dengan mensucikan kelhiran yesus sebagai karunia mukzizat kebesaran tuhan esa bukan sebagai tuhan itu sendiri…simple toh? Tuhan kasih kita akal dan pikiran untuk berlogika dan Membedakan yang mana yang baik dan yg buruk,yang salah dan yang benar….maka gunakanlah..jujurlah…islam adalah agama yang monotheime mutlak dan ini adalah warisan ajaran abraham…baca torah atau perjanjian lama…

  17. leaavatharia says:

    Penemuan Perkamen Al-quran di Sana’a.
    Diterbitkan Maret 19, 2010 Artikel Menarik Ditutup
    Tag:alquran, islam, perkamen.

    Oleh: Sujit Das
    “Menghormati iman orang-orang percaya yang tulus seharusnya tidak menyebabkan investigasi yang dilakukan para ahli sejarah dilarang atau dibelokkan……… Seseorang harus mempertahankan hak-hak metodologi dasar sejarah ” – Maxime Rodhinson, 1981 ; p.57

    Seringkali orang-orang muslim mengatakan bahwa baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru telah dikorupsi dan diubah secara serius. Mereka katakan, supaya sebuah Kitab Suci bisa dikatakan sebagai otoritatif, maka ia harus dipelihara tetap tanpa perubahan sama sekali, dan menunjuk pada Qur’an mereka sebagai kitab suci yang diwahyukan kata demi kata dan surat demi surat kepada Muhamad oleh Allah. Quran mengklaim, ” Tidak boleh ada perubahan dalam firman-firman Allah” (10:64), dan “Tidak ada yang bisa merubah kata-kata ( dan peraturan) Allah” (6:34).

    Tetapi betapa anehnya ” dokrin pembatalan ” ini, dimana wahyu-wahyu yang datang kemudian membatalkan wahyu-wahyu terdahulu, sebagaimana Quran (2:106) menegaskan, “Wahyu-wahyu…..Kami membatalkan/mencabut atau menyebabkan untuk dilupakan.” Juga, sebuah Hadis (6:558) dari Sahih Bukhari menegaskan bahwa Muhamad melupakan banyak ayat. Disamping itu, Sunaan ibn Majah (3:1944) mencatat bahwa setelah kematian Muhamad, sejumlah wahyu dimakan oleh seekor kambing . Bagaimana kata-kata Ilahi bisa dimakan, diubah, dibatalkan atau dihapuskan, meskipun ada klaim dari Allah dalam Sura 10:64 dan 6:43?

    Tidakkah semua klaim-klaim dari Allah ini berkontradiksi dengan diriNya sendiri? Tetapi ajaibnya, kenyataan ini sama sekali tidak menggangu pemikiran orang-orang muslim. Barangkali, jika kita bisa menghadirkan Quran lain yang “otentik”, dan yang berbeda dengan bentuk standar Quran yang ada saat ini, maka muslim akan menggunakan logika mereka.

    Kebenaran yang sangat menghancurkan adalah bahwa sejumlah besar naskah-naskah kuno, berasal dari abad pertama Hijrah ditemukan di Mesjid Agung di Sana’a (Yaman), yang secara signifikan berbeda dengan Quran standar yang ada sekarang. Sistem penanggalan dengan menggunakan Carbon meyakini bahwa naskah-naskah Quran ini tidak dibuat oleh lawan-lawan keagamaan. Disamping itu, naskah-naskah Quran ini ditemukan oleh orang-orang muslim sendiri, bukan oleh orang-orang kafir.
    Barangkali inilah peristiwa yang paling memalukan dalam sejarah Islam yang sudah berlangsung selama 14 abad.

    1. bersambung………..

    • michael says:

      Alquran dan hadist aja…..mazabkita boleh pilih, mungkin coba perdalam dulu untuk mengetahui islam dan bagaimans sudut pandang kami memandang pengajaran agama kami…mengerti dulu…tentang wajib(banyak macamnya),sunnah (banyak macam juga),etc…pokoknya mengerti dulu hukum2 di islam…pasti terjawab kebingungan anda,dan yg utama pelajari dulu baca alquran jangan artinya terus

    • michael says:

      Itu anda copy paste yah tulisan orang,udah gitu aneh sekali yah bahasa nya dalam menyebut sumber qur’an…hai orang-orang non muslim, biasakanlah menyebut sumber qur’an itu dengan nama suratnya lalu tulis angka penunjukan ayat,contoh…”al-fatiha ayat 3″ gituuu..terang dan jelas kok, gak ada bahasa pasal2an..udah gitu sumber kamu itu salah banget…fitnah itu,..aduh malu2in ah..kepada teman2 muslim mohon hati2 dan mohon dicerna setiap tulisan, komentar dan argumen dari “mantan “sodara seiman saya (kristen/katolik), mereka jago silat lidah dan mutar balikin fakta dengan menyajikan bahasa yang jika kita baca kelihatan banyak dan ber isi…percuma,salah semua sumbernya…tapi entah bagaimana ia pede banget ngomongnya…serem yah…bener kata mantan pendeta tinggi nasrani yg bisa tulisan dan baahasa ibrani..ex pdt.mokoginta yang sekarang jadi ustad…orang nasrani itu goblok..jelas2 bukti didepan mata dan mereka gak pake otak dan akalnya untuk berfikir dan mengulas alkitab mereka..bahkan ketika ditunjukkan kepada mereka bukti yang nyata mereka tetap tidak beriman/berpaling….ckckckckck…
      Pokoknya sodara muslim hati2…teliti dan jangan langsung terpengaruh..saya yang sekarang sebagai seorang china moslem menghimbau kepada mantan sodara seiman…jangan menebar fitnah dan. ..”iqro…bacalah..jika ingin mengenal islam melalui alquran…”…..wassalammualaikum wr.wb…semoga Allah SWT selalu melindungi kita dan memberkahi kita

  18. leaavatharia says:

    Penemuan Perkamen Al-quran di Sana’a

    sambungan 1.

    Mesjid Agung Sana’a adalah salah satu Mesjid tetua dalam sejarah Islam. Gedung ini dibangun pada tahun 6 Hijrah ketika Muhamad mempercayakan salah seorang dari teman-temannya untuk membangun sebuah Mesjid di Yaman, yang diperluas dan diperbesar oleh para pemimpin Islam dari masa kemasa.

    Pada tahun 1972, ketika berlangsung restorasi Mesjid Agung ini (hujan deras menyebabkan dinding bagian barat Mesjid ini rubuh), para tukang yang bekerja dalam sebuah ruangan mahkota diantara struktur bagian dalam dan atap bagian luar, menemukan sebuah kuburan yang menakjubkan, yang pada saat itu, karena ketidaktahuan menerka, mereka tidak menyadari apa yang ada disitu. Biasanya Mesjid tidak mengakomodasi kuburan, dan situs ini juga tidaki berisi batu nisan, tidak ada sisa-sisa tubuh/tulang manusia dan juga tidak ada barang-barang peninggalan dari pemakaman. Tak ada benda lain didalamnya kecuali perkamen tua dan dokumen-dokumen surat yang jumlahnya sangat bayak. Juga di dalamnya ditemukan buku-buku yang sudah rusak dan halaman-halaman teks individual dalam bahasa Arab, yang sudah lebur menjadi satu oleh karena hujan dan kelembaban selama lebih dari seribu tahun.

    Para tukang yang tidak mengerti itu kemudian mengumpulkan naskah-naskah tersebut, memasukkannya dengan sembrono ke dalam 20 kantung kentang, dan meletakkannya pada tangga disalah satu menara Mesjid, dimana naskah-naskah itu pun kemudian dikunci disitu. Naskah-naskah itu akan kembali dilupakan, jika bukan karena Qadhi Isma’il al-Akwa, Presiden Otoritas Barang-Barang Antik Yaman, yang dikemudian hari menyadari pentingnya penemuan itu. Al-Akwa mencari pertolongan dari dunia Internasional untuk menguji dan mengawetkan fragmen-fragmen itu, sebab tidak ada seorang pun sarjana di negaranya yang sanggup mengerjakan penemuan yang sangat kaya seperti ini. Pada tahun 1997, ia menerima kunjungan dari seorang sarjana Jerman non muslim. Orang ini lalu membujuk pemerintah Jerman untuk mengorganisir dan menjalankan sebuah proyek restorasi.
    Segera setelah proyek itu dimulai, menjadi jelaslah “kuburan kertas” itu adalah sebuah tempat untuk menyimpan puluhan ribu fragmen-fragmen dari hampir seribu naskah-naskah kuno Quran, kitab suci muslim. Otoritas muslim pada masa-masa awal Islam menganjurkan agar kopian -kopian Quran yang telah rusak disingkirkan dari peredaran dan hanya mengijinkan edisi-edisi kitab suci yang masih baik untuk dipakai. Juga tempat yang aman seperti itu dibutuhkan untuk melindungi kitab-kitab itu dari kebakaran atau kehancuran jika para penyerang datang, dan disinilah kemudian muncul ide untuk menyimpannya disebuah ‘kuburan’ dalam Mesjid Agung di Sana’a, yang pada waktu itu merupakan tempat untuk mempelajari Quran. Hal ini sudah berlangsung sejak abad pertama Hijrah.

    Retorasi naskah-naskah itu diorganisir dan diawasi oleh Gerd R. Puin dari Saarland University, di Jerman. Puin adalah seorang spesialis terkemuka dalam bidang kaligrafi Arabik (studi mengenai tulisan tangan indah dan artistik), dan merupakan seorang paleografi (studi mengenai dokumen-dokumen dan tulisan kuno) Qur’anik. Selama sepuluh tahun ia secara ekstensif menguji fragmen-fragmen perkamen yang berharga itu. Tahun 1985, rekannya H.C. Graf V. Bothmer bergabung dengannya.

    Tes-tes Carbon-14 menunjukkan bahwa sejumlah perkamen itu berasal dari tahun 645-690 AD. Tahun pembuatan mereka yang sebenarnya bisa jadi lebih dini lagi, karena C-14 memperkirakan tahun kematian dari sebuah organisme (perkamen adalah kulit binatang), dan proses itu hingga penulisan akhir pada perkamen mencakup waktu yang tidak bisa diketahui. Tanggal penulisan kaligrafi menunjukkan tahun 710-715 AD. Beberapa perkamen kelihatannya berasal dari abad ke tujuh dan ke sembilan, dan karena itu bisa disebut sebagai Qur’an tetua yang ada saat ini.

    Pada tahun 1984, Rumah Naskah (Dar al Makhtutat) didirikan di dekat Mesjid Agung, sebagai bagian dari proyek kerjasama antara otoritas Yaman dan Jerman. Sebuah usaha keras yang sangat besar dimulai untuk merestorasi gragmen-fragmen Qu’anik. Antara tahun 1983 dan 1996, kira-kira 15.000 dari 40.000 halaman telah selesai direstorasi, khususnya 12.000 fragmen-fragmen pada perkamen dan naskah-naskah yang berasal dari abad ke tujuh dan sembilan.
    Hingga saat ini, hanya ada tiga kopian kuno Qur’an yang ditemukan. Yang pertama disimpan di Perpustakaan Inggris di London, berasal dari akhir abad ke tujuh dan dianggap sebagai yang paling tua. Tetapi naskah-naskah Sana’a bahkan usianya lebih tua. Lebih dari itu, naskah-naskah ini ditulis dengan huruf yang aslinya berasal dari Hijaz – wilayah Arabia dimana nabi Muhamad hidup, yang membuatnya tidak hanya sebagai naskah tetua yang berhasil selamat, tetapi kopian otentik Qur’an yang paling tua. Arabik Hijazi adalah tulisan (Mekah atau Medinah) dan Qur’an mula-mula ditulis dengan huruf ini. Meskipun potongan-potongan ini berasal dari Qur’an paling awal yang pernah ada, mereka juga merupakan palimpsests ( naskah-naskah dengasn tulisan asli yang telah dipakai ulang). 2. bersambung…….

  19. leaavatharia says:

    Penemuan Perkamen Al-quran di Sana’a

    sambungan 2.

    Gaya tulisan tangan yang indah dan artistik dan jarang dipakai menjadi hal yang menarik perhatian Puin dan temannya Bothmer, tetapi hal yang lebih mengejutkan lagi menanti mereka. Ketika naskah Qur’an ini diperbandingkan dengnan naskah standard yang ada saat ini, kedua orang ini menjadi terheran-heran. Teks-teks kuno yang ditemukan ini sangat berbeda dengan naskah yang ada sekarang, dan hal ini benar-benar mengganggu. Disini terdapat ayat-ayat yang disusun secara tidak konvensional, variasi-variasi tekstual yang sedikit namun signifikan, ortografi (pengejaan) yang berbeda dan perbedaan pada pembubuhan (dekorasi) artistik.

    Hal ini benar-benar menghantam keyakinan orang-orang muslim ortodoks bahwa Qur’an yang ada hari ini dapat dikatakan sebagai Firman Allah yang “sempurna, kekal sepanjang masa dan tidak berubah.” Dengan penemuan naskah ini berarti Qur’an telah didistorsi, dinodai, direvisi, dimodifikasi dan dikoreksi, dan peruahan tekstual secara murni telah terjadi selama bertahun-tahun oleh tangan-tangan manusia.

    Aura kesakralan disekeliling Kitab Suci Islam ini, yang masih utuh selama lebih dari 14 abad lamanya, menjadi hilang dengan penemuan yang mencengangkan ini, dan keyakinan inti dari semilyar lebih orang-orang muslim yang meyakini Qur’an itu kekal, firman Allah yang tidak bisa berubah sekarang tampak jelas hanya sebagai sebuah kebohongan besar. Bukan hanya itu, klaim Qur’anik bahwa tak ada orang yang bisa merubah firman-firman Allah juga merupakan sebuah kepalsuan. Qur’an seharusnya merupakan sebuah, jika kita meminjam kata-kata dari Guillaume (1978, p.74), yang paling suci dari semua yang suci. Ia tidak boleh dibawah kitab yang lain, tetapi selalu berada diatasnya, orang tak boleh minum atau merokok ketika kitab ini dibacakan dengan keras, dan ia harus didengarkan didalam keheningan. Ini adalah Kitab yang merupakan jimat melawan penyakit dan bencana. “Orang-orang muslim menyebut Qur’an sebagai “Ibu dari semua Kitab” dan meyakini tak ada kitab atau wahyu lainnya yang bisa diperbandingkan dengan Qur’an (Caner & Caner, 2002. p.84). Tetapi sekarang, dengan penemuan ini, semua keyakinan itu menjadi lenyap. Hasil akhir seluruh perjuangan Islam selama empat belas abad sekarang menjadi nol besar.

    3. bersambung…………

    • michael says:

      Yang cerita non muslim, kami yang non muslim tidak merasa itu benar kok, aneh ceritanya,…bisa ceritain pula bahwa iman kami menjadi buyar sebagai muslim karena hal tersebut…bisa juga kita menulis….”begitulah naskah laut mati di temukan dan setelah di pelajari oleh berbagai study ilmu agama dan ahli sarjana arkeologi maka di tmukanlah sususan ayat-ayat dan pasal -pasal dari kitan inj8l yang tidak berada di injil yg de percayai sekarang, hal ini di kuatkan oleh penelitiandari test uji karbon yang dilakukan di salah satu universitas di german..bahwa naskah laut mati tersebut memang berasal dari tahun 100 bc….blablabla and so on…” basi…tau gak berapa banyak buku yg kalian ciptakan dan terbitkan untuk menghujat islam sejak dulu?…bbbuuuuaanyaaakk….tapi liat hasilnya!..pada akhirnya agama Allah yang menang..yang masuk muslim makin banyak,…sayacontohnya alhamdulillah….dapet hidayah..amin ya Allah

  20. leaavatharia says:

    Penemuana Perkamen di Sana’a.

    sambungan 3.

    Tidak hanya itu, banyak naskah memperlihatkan tanda-tanda dimana naskah-naskah itu menggunakan tulisan asli yang telah dipakai ulang. Misalnya, ayat-ayat yang sangat jelas ditulis di atas ayat-ayat lain yang sudah dihapus. Tentu saja ayat-ayat yang ada dibawah tulisan yang ada sekarang sulit untuk dibaca secara visual, tetapi peralatan-peralatan modern seperti fotografi ultraviolet dapat memperlihatkan dengan jelas tulisan-tulisan itu. Dipercaya bahwa naskah-naskah Sana’a bukan hanya satu-satunya varian, tetapi sebelum itu, teks Qur’anik telah dimodifikasikan dan ditulis ulang pada kertas yang sama. Hal ini berarti, klaim Allah (Sura 56:77-78; 85:21-22) bahwa teks asli telah disimpan di surga pada lembaran-lembaran emas, yang tak bisa disentuh oleh siapapun kecuali para malaikat, hanyalah sebuah cerita dongeng.

    Setelah mempelajari dengan seksama naskah-naskah ini, Puin sampai pada kesimpulan bahwa teks ini sesungguhnya sebuah teks yang telah dikembangkan, dan bukannya firman Allah sebagaimana yang diwahyukan secara menyeluruh kepada Muhamad (Warraq, 2002, p.109). Dengan perasaan tergetar ia berkata, ” Begitu banyak muslim yang memiliki keyakinan ini, bahwa segala sesuatu diantara kedua penutup Qur’an adalah firman Allah yang tak bisa dirubah. Mereka senang mengutip karya tekstual yang memperlihatkan bahwa Alkitab memiliki sebuah sejarah dan bukan sesuatu yang diturunkan dari langit, bahwa hingga saat ini Qur’an berada diluar perdebatan. Satu-satunya cara untuk meruntuhkan dinding ini adalah dengan membuktikan bahwa Qur’an pun memiliki catatan sejarah. Fragmen-fragmen Sana’a membantu melakukan hal ini.”

  21. leaavatharia says:

    Penemuan Perkamen Al-quran di Sana’a

    sambungan 4.

    Puin bahkan menyimpulkan (mengutip Taher, 2000), “Tak ada satupun karya tunggal yang tetap tanpa perubahan selama berabad-abad. Termasuk kisah-kisah yang ditulis sebelum nabi Muhamad memulai pelayanannya dan yang kemudian setelah itu ditulis ulang.”

    Selama melakukan riset mereka, sebagaimana yang dikatakan oleh Puin (Lester, 1999), “Mereka (otoritas Yaman) ingin agar hal ini tidak digembar-gemborkan, sebagaimana yang juga kami lakukan, meski dengan alasan yang berbeda. Mereka tak ingin menarik perhatian pada kenyataan bahwa ada orang-orang Jerman dan lainnya yang melakukan studi terhadap Qur’an. Mereka tidak mau mengumumkannya kepada publik, bahwa ada pekerjaan seperti ini yang sedang dilakukan, oleh karena posisi Islam adalah bahwa semua hal yang perlu dikatakan mengenai sejarah Qur’an telah dikatakan seribu tahun lalu.”

    Pada kenyataannya, Puin dan rekannya Bothmer mengetahui untuk beberapa saat ketika mereka melakukan studi mereka, bahwa Qur’an sendiri adalah sebuah teks yang terus berkembang, namun dengan bijaksana mereka memahami implikasi yang mungkin dari penemuan-penemuan mereka dan karena itu mereka tetap berdiam diri. Jika otoritas Yaman mengetahui penemuan ini, sangat besar kemungkinan mereka akan menolak kedua orang ini untuk memperoleh akses lebih jauh. Inilah yang dimaksudkan oleh Puin sebagai “alasan-alasan lain.” Karena itu keduanya tetap diam, dan kedua sarjana ini dapat tetap meneruskan riset mereka.
    Penemuan Puin juga mengkonfirmasi asumsi Wansbrough mengenai teks Qur’anik. Pada tahun 1970an, Wansbrough menyimpulkan bahwa Qur’an berkembang secara bertahap pada abad ketujuh dan kedelapan, setelah periode panjang dari transmisi oral, dan sekte-sekte yang berbeda biasanya berdebat dengan keras satu sama lain mengenai wahyu-wahyu mana yang asli . Alasan bahwa tidak ada sumber materi dari permulaan Islam yang pernah selamat adalah karena ia memang tidak pernah ada. Pada kenyataannya, Puin mengakui bahwa ia membaca ulang karya Wansbrough ketika ia manganalisa fragmen-fragmen Yaman iut (Warraq, 2002, p. 122).

  22. leaavatharia says:

    Penemuan Perkamen Al-quran di Sana’a

    sambungan 5.

    Teori Puin lainnya yang radikal adalah bahwa sumber-sumber pra-Islamik telah memasuki Qur’an. Argumentasinya adalah bahwa ada dua suku yang disebut, As-Sahab-ar-Rass (Para sahabat dari Sumur) dan As-Sahab-al-Aiqa (Para sahabat dari Semak-semak Berduri) yang bukan merupakan bagian dari tradisi Arab, dan orang-orang pada masa Muhamad tentu saja tidak mengenal mereka. Ia juga tidak setuju pandangan yang mengatakan bahwa Qur’an ditulis dalam bahasa Arab yang paling murni. Kata “Qur’an” itu sendiri aslinya berasal dari luar Arab. Kontras dengan keyakinan populer muslim, ia mengatakan bahwa arti dari “Qur’an” bukanlah pembacaan atau pengajian. Sebenarnya kata “Qur’an” menurutnya berasal dari bahasa Aramik, Qariyun”, artinya sebuah leksionari bagian-bagian kitab suci yang diterapkan untuk dibaca dalam ibadah ilahi.
    Qur’an kebanyakan berisi cerita-cerita Alkitab tetapi dalam bentuk yang lebih pendek dan merupakan ” sebuah ringkasan dari Alkitab untuk dibaca dalam ibadah.”

    Bothmer secara seksama telah mengambil lebih dari tiga puluh lima ribu gambar-gambar mikro film dari fragmen-fragmen itu pada tahun 1997 dan membawa gambar-gambar itu ke Jerman (Warraq, 2002, p.109). Artinya bahwa saat ini Bothmer, Puin dan para sarjana lainnya pada akhirnya akan memiliki sebuah kesempatan untuk meneliti kembali dengan lebih cermat teks-teks itu dan mempublikasikan penemuan-penemuan mereka dengan bebas.
    Puin tertarik untuk menulis sebuah buku mengenai hal ini pada masa depan, tetapi ia telah menulis beberapa tulisan-tulisan pendek mengenai penemuan mereka di berbagai macam majalah ilmiah, dimana ia memperlihatkan beberapa penyimpanan antara Qur’an kuno dan Qur’an standar sebagaimana yang ada sst ini (Mengutip Warraq, 2002, p.739-44).

    Ketika membuktikan bahwa Qur’an sama sekali bukan kitab yang bisa dianggap suci, Puin menulis, “Pendapat saya adalah bahwa Qur’an sejenis teks-teks gado-gado dimana tidak semuanya dimengerti pada masa Muhamad. Banyak dari teks-teks ini bahkan usianya seratus tahun lebih tua daripada Islam itu sendiri. Klaim-klaim Qur’an untuk dirinya sendiri adalah bahwa ia merupakan sesuatu yang jelas (mubeen). Tetapi (kontras dengan keyakinan populer) jika anda mengamatinya, anda akan menemukan bahwa seperlima dari kalimatnya sama sekali tidak mempunyai makna…….. Faktanya adalah seperlima dari teks Qur’anik sama sekali tidak bersifat komprehensif. Jika Qur’an itu tidak komprehensif, bahkan jika ia sendiri tidak bisa dimengerti dalam bahasa Arab, maka ia juga tak bisa diterjemahkan ke dalam bahasa apapun. Itulah sebabnya mengapa muslim merasa takut. Meskipun berulang-ulang Qur’an mengklaim bahwa ia adalah sesuatu yang jelas, tetapi nyatanya disitu terdapat banyak sekali kontradiksi yang sangat serius. Sesuatu pasti telah terjadi.

    6.bersambung……

  23. Bensabar II says:

    SAW keturunan penjaga ka`bah yaitu ismael yg hidup dilingkungan suku qurais
    seperti Harun penjaga Bait ALLAH

  24. leaavatharia says:

    Penemuan Perkamen Sana’a.

    sambungan 6.

    Penemuan yang luar biasa dari Puin sangat menarik perhatian Andrew Rippin, seorang Profesor bidang studi agama dan seorang ahli terkemuka dalam bidang studi Qur’an. Rippin (dikutip dari Warraq, 2002, p.110) menyimpulkan, “Pengaruh dari naskah-naskah Yaman masih bisa dirasakan. Pembacaan-pembacaan mereka yang bervariasi dan susunan ayat-ayat semuanya sangat signifikan. Semua orang setuju dengan hal ini. Naskah-naskah ini memperlihatkan bahwa sejarah awal teks Qur’anik lebih dari sekedar sebuah pertanyaan terbuka sebagaimana yang diduga banyak orang. Teks itu kurang stabil dan karena itu otoritasnya sedikit, daripada yang selalu diklaim.”

    Observasi Rippin benar-benar luar biasa. Selama periode Kalifah mula-mula, Islam bertumbuh sebagai gerakan politik dan bukan sebagai sebuah gerakan keagamaan. Sebuah buku seperti Qur’an dibutuhkan untuk menjaga agar orang-orang muslim tetap bersatu. Qur’an seperti sebuah ‘simbol status’ dari Islam, yang jika bukan karena buku ini maka Islam akan mati bahkan pada masa Muhamad. Qur’an ini murni buatan manusia.

    7.bersambung….

  25. leaavatharia says:

    Penemuan Perkamen Al-quran di Sana’a

    sambungan 7.

    Beberapa hal yang bersifat ilahi dilekatkan pada Qur’an supaya ia bisa memberikan perintah yang bisa dihormati, sebab ia tidak memiliki kuasa dari dirinya sendiri. Inilah caranya, bagaimana ketika mengakui klaim-klaim dari Qur’an sebagai ungkapan langsung dari Yang Ilahi, para manipulator mula-mula telah menyingkirkan semua kritik, yang kemungkinan akan mengeksposnya. Dalam Sura 5:101 dan 5:102 Qur’an sendiri melarang kriktik. Kita tidak tahu saat kebutuhan religius secara perlahan muncul, tetapi tanpa ragu, muslim mula-mula setelah Muhamad sebenarnya lebih liberal dibandingkan dengan generasi yang kita lihat saat ini. Otentisitas dari banyak ayat telah dipertanyakan sendiri oleh orang-orang muslim mula-mula. Banyak Kharijit, yang merupakan pengikut-pengikut Ali dalam sejarah Islam mula-mula, menemukan Sura yang menceritakan cerita yang tidak sopan mengenai Yusuf, sebuah kisah erotis yang tidak mungkin merupakan bagian dari Qur’an (dikutip dari Warraq, 1998, p.17).

    Warraq (1998, p.14) memiliki pandangan yang sama dengan Rippin, ” Para sarjana muslim pada tahun-tahun awal Islam jauh lebih fleksibel dengan posisi mereka, menyadari bahwa bagian-bagian Qur’an telah hilang, diselewengkan dan bahwa ada ribuan perbedaan yang menyebabkan tidak mungkin bisa berbicara mengenai Qur’an.”

    Ada bukti lainnya bahwa pesan-pesan Qur’anik telah diubah pada masa-masa awal Islam dan tidak ada lagi yang eksis yang disebut “Qur’an”. Tulisan dari beberapa ayat Qur’anik menghiasi Mesjid Dome of Rock di Yerusalem, yang barangkali merupakan monumen Islamik petama dan merupakan sebuah pencapaian artistik mayor, dibangun tahun 691 AD (Whelan, 1998, pp 1-14). Tulisan-tulisan ini secara signifikan berbeda dari teks standar yang ada saat ini (Warraq, 2000, p.34).

    8.bersambung……

  26. leaavatharia says:

    Penemuan Perkamen Al-quran di sana’a

    sambungan 8.

    Mingana (mengutip Warraq, 1998. p.80) mengeluhkan, “Pertanyaan paling penting dalam mempelajari Qur’an adalah otoritasnya yang tidak boleh ditantang.” Inilah satu-satunya alasan ;
    investigasi kritikal mengenai teks Qur’an adalah sebuah studi yang masih belum dewasa. Sebagaimana dikatakan oleh Rippin (1991, p.ix) yang mengeluhkan, “Seringkali saya menemukan individu-individu yang mempelajari Islam dengan latar belakang studi sejarah Alkitab Ibrani atau Kekristenan mula-mula, dan yang mengekspresikan keterkejutan pada kurangnya pemikiran kritis yang muncul dalam teksbook-teksbook pendahuluan Islam. Gagasan bahwa “Islam dilahirkan dalam terang sejarah yang jelas” kelihatannya masih merupakan anggapan dari banyak penulis besar mengenai teks-teks seperti itu.” Cook dan Crone (1977, p.18) menyimpulkan, “(Qur’an) sangat kurang dalam keseluruhan struktur, seringkali tidak jelas dan tidak merupakan sebuah rangkaian; sementara isinya asal-asalan dan materi-materi yang dibahas berbeda, serta melakukan pengulangan-pengulangan diseluruh pasal dengan versi yang berbeda-beda. Dengan dasar ini, bisa diperdebadkan bahwa kitab ini adalah produk dari sebuah keterlambatan dan pengeditan materi yang tidak sempurna dari sebuah tradisi-tradisi yang bersifat plural.” Crone (mengutip Warraq, 1998, p.33) juga menuliskan, ” Qur’an telah menurunkan banyak sekali informasi palsu.”

    Tetapi dalam kaitan dengan Alkitab, kita menemukan perbedaan, sebagaimana yang diobservasi oleh Rodinson (1980, p.viii), “(Untuk Alkitab) sikap ilmiah dimulai dengan keputusan untuk menerima sesuatu sebagai fakta hanya jika sumber itu telah dibuktikan sebagai sesuatu yang dapat dipercaya.” Orang-orang muslim secara salah mengintepretasikan kejujuran orang-orang Kristen yang memperlihatkan sejumlah pembacaan Alkitab yang bervariasi sebagai kelemahan. (Ali & Spencer, 2003, p. 76-9).

    Orang-orang Kristen, seperti halnya orang-orang Hindu, ingin melihat Kitab Suci mereka melalui sudut pandang ilmiah dan sejarah. Ketika naskah-naskah tua Alkitab, perkamen-perkamen atau naskah-naskah Hindu ditemukan, para sarjana Kristen dan Hindu hampir-hampir saling memanjat bahu masing-masing agar bisa terlebih dahulu mendapatkan akses kepada teks-teks itu. Penemuan-penemuan mereka seperti ini membuat mereka sangat tertarik. Tetapi sayangnya, tidak ada hasrat seperti itu dalam Islam. Kristen dan Hindu sangat berkeinginan untuk melihat lebih banyak lagi hal-hal yang bisa disingkapkan mengenai Kitab Suci mereka, sementara Muslim menolaknya, bahkan seringkali dengan determinasi yang kuat. Kontras ini benar-benar sebuah pukulan. Sementara baik imam Hindu dan Kristen secara kuat didukung oleh bukti-bukti arkeologis dan historis, sejauh ini tidak ada satupun eksplorasi yang diijinkan untuk dilakukan di Mekkah dan Medinah, dan tidak ada kemungkinan untuk melakukannya di masa yang akan datang. (Peters, 1986. p. 72-4)

    9. bersambung

  27. leaavatharia says:

    Penemuan Perkamen Al-quran di Sana’a

    sambungan 9.

    Kritikan Muslim terhadap Qur’an sangat jarang dan hampir-hampir tidak pernah ada sebagaimana yang dikeluhkan oleh Sina (2008, p.6), “Orang-orang Muslim pada dasarnya tidak punya kapabilitas untuk mempertanyakan Islam.” Baru-baru ini saja website-website para mantan Muslim yang melakukan sejumlah karya yang luar biasa mengenai hal ini. Tentu saja, orang-orang yang telah mengalami pencerahan seperti mereka akan berhasil membebaskan saudara-saudari Muslim mereka dari penjara Islamik. Jika tidak, apapun kritikan yang dilakukan terhadap Qur’an, semuanya akan dilakukan oleh para sarjana Kristen. Tetapi orang-orang Muslim seharusnya tidak menganggap kritik dari orang Kristen sebagai sebuah tanda oposisi religius. Para sarjana Kristen telah melakukan lebih banyak lagi kritikan terhadap agama mereka sendiri daripada terhadap Islam (Sproul & Saleeb, 2003. p.17, Spencer, 2007, p.1).

    Tetapi sekali penemuan-penemuan Sana’a dipublikasikan secara detil, Islam tidak akan pernah sama lagi sebagaimana ia ada selama empat belas abad ini. Islam pasti akan mengambil sebuah posisi yang asing. Banyak Muslim akan menunjukkan keraguan terhadap kesakralan Qur’anik dan konsep yang sangat “romantis” dari Qur’an secara perlahan akan lenyap dan sebuah perkembangan yang sangat menarik akan bisa diobservasi. Pertanyaan pertama yang akan muncul dipikiran mereka adalah – versi yang mana yang paling superior. Tetapi kemudian, tidak mungkin memilih sebuah versi Qur’an dan menolak versi yang lain berdasarkan pilihan. Sebab keyakinan Muslim juga menegaskan bahwa siapa saja yang menolak bahkan satu ayatpun dari Qur’an, sebenarnya mereka telah menolak seluruh pewahyuan. Ini adalah sebuah kemustahilan logis dan karena riset ilmiah telah meneriakkan kebenaran, banyak Muslim akan mencari jalan keluar dari hal yang tidak masuk akal ini dan akan mencoba membebaskan diri mereka dari penindasan tirani yang hidup disebuah agama yang palsu.

    Ketika mendiskusikan apatisme Muslim terhadap sains, hukum logika dan hukum alam, Jaki (mengutip Spencer, 2002, p.127) menulis, “Apa yang terjadi dalam dunia Muslim hari ini adalah sebuah konfrontasi, bukan antara Tuhan dan Iblis……..Tetapi antara satu Tuhan yang sangat spesifik dan ilmu pengetahuan yang merupakan sebuah antagonis yang sangat spesifik dari Tuhan itu, yaitu Allah dari Qur’an, yang merupakan oknum yang sepenuhnya mendominasi intelektual.” Penemuan Sana’a hanya menambahkan bahan bakar untuk api itu. Hari ini dunia Muslim dikelilingi dengan frustasi. Islam seharusnya menjadi wahyu terakhir dan orang-orang Muslim seharusnya menjadi “Manusia terbaik” , tetapi kenyataan benar-benar bertentangan. Bangsa-bangsa Muslim adalah bangsa-bangsa yang paling miskin didunia ( Ohmyrus, 2006, p.128). Saatnya akan tiba ketika otoritas keagamaan akan ditanya oleh orang-orang Muslim kebanyakan, dan mereka akan dituntut untuk menyangkali kritikan-kritikan secara logis, ilmiah dan masuk akal, bukan dengan kekuatan brutal atau melalui Fatwa. Sebagaimana yang ditulis oleh Parvez Manzoor,
    10 .bersambung………..

  28. leaavatharia says:

    Penemuan Perkamen Al-quran di Sana’a

    sambungan 10.

    Sebagaimana yang ditulis oleh Parvez Manzoor, “Cepat atau lambat (kami orang-orang Muslim) harus mendekati Qur’an dari asumsi-asumsi metodologikal dan parameter-parameter yang secara radikal merupakan hal yang asing dengan hal-hal yang telah disucikan oleh tradisi kami ” (Warraq, 2002, p. 123).

    Tetapi naskah-naskah Sana’a juga akan memprovokasi pertanyaan lainnya. Jika Qur’an adalah sebuah kebohongan, bagaimana kebohongan ini bisa bertahan selama berabad-abad? Alasannya adalah bahwa Keilahian yang ditempelkan pada Qur’an bukan hanya sebuah “Kebohongan Yang Kecil”, tetapi “Sebuah Kebohongan Yang Besar.” Kebohongan-kebohongan yang besar adalah sesuatu yang sangat ampuh, dan ia selalu memiliki sebuah efek psikologis terhadap para pendengar. Semakin besar kebohongan, semakin ia bisa dipercayai. Adolf Hitler menulis dalam Mein Kamph (1925), “Massa yang besar dari sebuah bangsa akan menjadi korban oleh sebuah kebohongan besar daripada oleh sebuah kebohongan kecil.” Kebohongan besar sangat meyakinkan karena ia akan menutupi pikiran sehat pendengar, sebagaimana yang dijelaskan oleh Sina (2008, p.179), orang-orang biasa tidak akan berani untuk menceritakan sebuah kebohongan besar sebab ia berpikir bahwa hal itu tidak akan dipercayai dan ia akan menjadi bahan olok-olok. Karena tidak ada seorangpun yang pernah menceritakan sebuah kebohongan dalam hidupnya, kebohongan-kebohongan kecil seringkali cepat atau lambat akan bisa dideteksi. Tetapi kebohongan-kebohongan besar benar-benar aneh karena ia seringkali membuat para pendengar menjadi kehilangan akal. Ketika kebohongan itu sangat besar (seumpama raksasa), orang-orang kebanyakan akan bertanya-tanya bagaimana seseorang memiliki keberanian, yaitu dengan lancang mengatakan hal seperti itu.

    Kebohongan besar selalu mengejakan keajaiban dalam politik. George Orwill (mengutip Sina, 2008, p.179) berkata, “Bahasa politik……..didisain untuk membuat kebohongan terdengar sebagai sesuatu yang jujur dan pembunuhan dapat dihargai dan membuat angin terlihat sebagai sesuatu yang padat.” Hari ini, ketika sifat keilahian Qur’an disebarkan oleh naskah-naskah Sana’a , maka natur spiritual Islam juga diekspos. Islam tak lebih dari sebuah gerakan politik Arab. Sifat keilahian ditempelkan pada Qur’an, ketika orang orang Arab mulai menduduki bangsa-bangsa disekeliling mereka dan Islam dipaksakan oleh mereka dengan kekerasan. Orang-orang Arab tidak hanya memaksakan Islam pada bangsa-bangsa lain tetapi juga memaksakan keyakinan irasional dari keilahian Qur’anik ini kepada pemikiran-pemikiran para korban mereka, sehingga ketika orang-orang Arab telah pergi, orang-orang yang telah ditaklukkan tidak bisa keluar dari mental perbudakan ini dan kembali kepada iman mereka yang asli. Ini adalah sebuah keahlian politik yang langka. Banyak sahabat-sahabat Muhamad dengan jelas mengetahui bahwa Qur’an adalah sebuah kepalsuan, tetapi mereka tetap tinggal bersama dengan nabi mereka untuk bisa memperoleh barang rampasan dan menikmati para wanita. Kita semua tahu, setelah kematian Muhamad, beberapa suku Arab kembali kepada keyakina mereka

  29. leaavatharia says:

    Penemuan Perkamen Al-quran di Sana’a

    sambungan 11.

    Kita semua tahun, setelah kematian Muhamad, beberapa suku Arab kembali kepada keyakinan mereka sebelumnya dan penyembahan berhalapun kembali mekar.
    Menyebabkan banyak Muslim menjadi syok, studi modern dalam bidang Psikologi telah memperlihatkan kebenaran bahwa Muhamad adalah seorang yang suka memaksa, seorang pria gila yang menderita Kelainan Personalitas Narsisistik (Narcissistic Personality Disorder). Narsisistik adalah orang-orang yang diserap oleh dirinya sendiri dan secara patologis merupakan para pembohong. Artinya, apakah mereka tidak menyadari kebohongan mereka atau merasa sepenuhnya benar dan merasa mudah berbohong pada orang lain. Kondisi mental mereka sedemikian rupa sehingga jarang ada orang yang bahkan memiliki kapasitas untuk mempercayai kebohongan mereka sendiri (Vaknin, 1999, p.24).

    Dan ya, Adolf Hitler, yang mengetahui kekuatan dari sebuah kebohongan besar dan telah menyesatkan jutaan orang Jerman, juga dikenal sebagai seorang Narsisis. Hari ini Hitler adalah figur sejarah yang paling dibenci di Jerman. Seperti sebuah ilmu matematika, pastilah Muhamad juga akan memperoleh nasib yang sama. Tetapi kita benar-benar tidak tahu, berapa juta orang akan mati sebelum kita bisa manaruh Muhamad di keranjang sampah dengan Allahnya, Qur’an dan Islam bersama-sama. Bagi Hitler, ini adalah Sosialisme Nasionalis (nama lain untuk Naziisme), dan bagi Muhamad ini adalah Islam. Tetapi pada dasarnya, keduanya adalah dua sisi koin yang sama – seorang manipulator yang sukses.

    Sina (2008, p.iv, 260) memberikan komentar, ” Islam seumpama sebuah rumah kartu, dipelihara oleh kebohongan-kebohongan. Yang diperlukan adalah menghancurkannya dengan memberikan tantangan kepada salah satu dari kebohongan-kebohongan yang membuatnya tetap berdiri seperti sekarang. Islam adalah sebuah bangunan yang tinggi, didirikan di atas pasir; satu kali saja anda mengekspos pandangan, maka pasir itu akan tergerus dan gedung besar ini akan jatuh karena berat yang ditanggungnya” dan lagi “Islam berdiri diatas tanah yang rapuh. Ia hanya berisi kebohongan. Kita hanya perlu mengekspos kebohongan-kebohongan dan bangunan raksasa dari teror dan penipuan ini untuk meruntuhkannya.”

    Mari kita lihat, sekali aura kesakralan Qur’an lenyap, kebohongan-kebohongan lain apa yang akan diekspos?
    PERTAMA, jika ada dua atau lebih dari dua versi Qur’an, maka akan ada jumlah Allah yang sama.
    Jadi, jika hanya ada dua Qur’an yang otentik, apakah Islam masih bisa dianggap sebagai agama monoteisme? Bagaimana memastikannya, Allah mana yang memberikan sebuah versi Qur’an? Jika hanya ada satu Allah, maka Qur’an mana yang otentik?
    KEDUA, ………

    12.bersambung……….

    • rohward64 says:

      1. yakin itu Al Quran? dan bukan bukan kitab lain yang menyerupai AlQuran atau kitab tafsir Al Quran atau kitab hadits?2. bagaimana orang yang tidak mempercayai Al Quran bisa mempelajari Al Quran?3. Keimanan muslim tidak banyak berubah atau terguncan‎gkarena penemuan ini. Ini karena bacaan Al Quran diturunkan secaraturun temurun melalui para hafiz dari generasi ke generasi, sehinggateks/naskah Al Quran lebih bersifat sekunder daripada hafalan parahafidz ini. Teks Al Quran yang berbeda-beda merupakan rekaan paraIslamis yang sulit dibuktikan kebenarannya. Jika benar bahwa teks AlQuran itu berbeda-beda, pasti sekarang bakal ada berbagai versi AlQuran, nyatanya tidak. Jikapun teks Al Quran dipaksakan oleh rezimpolitik tertentu, tentu akan ada deviasi yang disimpan oleh lawanpolitiknya. Nyatanya walaupun antara Sunni dan Syiah berseberangan,teks Al Quran yang dipergunakan tetap sama. Katakanlah Al Quransekarang adalah versi Muawiyah, tentu pengikut Ali akan punya versisendiri. Nyatanya tidak. Bahkan Ahmadiyah yang punya Nabi dankepercayaan berbeda pun menggunakan Al Quran yang sama. Dibandingkandengan Injil, Injil mengalami perubahan setiap rezim berubah,perbedaan pandangan politik dan revisi terus menerus.Perubahan pada naskah Al Quran lebih dititikberatkan pada faktor untukmempermudah bacaan. Beberapa titik, harokat dan tanda baca ditambahkanpada huruf untuk mempermudah pembaca non-Arab untuk membacanya. Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Indosat network. From: Islam dalam Terang SejarahSent: Sabtu, 2 November 2013 08:56To: rohward64@yahoo.com.sgReply To: Islam dalam Terang SejarahSubject: [New comment] Bagian 2 – 9. Alkitab dan Pengakuan Muslim tentang Mekah Kuno

      a:hover { color: red; } a { text-decoration: none; color: #0088cc; }

      a.primaryactionlink:link, a.primaryactionlink:visited { background-color: #2585B2; color: #fff; } a.primaryactionlink:hover, a.primaryactionlink:active { background-color: #11729E !important; color: #fff !important; }

      /* @media only screen and (max-device-width: 480px) { .post { min-width: 700px !important; } } */ WordPress.com

      leaavatharia commented: “Penemuan Perkamen Al-quran di Sana’a

      sambungan 11.

      Kita semua tahun, setelah kematian Muhamad, beberapa suku Arab kembali kepada keyakinan mereka sebelumnya dan penyembahan berhalapun kembali mekar. Menyebabkan banyak Muslim menjadi syok, studi mod”

  30. leaavatharia says:

    Penemuan Perkamen Al-quran di Sana’a

    sambungan 12.

    KEDUA, jika kita masih percaya bahwa sebuah Qur’an adalah otentik, maka bagaimana Allah mengijinkan Qur’an lainnya tetap ada?
    KETIGA, apakah masih bisa dianggap benar bahwa Qur’an (Sura 10:64) yang bekata bahwa firman-firman Allah tidak akan berubah – ini benar-benar pencapaian yang sangat hebat? Jika ya, sekarang apa lagi yang akan dilakukan oleh lebih dari sebuah Qur’an? Jika tidak, bagaimana wahyu palsu seperti ini dicatat dalam Qur’an? apakah Setan yang menaruhnya?
    Terakhir, Bukhari (4.52.233) mencatat “Orang-orang tidak beriman tidak akan pernah memahami tanda-tanda dan wahyu-wahyu kami.” Tetapi kita bisa saksikan, untuk memahami Qur’an Sana’a, otoritas Yaman mengundang para sarjana Jerman karena tak ada seorangpun di Yaman yang sanggup mengungkapkan penemuan besar seperti ini.
    Tidak heran jika Sina (2008) menyimpulkan, ” Tak peduli bagaimana anda memandang Islam, ia tetap akan terlihat sebagai sebuah agama kebodohan.”

    Orang-orang Muslim telah menjual jiwa kepada Muhamad, tetapi bisakah mereka secara logis membersihkan keraguan-keraguan di atas? Episode Sana’a telah menempatkan mereka pada sebuah posisi yang canggung, bahwa bahkan alasan yang berputar-putar atau absurditas logika tak akan bisa menolong mereka. Bukankah inilah saatnya bagi orang-orang Muslim yang bijaksana untuk memikirkan ulang iman mereka? Daripada berusaha keras untuk memberikan alasan terhadap keraguan-keraguan di atas, bukankah lebih bijaksana untuk setuju bahwa satu milyar lebih orang-orang Muslim telah dibodohi oleh seorang vulgar yang bernama Nabi Muhamad? Bukankah ini saatnya bagi orang-orang Muslim untuk mencari kebenaran?

    Sebagaimana penulis puisi Thomas Gray (dikutip dari Sagan, 1977, p.12) menulis, ” ……..kapan kah ketidaktahuan merupakan sebuah kebahagiaan, yaitu ketika kebodohan dianggap sebagai hikmat.”

    Untuk melindungi Qur’an dari penghinaan lebih jauh, otoritas Yaman telah menghalangi Puin dan Bothmer mengkaji lebih jauh naskah-naskah itu. Kenyataannya, saat ini mereka tidak mengijinkan siapapun melihat naskah-naskah itu kecuali fragmen-fragmen non-Qur’anik yang dengan sangat hati-hati telah diseleksi terlebih dahulu, yang bisa dilihat dilantai dasar Perpustakaan Daral-Makhtutat. Tetapi hal ini sia-sia. Burung sudah keluar dari sangkarnya dan tak ada gunanya menutup pintu sekarang. Lebih dari 35.000 mikrofilm saat ini sudah ada diluar Yaman sebelum otoritas Yaman mengetahuinya dan beberapa duplikat juga sudah dibuat. Pihak otoritas Yaman yakin bahwa saat ini, di beberapa lokasi yang tidak diketahui di Jerman, sekelompok ahli tanpa henti meneliti mikrofilm-mikrofilm itu, dan Puin membakar cukup minyak untuk penerangan malam dalam usaha menyelesaikan bukunya, yang sekali dipublikasikan, akan memalu paku lainnya pada peti jenasah Islam. Islam hari ini benar-benar dalam bahaya.

  31. leaavatharia says:

    Penemuan Perkamen Al-quran di Sana’a.

    sambungan 13.

    Tentu saja, dengan menyadari runtuhnya keilahian didepan mata mereka, banyak orang-orang Muslim merasa terganggu dan merasa diserang. Para fundamentalis tidak akan menerima karya Puin dan Bothmer yang sebenarnya mereka kerjakan dengan obyektifitas akademik, tetapi mereka akan melihatnya sebagai sebuah serangan yang disengaja terhadap integritas teks Qur’anik (Taher, 2000). Secara natural, kedua sarjana Jerman ini akan berada di garis depan menghadapi kemarahan mereka. Puin takut dengan kekerasan yang akan dilakukan oleh orang-orang Muslim ortodoks karena teorinya yang mereka anggap sebagai “hujatan”, yang ia katakan bahwa hal itu tidak bisa ia anggap sebagai hal yang enteng. Dengan mengingat apa yang terjadi pada Salman Rushdie, ia menulis, “Kesimpulan-kesimpulan saya telah menyebabkan reaksi kemarahan dari orang-orang Muslim ortodoks. Mereka katakan bahwa saya bukan sarjana yang bisa membuat sebuah pernyataan mengenai naskah-naskah ini.” Jika pandangan Puin diambil dan diserukan melalui media, dan jika tidak banyak Muslim yang menanggapinya secara rasional, maka semua neraka akan terlepas. Akan ada sejumlah respon permusuhan dan kerusuhan dan akan menyebabkan banyak kematian dan kehancuran, mungkin akan ada fatwa lainnya dari Khomeini dan tentu saja sejumlah ancaman dari saudara-saudara ideologisnya. Tetapi bisakah mereka menghentikan tersebarnya kebenaran?

    UNESCO telah menunjukkan ketertarikan yang murni terhadap naskah-naskah Sana’a sejak program the Memory of the World dimulai. Pada tahun 1995, Organisasi ini juga memproduksi sebuah CD-ROM dalam bahasa Arabik, Inggris dan Perancis yang mengilustrasikan sejarah dari pengoleksian materi Qur’anik dan non-Qur’anik. CD-ROM berisi 651 gambar dari 302 fragmen-fragmen Qur’anik, indeks dengan tulisan, bingkai, dan sebagainya, juga sebuah introduksi umum untuk koleksi-koleksi naskah-naskah Yaman dan sebuah deskripsi singkat mengenai perkembangan kaligrafi Arabik (Abid, 1997).

    14. bersambung…

  32. leaavatharia says:

    Penemuan Perkamen Al-quran d8i Sana’a.

    sambungan 14.

    Ursula Dreibholz, seorang ahli pemeliharaan (pengawetan) yang bekerja untuk proyek Sana’a selama delapan tahun sebagai kepala konservator merasa sangat frustasi melihat kekurang perdulian otoritas Yaman untuk melindungi naskah-naskah itu dengan menggunakan teknologi modern (1983, pp. 30-8). Apakah perlengkapan keamanan sudah benar, dan apakah perhatian yang diberikan terhadap naskah-naskah itu sudah memadai untuk mencegah kerusakan lebih jauh (1996, pp. 131-45). Kenyataannya, Dreibholz (1999, pp 21-5) mengatakan, bahwa ia sangat peduli untuk menciptakan sebuah sistem penyimpanan permanen yang aman dan dapat dipercaya untuk menyimpan naskah-naskah ini. Juga, penyimpanan yang buruk akan sulit melindungi naskah-naskah itu dari serangga dan air. Yang paling penting lagi, masalah utama adalah kurangnya pencegahan dari kebakaran atau sistem deteksi, dengan mengingat bahwa dalam sejarah banyak perpustakaan-perpustakaan penting yang hancur oleh karena kebakaran. Otoritas Yaman mengatakan bahwa mereka tidak memiliki uang untuk memasang sistem perlindungan dari kebakaran. Ia benar-benar tidak mengerti alasan sebenarnya dibelakang sikap apatis otoritas Yaman.

    Disini, para fundamentalis Muslim bisa melihat sebuah tali perak di awan-awan. Tak seorangpun tahu kapan sebuah kebakaran yang menghancurkan akan terjadi secara ‘insidentil’ dan menghancurkan semua naskah-naskah Qur’anik itu, yang akan menyebabkan naskah-naskah itu
    terbakar. Dibalik semuanya, untuk menyelamatkan Islam, Qur’an harus diselamatkan, dan untuk itu orang-orang Muslim akan melangkah lebih jauh lagi. Jika perlu, mereka sendiri akan membakar Qur’an untuk menyelamatkannya dari analisa-analisa logis. Kesetiaan mereka kepada kebodohan sedemikian tinggi. Barangkali, otoritas Yaman tidak mau memasang sistem pencegah kebakaran adalah sebuah persiapan awal untuk sebuah tindakan seperti itu dimasa depan Jangan pernah menganggap remeh kapasitas destruktif dari orang-orang fanatik tak berotak.

    REFERENSI
    Jurnal :

    Abid, Abdelaziz (1997); “Memory of the World” : Preserving Our Documentary Heritage.
    Museum International, Vol. 49, No. 1, January 1997 issue. Blackwell Publishers. Oxford.

    Dreibholz, Ursula (1983) ; A treasure of early Islamic manuscripts on parchment.
    Significance of the find and its conservation treatment. AIC Preprints of papers presented at the 11th annual meeting in Baltimore, Maryland, 25-29 May 1983, Washington, DC..

    15. bersambung.

    • michael says:

      Pokoknya kalomau lihat sebener belangnya saudara nasrani saya,baca aja kitan injil…perjanjian lama atau torah,…tidak ada unsur kebencian dalam kehidupan abraham dengan hagar dan sarah…alkitab mengatakan dikawini…resmi…bukan di zinahi… tapi saudara bilang sarah adalah budak…jahat yah padahal alkitabkanya bahasanya lumayan santun tapi interprestasi logika nya jahat, jelas-jelas kalian mengikuti paulus….cape deh..sekarang realitas aja….kalo islam itu salah, islam itu penyembah setan dan berhala…tapi kenapa islam melarang memb7nuh,berzinah,minum alkohol dan yg memabukkan, sunat,ber sedekah, menjaga anak yatim, melarang makan babi dan anjing dll,….dan realitanya islam orang2 nya jarang yg punya spa message dan bar….bahkan tidak ada….toh sama kan dengan apa yg diajarkan musa kepada israel? Sedangkan nasrani banyak yg ditiadakan aturan fundamentalnya

  33. leaavatharia says:

    Penemuan Perkamen Al-quran di Sana’a

    sambungan 15.

    REFERENSI
    Jurnal:

    Dreibholz, Ursula (1996); The Treatment of Early Islamic Manuscript Fragments on Parchment in The Conservation and Preservation of Islamic Manuscripts, Al-Furqan Islamic Heritage Foundation, London.

    Dreibholz, Ursula (1999); Preserving a treasure: the Sana’a manuscripts. Museum International. Islamic collections. Vol. LI, No. 3, July 1999 issue. Blackwell Publishers. Oxford.

    Whelan, Estelle (1998); Forgotten Witness: Evidence for the Early Codification of the Qur’an. Published in The Journal of America Oriental Society. January to March Issue, 1998. University of Michigan. USA.

    BIBLIOGRAFI:

    Ali, Daniel & Spencer, Robert (2003); Inside Islam: A guide for Catholics. Ascension Press. Pennsylvania.

    Caner E. M; Caner E.F (2002); Unveiling Islam. Kregel Publications. Grand Rapids. USA.

    Cook, Michael; Crone, Patricia (1977); Hagarism: The making of the Islamic world. Cambridge.

    (Dr) Vaknin, Sam (1999); Malignant Self Love: Narcissism Revisited. Narcissus Publications, Skopje. Czech Republic.

    (Ed) Warraq, Ibn (1998); The origins of Koran: Classic Essays on Islam’s holy bool. Prometheus Books. NY.

    (Ed) Warraq, Ibn (2000); The Quest for Historical Muhammad. Prometheus Books. NY.

    (Ed) Warraq, Ibn (2002); What the Koran really says – Language, Text and Commentary. Prometheus Book. NY.

    bersambung.

  34. am says:

    wahai saudaraku. gue mau nanya ke elu elu. apakah pantas ada tuhan ditelanjangi dan disalib di khalayak ramai? apakah tuhan itu nggak pny rasa malu? wong monyet aja punya rasa malu inikan tuhan yg digembar gemborkn paulus. kenapa nggak skalian aja rasul paulusting itu dikebiri. biar sempurna ajaran kasihnya heheeee

  35. leaavatharia says:

    Penemuan Perkamen Al-quran di Sana’a

    sambungan 16

    BIBLIOGRAFI ;

    Guillaume, Alfred (1978); Islam. Harmondsworth.

    Mein Kampf; a 1939 English traslation by Hougton Mifflin and adited of verbosity.
    Reynal & Hitchcock.

    Peters, F.E (1986); Jerusalem and Mecca: The topology of the Holy City in the near east, NY.

    Rippin, Andrew (1991): Muslim: their religious beliefs and practices. London.

    Rodhinson, Maxime (1980); Muhammad (Original in French, translated to English by Anne Carter). The New Press. NY.

    Rodhison, Maxime (1981); A Critical Survey of Modern Studies on Muhammad in Studies on Islam ed. M. Swartz. Oxford University Press, USA.

    Sagam, Karl (1997); The Demon-Haunted World. Science as a Candle in the Dark.
    Ballantine Books. The Random House Publishing group. NY.

    Sina, Ali (2008); Understanding Muhammad, A Psychobiography. Felibri.com

    Spencer, Robert (2002); Islam Unveiled: Disturbing questions about the world’s fastest growing faith. Encounter Books. San Francisco.

    Spencer, Robert (2007); Religion of Peace? Why Christianity is and Islam isn’t. Regnery Publishing, Inc. Washington DC.

    Sproul R. C & Saleeb, Abdul (2003); The dark side of Islam. Crossway Books (a division of Good News Publishers). Wheaton. Illinois.

    SUMBER INTERNET ;

    Taher, Abdul (200): Querying thr Koran. The Guardian. Guardian News and Media Limited.
    Published on 8th August, 2000. URL://www.guardian.co.uk/Archive/Article/0,4273,4048586,00.html ( Last accessed 3rd June/2009)

    bersambung 17.

  36. leaavatharia says:

    Penemuan Perkamen Al-quran di Sana’a

    sambungan 17.

    SUMBER INTERNET ;

    Sina, Ali (2008): Probing Islam. An internet based debate between J.A Ghamidi, K. Zaheer and Ali Sina, FFI. URL: http://www.news.faithfreedom.org/downloads/probing-islam.pdf
    (Last accessed 7th February / 2008).

    Lester, Toby (1999); What Is the Koran? Atlantic Monthly January 1999 issue. URL:
    http://www.theatlantic.com/doc/199901/koran (Last accessed 3rd June / 2009)

    Wikipedia (2009); Gerd R. Puin, URL: http://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Special:Cite&page=Gerd_R._Puin&id=287605376

    Sumber: Islamic Invasion.

  37. michael says:

    Heran saya, sok tahu banget asal usul orang lain…yg nulis aja beda agama pasti nentang tetus isinya,lagu lama

  38. leaavatharia says:

    hahaha…… gak usah heran atau umpat2 Paulus. Kebohongan udah terbongkar!. Kenapa orang lain tahu banget asal usul orang lain, karena mereka, Gerd R. Puin & Bothmer, spesialis terkemuka dalam bidang kaligrafi Arabik dan paleografi Qur’anik.
    Apakah masih bisa dipercaya, Alquran, wahyu yang diturunkan dari langit?

    Kebohongan tidak bisa ditutupi selamanya.
    Ibarat bangkai, ditutup, disimpan rapi, akhirnya kecium juga bau busuknya!

    • michael says:

      Heran…..otak nya dimana coba….arab israel ibarat orang melayu dan indonesia…artinya ya iyu itu juga kantongnya….nah ini christianity lahir di yunani dan betkembang di romawi dan yunani…lalu mereka meng klaim anak tuhan, rasul dan kekasih tuhan serta berusahabmen sucikan niatan merebut kebudayaan orang dengan memutar balikan fakta…sifat penjajah ygvberpolitik…sungguh kental warisan romawi dan yunani…dan parahnya lagi kita membela mati2an alkitab campuran perkataan tuhan dan perkataan manusia…coba tolong pake akal…liat kejadian…sejarah…jangan hanyanafsu membela…semoga Allah SWT memberikan hidayahnyavterhadap kita semua

  39. am says:

    kalau bagiku nggak heran. mereka meraka org kristen menipu sejarah dan mereka tdk akan prnh mau melihat fakta sejarah yg sebenarny. bagi mereka tipu daya itukan ajaran kasihnya tuhan mereka yg dibawa dari lumpur kehinaan oleh paulusting yg menghalalkan smua cara, makan babi halal, minum bir dianjurkan, pembunuhan diwajibkan(penebusan dosa), hubungan kelamin dengan siapa saja dibolehkan, dan yg lebih parah lagi buat anak tuhan dimana saja asyik katanya. memang agama kristen ini memang sesuai dengan domba domba/binatang yg tak berotak yg mudah saja digiring oleh gembalany

  40. ochan says:

    kasian leaavatharia wwkwkwkwkwkw

  41. leaavatharia says:

    hahaha…… yang perlu dikasihani kau, masih percaya sama muhammad yang pembohong itu?
    Berabad-abad kau dibohongi wwkwkwkwkwkwk………..
    Kau tidak perlu maki2, umpat Paulus. Paulus tidak ada hubungannya dengan keyakinan kau.
    Maki2 lah, umpatlah muhammad kau, karena kau udah ditipu ber abad2 lamanya.

  42. leaavatharia says:

    hahaha……. gak perlu berdalih! yang bloon itu siapa? coba kau baca penemuan perkamen Alquran ber-ulang2! hafalin diluar kelapa kau, baru kau nanti mengerti! Komunitas Yaman aja menghentikan penelitian, Kenapa? Karena mereka tidak mau lihat kenyataan, mereka melindungi Quran dari penghinaan lebih jauh Pergilah ke Yaman, selidikilah disana, bisa jadi perkamen2 itu sudah dibakar oleh mereka untuk menutupi kebohongan2. Tidak bisa dianggap remeh kepasitas destruktif dari orang-orang fanatik tak berotak.
    Kau tidak perlu gusar! tetaplah jadi mualaf sampai akhir hayat, dengan keyakinan kau pada muhammad yang dapat wahyu langsung dari langit walau itu cuma dongeng belaka.. wkwkwkwkw………

  43. Jesus is the best says:

    mengapa ya karikatur nabi muhamad di larang keras utk di publikasikan ? Saya hawatir kalo saudara kita muslim ketika mati , mau temu muhamad malah tdk tau muhamad itu yg mana ya?

  44. Rilands says:

    tuhan itu adalah yang maha esa, pencipta bumi dan langit, dan penguasa alam semesta.
    adakah tuhan yg menyerupai manusia? dan dibunuh pulah oleh manusia “ditambah lagi dibunuhnya di depan umum. bikin malu gak tuh? ditambah gak pake baju pula’>>>

    • ray says:

      maaf,setelah saya baca tentang semua ini, saya menarik kesimpulan,bahwa apa yang saudara/i pertengkarka,dan saling menjatuhkan kepercayaan orang lain,itu bukan tindakan yang benar di mata Tuhan,apapun alasannya, anda semua tidak dibenarkan untuk mencemooh orang lain

  45. Teddywijaya says:

    udah jgn berdebat tidak ada gunanya ,saya muslim …yang tidak tau islam biarkan aja jgn dihujat…agama kita tidak pernah mengajarkan hal yang jelek atau saling hujat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s