Bagian 2 – 4. Tiadanya Peninggalan Arkeologi tentang Mekah

4. Tiadanya Peninggalan Arkeologi tentang Mekah di Berbagai Kota dan Kerajaan Kuno Arabia

Meskipun kerajaan² dan kebudayaan² di jaman Abraham hanya sedikit, dan dari prasasti mereka terbukti mereka mengenal satu sama lain, tiada satupun yang menyebut tentang Mekah.

Sebelumnya, kita telah membahas berbagai bukti ilmiah yang membantah pernyataan Islam bahwa Mekah sudah ada di Arabia sejak jaman Abraham. Kita telah lihat bahwa setiap kebudayan yang muncul di Arabia selalu meninggalkan penemuan² arkeologi, yang membuktikan keberadaannya di jaman dulu. Meskipun begitu, tak ada peninggalan Mekah apapun sebelum abad ke-5 M. Kita sekarang akan membahas argumen arkeologi lain yang juga penting untuk membantah pernyataan Muslim bahwa Mekah sudah ada di jamna dahulu. Argumen ini adalah tentang tiadanya peninggalan arkeologi tentang Mekah di berbagai kota dan kerajaan Arabia lainnya.

Abraham hidup di abad ke-21 SM. Jika Mekah sudah ada di jaman Abraham, tentunya kota itu akan tercantum dalam berbagai prasasti terperinci dari kebudayaan Arabia timur, seperti prasasti² kerajaan Dilmun dan Magan, atau Oman di jaman sekarang. Terlebih lagi, jika Mekah sudah ada di abad ke-21 SM, maka Mekah adalah satu²nya kota yang ada di Arabia barat saat itu. Selama ribuan tahun, Magan terkenal akan perdagangannya dengan Mesopotamia dan Lembah Indus, yang sekarang adalah India dan Pakistan. Dilmu terkenal memiliki perdagangan luas dengan Asia, dan membawa barang² Asia ke Mesopotamia sejak 1000 tahun sebelum jaman Abraham. Jika Mekah sudah ada sejak Abraham hidup, maka Mekah tentunya adalah pasar penting bagi perdagangan Magan dan Dilmun. Akan tetapi baik peninggalan arkeologi Dilmun dan Magan tidak pernah menyebut tentang Mekah.

Kita juga tahu bahwa kebudayaan Arabia baratdaya baru dimulai di Yaman di abad ke-13 SM, sehingga tiada kebudayaan apapun di daerah Arabia barat yang berdagang dengan Magan dan Dilmun di jaman Abraham. Kerajaan² dan kebudayaan² di Arabia di jaman Abraham tidaklah banyak, dan mereka mengenal satu sama lain. Kerajaan² di Mesopotamia telah saling mengenal dan juga dikenal oleh seluruh peradaban Timur Tengah sejak tahun 3000 SM. Banyak prasasti di berbagai kerajaan Arabia timur, seperti Magan (Oman) dan Dilmun, yang terbukti mengetahui kebudayaan Timur Tengah lainnya seperti Mesopotamia.

Jika Mekah sudah ada sejak jaman Abraham, maka tentunya kebudayaan² lain di Arabia Timur, yang sebagian sudah berusia lebih dari 3000 tahun, akan mengenal kota Mekah selama ribuan tahun.

Di sepanjang kurun waktu kerajaan² Arabia selatan dari 3000 SM sampai abad ke-2 M, tak ditemukan satu pun prasasti dari mereka yang menyebut kota Mekah. Usaha ngotot mengatakan Mekah sudah ada sejak jaman kuno, meskipun fakta sejarah menyangkalnya, adalah bagaikan ngotot mengatakan bahwa dinasti² kerajaan di Mesir utara tidak pernah mendengar dinasti² kerajaan Mesir timur selama ribuan tahun sejarah. Faktanya, prasasti² yang ditemukan di Mesir utara sarat dengan informasi tentang Mesir selatan, dan begitu juga sebaliknya. Hal ini menunjang keterangan kami bahwa Mekah belum dibangun sampai setelah abad ke-3 M. Seluruh budaya² besar seperti Mesir, India, Mesopotamia, China telah saling mengenal selama ribuan tahun, dan hal itu tertulis jelas dalam peninggalan arkeologi mereka.

Tidaklah mungkin bagi dua kebudayaan besar yang menghuni daerah geografi yang sama (misalnya Mesir, India, Mesopotamia, China) selama ribuan tahun, tapi tidak pernah mendengar satu sama lain. Hal yang sama juga berlaku bagi kebudayaan Arabia. Jika Mekah sudah ada di Arabia barat kuno, bagaimana mungkin kebudayaan² besar Arabia lainnya tidak pernah mengetahuinya selama jenjang waktu 2.400 tahun?

Tiadanya Prasasti tentang Mekah di Daerah² Arabia Lainnya

Sampai sekarang kita telah menelaah kebudayaan² Arabia timur. Sekarang akan kita bahas kebudayaan²Arabia utara, selatan, dan tengah.
Adalah penting untuk meneliti berbagai kota atau kerajaan Arabia yang disebut dalam banyak prasasti di berbagai kerajaan Arabia lainnya.

Tiadanya Keterangan tentang Mekah di Prasasti² Yaman

Telah kusebut sebelumnya, bahwa prasasti arkeologi Yaman adalah yang salah satu yang terlengkap di Timur Tengah. Melalui peninggalan mereka kita dapatkan banyak keterangan tentang raja² dan kebudayaan mereka. Selain itu, dari situ kita juga mendapatkan banyak keterangan tentang kebudayaan lain di Arabia dan di luar Arabia.

Dari prasasti Yaman, kita temukan keterangan berbagai keterangan penting tentang kerajaan² di Arabia selatan. Contohnya, Kinda adalah kerajaan di Arabia tengah yang letaknya 500 mil dari tempat di mana Mekah kelak dibangun. Ini tertulis jelas dalam prasasti Yaman. Demikian juga kota² Arabia utara seperti Qedar dan Dedan, yang sekarang terletak di sebelah utara Mekah, yang banyak tertulis dalam prasasti Yaman, yang membenarkan adanya hubungan dagang antara kerajaan² Yaman dan berbagai kota dan kerajaan Arabia di sebelah utara dan timur lokasi akhir kota Mekah.

Bahkan kota Yahtrib, yang lalu diganti nama jadi Medina, juga tertulis dalam prasasti² Yaman. Contohnya, prasasti Sabian menulis pengabdian para budak wanita di kuil Sabian. Menurut prasasti ini, para budak berasal dari Gaza, Yahtrib, Dedan dan Mesir. [92] Jika Yahtrib saja tertulis dalam prasasti Yaman, bagaimana mungkin Mekah, yang kata Muslim sudah ada di jaman Abraham, tidak tertulis sama sekali di prasasti Yaman manapun, padahal Mekah terletak lebih dekat ke Yaman daripada Medina?
[92] Halevy, nos.190, 231-234 ; Hommel, Chrestomathie, page 117; Hartmann, Die arabische Frage, hal. 206: dikutip oleh James Montgomery, Arabia and the Bible, University of Pennsylvania Press, Philadelphia, 1934, hal. 182

Prasasti² Yaman juga menyebut tentang kerajaan² Axum dan Habashat yang berada di daerah Ethiopia, sebelah barat Mekah, di seberang Laut Merah. [93] Prasasti² ini juga mengandung lebih banyak lagi informasi tentang kerajaan² yang terletak di sebelah utara, timur, dan barat lokasi di mana Mekah kelak dibangun. Meskipun mengandung banyak keterangan, tapi prasasti² itu tak menyebut tentang kota Mekah. Jika kerajaan² Ethiopia yang di benua lain saja disebut, masakan Mekah, jika memang sudah ada, tak disebut? Hal ini bagaikan masyarakat Roma menyebut tentang Spanyol dan Inggris, tapi tidak menyebut tentang Perancis, yang jaraknya lebih dekat ke Roma dibandingkan Spanyol dan Inggris. Dengan demikian, tidaklah mungkin untuk menyebut bahwa Mekah sudah ada di jaman kuno Arabia sebelum abad ke-4 M.
[93] A. Irvine, Journal of Semitic Studies 10, (1965), hal.178-196; A.F.L.Beeston, Proceedings of the Seminar for Arabian Studies, 17 ( 1987), pages 5-12; quoted by K.A. Kitchen, Documentation For Ancient Arabia, Bagian I, Liverpool University Press, 1994, hal. 39

Tiadanya Mekah dalam Prasasti² Kota² Arabia Utara

Jika kita lihat prasasti yang ditemukan di kota² Arabia utara, misalnya Dedan, kita dapatkan fenomena yang sama. Prasasti² Dedan menunjukkan keterangan sejarah kota mereka sendiri dan juga menyebut berbagai budaya lainnya di Arabia barat dan selatan. Contohnya, kita mengetahui tentang sebagian raja² kerajaan Main di Yaman melalui prasasti² di kota Dedan. [94]
[94] James Montgomery, Arabia and the Bible, University of Pennsylvania Press, Philadelphia, 1934, hal.138

Pengakuan Islam bahwa Mekah sudah ada sejak abad ke-21 SM adalah serupa seperti kota Roma telah ada di Italia selama berabad-abad, tapi tak ada keterangan tentang kota itu di berbagai peninggalan kuno² Italia. Faktanya, Roma adalah kota yang paling banyak disebut di seluruh peninggalan kuno Italia. Hal ini juga berlaku bagi kota Athena di Yunani, Babel di Mesopotamia. Jadi jika kota Mekah itu ada, tentunya akan banyak prasasti Arabia yang menyebutnya.

Sebagian Muslim mengatakan bahwa Ptolemius menyebut kota bernama Macoraba yang menurut Muslim adalah kota Mekah. Kita telah meneliti bahwa sistem longitudinal dan latitudinal Ptolemius menyatakan Macoraba bukanlah kota Mekah, tapi kota di Yaman, sebelah selatan kota tua Carna di abad ke-2 M. Untuk ngotot bergantung pada klaim itu sebagai bukti Mekah adalah kota besar sejak jaman Abraham adalah tindakan yang tak masuk akal. Bukti² arkeologi dan sejarah tidak bisa disingkirkan begitu saja untuk membenarkan klaim Islam tentang Mekah yang tak konsisten dengan fakta. Sebaliknya, suatu klaim tanpa bukti yang nyata bukanlah kebenaran.

This entry was posted in BAGIAN 2. Bookmark the permalink.

47 Responses to Bagian 2 – 4. Tiadanya Peninggalan Arkeologi tentang Mekah

  1. sigamal says:

    seluruh bagian tanah yang ada di bumi sdh ada jutaan tahun yang lalu… bahkan tanah dimana rumah anda berdiri sdh ada dari zaman jura . dan hanya mau nambahin kekurangtahuan anda saja, bahwa mekah bukan kebudayaan,tdk pernah dengar ada kebudayaan mekah, kalau kebudayaan timur tengah baru tepat . kebetulan saya sering keluar negri, tidak setiap kota dalam satu wilayah negara punya kebudayaan khusus….kalau mas hanya di indonesia saja betul itu, tiap kota punya kebudayaan khusus, bahkan tiap gang ,rt,rw juga punya mas…. sy sarankan kalau punya rezeki lebih,, berkunjung negeri orang ya mas.(tuntut ilmu sampai ke cina mas)…
    sy rasa ilmu mas baru sampai bibir mas saja makannya tidak sebanding.

    • murtadianto says:

      Kalau berpendapat tolong pakai nalar dan alasan yg logis, jangan pakai emosi. Jangan sombong harus ke luar negeri, baca di perpus, buat penelitian, browsing sumber2 yg kredibel, anda akan melihat bahwa ada penggelapan sejarah yg dilakukan orang2 Arab, unutk memunculkan Islam sebagai agama pemersatu suku-suku nomaden. Kebohongan akan selalu ditutupi dengan kebohongan baru, sampai akhirnya terkuak kebusukannya. Jangan Mau Dibodohi Arab.

    • munafik says:

      ??? Ngomong opi koe???

    • harry says:

      Jawaban anda yang ilmiah dong, berikan argumen sejarah yang valid kalo mau menyanggah. Katanya sering ke luar negeri, tentunya anda sudah menuntut ilmu sampai ke negeri cina).

    • ikben says:

      Apakah dialek suatu daerah bukan menunjukkan budaya daerah tersebut.
      Apakah di Timur tengah hanya terdapat satu dialek?.

  2. OSAMA BIN LADIN says:

    memang sebenarnya QURAN ITU ADALAH AYAT2 SETAN,

    • CAROK says:

      jancok koeeeeeeeeeeeeeeeeeee
      patek rehhhhhhhhhhh
      jangan sampai kmi tau siapa kmu,,,,
      kmi orang2 madura akan mengalungkan clurit di lehermu,,,
      tapai ben!!!!!!!!!!

      • munafik says:

        Bener!! Madura seperti di Kalimantan kan !!
        Belum apa2 udah ngancam.

      • Laskar zion says:

        madura kan udah aku makan disampit,,qu gorok lehernya pake mandou..

      • andi says:

        islam adalah madura, madura adalah islam, cocok sekali dimana-mana bikin kacau ndda pake otak.tapi pas waktu dihajar pada ngacir broooo

      • harry says:

        Isohmu mung ngomong jancok opo..? ketok gobloge. Tanggapi karo ilmu sejarah.

      • Danang says:

        Jancok, bocah maduro ngendi kowe, tak cangkul ndasmu koyo neng kalimantan. asu! setan alas sombong! omahmu ngedi? tak parani kowe tai!

    • karyyadi says:

      in the name of God oned day God will recompense you Amen
      You will regretfull because you lead a dog’s life

    • karyyadi says:

      just because you use name of islamic word.Heeehe this guy the creator of this blog willl get his recompense from his God is ch.don’t use the bad word first but he just use the islamic blog.the maker is the little chicken who hide in behind of his mama.how pity the maker is.ass hole potatoe head….!!!!

    • karyyadi says:

      Quran is not the satanic word it is better then bible ooops i mean contaminated bible he he he don’t be misfit.Osama yang ada di sini itu kowah kowoh ass brain how/

    • harry says:

      Kamu lagi sama aja…cuma bisa ngomong kaya gitu apa??

  3. David says:

    Kelihatan jelas sipembuat situs ini pembohong besar, memakai nama islam untuk membohongi orang islam… hehehe gaya lama coy!
    cara-cara orang-orang yang arif dan bijaksana dalam menyampaikan kebenaran adalah dengan membuktikan kebenaran agama nya tanpa harus memfitnah dan menuding agama lain salah!
    Akhirnya dengan membaca postingan di situs ini saya semakin yakin bahwa Islam itu benar dan tetap teguh dengan tauhid “LA ILAHA ILLA ALLAHUU, MUHAMMADURASULULLAHUU”

    • muslim KW sejuta says:

      Akhirnya dengan membaca postingan di situs ini saya semakin yakin bahwa Islam itu benar dan tetap teguh dengan tauhid “LA ILAHA ILLA ALLAHUU, MUHAMMADURASULULLAHUU” . wkwkwkwkw… yakin tuh dirimu bener2 membaca dan memahami yg dirimu baca ???????? yakin dirimu hafal huruf dan bs baca tulis ? sy kok ga yakin.

  4. abdul hisab says:

    kita ga usah ngotot masalah sejarahnya,yg penting perbuatan kita aja yang benar sesuai yg kita anut.tentang masa lalu ,berita atau cerita biarlah berlalu karna berita masa lalu bisa saja dirubah

    • karyyadi says:

      abdul hisab you are true. heeeiii the worst christian if you think you are true,just do your way.if you enter to the blazing place that is your suffer.so suffer you are

      • Danang says:

        Sok inggris lo! what the hell are you talking about? do you have any prove if you disagree about his truth? you can’t deny the history. Same analogy like I deny your name and your physically exist in this world, but you insist proving your existance with your birth certificate as your record of history. Unplease with my logical against your barbarian brain? or you mad? if you mad, I think you fool same like pig.

  5. abdul hisab says:

    hai osama [ sy yakin itu bukan nama asli kamu],ucapan kamu menyinggung hati kami umat muslim,sebenarnya kamulah yng syetan….kalau kamu manusia pasti pake otak jika posting pendapat

  6. CAROK says:

    jancok kau pemakai osama bin laden!!!!!!!
    jngan sampai kmi tau siapa kau patekkkkkkk
    kmi orang2 MADURA akan mengalungkan clurit di lehermu!!!!
    tapay ben!!!!

    • Danang says:

      Jancok, bocah maduro ngendi kowe, tak cangkul ndasmu koyo neng kalimantan. asu! setan alas sombong! omahmu ngedi? tak parani kowe tai!

  7. agung m says:

    prasasti ebla mungkin dpt dijadikan rujukan ttg masa abraham

  8. agung m says:

    mekah mungkin pd masa sebelum masehi bukanlah kota penting sbg pusat kebudayaan shg blum dpt -blum ditemukannya- bukti arkeologis. Disamping emang nabi2 sebelum nabi muhammad berdakwah u/ kaum2 yg bukan mekah.Tp usia hajar aswad dan relevansi dg prasasti ebla -2500 sm- bisa dipertimbangkan.

  9. Anew says:

    Terima kasih khas untuk anda sebab bagi penambahan informasi buat saya.. Huhu.. Dapat ni jawab soalan sej tamadun islam dlm stpm.. Sejarah itu perlu dibuktikan dengan peningalan arkeologi bukan dari mulut seseorang sahaja.. Sejarah tanpa bukti hanyalah cerita kosong saja.. Salam 1 malaysia

    • karyyadi says:

      every people who humilliate Islam will be cursed by his God.even Mecca is not the ,famous city but it is well known place better than the ………yours statement hi…Cursed chicken christian

      • muslim KW sejuta says:

        afa ini main kutuk kutukan ? ente kalau emang sudah dr sononya adalah mahluk terkutuk jgn sembarangan ngutuk org atas nama auwloh. berafa byk lg kafir yg ente mau fotong lehernya ? ente jgn fintah dong..ane kutuk jd sambal terasi baru tau rasa ente , bakal di colek2 di cobek selama hiduf,mau ?????

  10. senthir says:

    Bagaikan menemukan butiran emas berjatuhan dari langit. Saya dengan gembira men-download buku ini.

  11. Hamba Allah says:

    Kalau bertanya kota mekah saya kira sudah banyak web2/blog2 yang menjelaskan kota mekah, ka’bah dan sejarahnya…. bahkan tersebut dlm kita mazmur daud 94:1-8 menyebutkan kota baka (Bakah), mata air (Zam-zam), Ziarah (haji dan umroah), nilai ibadah di sekitar masjid 10000 dr mesjid lain (ada haditsnya), bahkan tersebut kaaabaMu (ka’bah) pada versi injil lain semua nya hampir cocok mekah dibandingkan lembah bica di libanon…rupanya para penulis kitab dulu lupa merevisi ayat ini.
    Baiklah saya hanya membantah ketiadaan secara arkeologi kota mekah sbg warisan nabi Ibrahim dan ismail as dari sudut pandang kami, Disekitar ka’bah banyak peninggalan2 nabi Ibrahim yg bisa di buktikan secara arkeologi…yaitu:
    1. ka’bah sebagi baitullah /rumah Allah. kita semua tahu ka’bah sbg kiblat muslim.
    2. Maqam Ibrahim; adalah batu yang ada didepan pintu ka’bah dulunya dipakai oleh nabi Ibrahim ketika membangun ka’bah disitu ada cap kaki nabi ibrahim dan batu tsb bisa diteliti secara modern brp usia batu tsb dan terbukti secara arkeologis 4000 tahun, kalau jaman sekarang batu prasasti yg diperuntukan utk peresmian sebuah proyek demikian pula maqam ibrahim fungsinya TANDA TANGAN NABI IBRAHIM AS (jaman dulu pakai cap kaki atau tangan ) membuktikan bahwa ka’bah benar2 dibangun oleh beliau atau sbg bukti arkeologis spt yg dipertanyakan web ini.
    3. Hazar aswad; yang dijadikan oreantalis menydutkan islam menyembah batu ini, padahal saya baru tahu nama hazar aswad ketika manasik haji/umroh. batu ini adalah batu surga sbgmana hadits nabi, telah tebukti bukan batu meteorit yg ada di system tata surya kita.. 3 bongkahan batu disimpan utk penelitian di eropa saya lupa nama kotanya dan berusia ribuan tahun ini sbg bantahan oreantalis juga masa tuhannya muslim kok dijadiin bahan penelitian he..he..
    4. sumur zam-zam; meskipun satu titik sumur di tempat paling tandus didunia terbukti sumur ini tdk ada habis2nya meskipun 3 jt lebih saat musim haji, saat ini demi melayani jama’ah secara maksimal pemompaan zam2 tdk lagi pakai timba/konvensional bisa dibayangkan kl bpengambilan pakai timba utk juataan jama’ah…ini sbg bantahan oreantalis bhw air zam2 dipompa dg teknologi dari USA berarti meragukan mata air ini spt disebutkan dlm injil.
    5. SAfah dan marwah; 2 bukit peninggalan Siti hajar/Hagar ibunda nabi Ismail as mencari sesuatu demi anaknya yg kehausan.
    6. Zabal qubais; tempat nabi Ibrahim memanggil seluruh manusia dunia datang utk berhaji/ HAGG dalm kitab injil.
    7. Bukit Minah; disitu ada tempat nabi ibrahim, ismail, siti hajar melontar jumroh ketika mengusir setan yg menggoda mereka spy menggagalkan perintah korban. dlm injil gunung moria yg jadi korban Nabi Ishak as.

    • andi says:

      ini baru baukti namanya. kisah ini pasti didapat dari para ustadz dan kiyai lulusan peantren yang buta aksara.

    • Danang says:

      Bos, mending ga usah komen. keliatan bodonya. ga ada itu kaabah di injil dan mekah di injil. Kata baka belum tentu mekah. Saran saya mendingan ente fokus ke agama ente aja, ya itu kalo ente mau dibohongi agama ente, kalo ga mau dibohongi oleh agama ente, mendingan ente pindah agama ke budha aja.

    • muslim KW sejuta says:

      jawaban dan sanggahan yg sangat KHAS dr muslim cere yg ga tau apa2..klo liat yg ginian lsg sy merem,kasian mataku liat omong kosong ky gt. ni biar ane sanggah spt cara mereka yaak…. emang ente2 kga tau tuh raja arab bikin terowongan di tutupin tanah, deket sumur zam2 demi alirin air ??? itu air hasil saringan kencing onta !! ente hrs percya krn nabi aja nyuruh minum kencing onta !! ente ga percay brarti ente fitnaah !! halal darah ente buat ane ngerti ??!! ente ga percaya klo arab melakukan itu ? ente hrs percaya klo ga ane sembelih,krn ente uda fintah ga prcaya.. ni muslim2 cere yg ga tau apapun soal islam dijamin akan murtad berjamaah saat mereka di hrs hidup dgn hukum islam itu sndiri. cb klo di indonesia menerapkan hukum islam khusus utk org islam,bayangi aja tiap hari kita liat org di penggal di alun2,tiap hari kita liat cewe di kubur setengah badan dan di rajam,dan hmpir di perempatan kita liat org yg buntung tangan nya. kebayang kga tuh. wkwkwk. ni ane kasi kalimat ajaib buat ente2 onta kesiangan ” — sesekali keluarlah dan lihatlah rmhmu dr luar,maka km akan mengerti dan memahami kenapa dan bagaimana selama ini org2 lain melihat rmhmu, jgn cm molor di kamar dan WC dan ga prnh kluar tp semangat 45 triak2 dan sampai ancam bunuh org lain demi utk mengatakan klo rmhmu paling indah di komplek !!! kompleks lokalisasi iya !! weeeiiittt….iji deui , gmn bisa mocin mengklaim sebagai mtr paling berkualitas dan original ? sedangkan teknologi serta penampakan nya aja jelas sejuta persen jiplak dr yamaha dan honda. uda gt masi sibuk promosi bahkan bunuhin smua org yg mengendarai yamaha dan honda. !! pke ni mocin,kepala lu selamet..klo ga kepala lu ilang !!! mociiin…ough mocin.

  12. asoy says:

    kitab suci adalah kebenaran, masalah mulai muncul di pengikut aka umat, karena keterbatasan pengetahuan atau goblok dan ilmu juga kurang dan ga mau minta penjelasan, jadi ngartiin firman jadi salah, bahasa kitab suci adalah bahasa tingkat tinggi, bahasa sastra, bahasa sloka, bahasa khiasan, bahasa makna, sebagian besar ayat2 nya adalah penuh makna bukan arti yang tertulis, butuh ilmu tinggi untuk menterjemahkannya, makanya mau belajar kitab suci harus orang2 yang cerdas, ilmu jangan nanggung kaya yang nulis nih blog, bisa sesat nanti nya dan menyesatkan orang lain, belajar dulu sana yang banyak baru nulis..tingkat pemahaman al qur’an aja ada sekitar 10 tingkat, orang goblok yang pelajarin hasilnya sesuai dengan kegoblokan nya, orang yang cerdas dan banyak ilmu pendukungnya terutama sastra dari bahasa redaksi nya hasilnya akan lebih bagus dari orang kebanyakan, itulah gunanya ilmu tafsir bukan ilmu terjemahan..
    yang nulis blog ini levelnya baru ilmu terjemahan aka kopi paste, belum level tafsir…kasihan sekali..sastra arab aja ga ngerti mau coba2 pelajarin al qur’an, ya hasilnya kelas kambing, bau busuk…kekekekkeke….

    • amalia says:

      Ga berani tulis nama dan alamat lengkap ya?ayo kalo pengen berdebat dgn cendekiawan muslim…monggo pasti akan banyak yg bersedia berdebat dengan anda untuk menuju kejalan yg lurus sesuai dengan apa yg telah kami percayai…kalo nulis diblog dengan pake keyword islam wah emang chicken banget bro…meski kami sempat mampir disini tp kayak e tulisanmu ga mempan tuh…panjang lebar but no isi…lanjutkan pencarianmu bro!,semoga engkau dpt hidayahNya

      • andi says:

        cendikiawan muslim??????hahahahahahahahahhahahahahahahaha
        baru muslim di dunia ini yang mengaku aku sebagai cerdik pandai tapi nyatanya otaknya onta semua hahahahaaaaaaaaaa

      • Danang says:

        Cendikiawan? cendekiawan? cempekiawan? mba amalia kambuh lagi gilanya ya? udah minum obat gilanya blm?

      • muslim KW sejuta says:

        Tempeeeekiawan iku kali…..

    • muslim KW sejuta says:

      komen ente malah semakin telihat lebh busuk,mau sejuta tingkat kek semilyar tingkat kek, isine bosok kabeh cak !!! klo km bs sepermpat tingkat aja,jelasin dimari,jgn cm mbacot, ente yg kga tau apapun yg ente bela. itu lebih bodoh dibanding org bodoh cak. uda jelas artikel diatas ada alasan nya,bantah dgn cara yg sama, bisa gaaaaaa ?????? kantongin tuh tafsir kentut kabing busukmu itu cak.

  13. anwarkhorib says:

    jalan lurusnya pasti cuman satu yah ?

  14. ogi says:

    ya…. itulah gambaran orang Islam, jika mendebat tidak pake argument yang rasional, selalu mengacu kepada kitab sucinya, ga pake argument yang independent, dunia hanya dipandang dari kaca mata islam saja, padahal dunia ini luas, kitab sucinyapun cuma dibaca dan dihafal doang, bukan dikaji secara mendalam, kata-kata yang paling populer dipakai adalah “KEIMANAN TIDAK BISA DI-NALAR OLEH ILMU PENGETAHUAN” kata-kata basi !!

    mereka tidak sadar kalau ilmu pengetahuan adalah anugerah dari ALLOH.
    “GUNAKAN AKALMU DALAM BERIMAN KEPADA-KU, SEBAB YANG DEMIKIAN ADALAH UNTUK BERIMAN SESUNGGUHNYA IMAN KEPADA-KU”

    • andi says:

      ogi….ogi kamu kayak nggak paham aza. itu kan cara mereka untuk menutupi kesalahan2 quran yang sampai kiamat nggak mampu mereka pertanggungjawabkan. makanya orang islam nggak boleh sekolah tinggi2 takut ketahuan dusta mereka sendiri. boleh sekolah di peasantren aja bro

      • Danang says:

        iya bro nanti kalo lulus pesantren jadi tukang bubur, trus naik haji. abis naik haji bikin sinetron tukang bubur naik haji, yg ampe skrg tahun 2016 udah tembus 2000 episode. hahahaha…

    • muslim KW sejuta says:

      denger2 mereka skgr bikin lg yg judulnya tukang haji naik bubur.. iya ga tuh..?

  15. I have noticed that online diploma is getting common because accomplishing your degree online has turned into a popular solution for many people. Many people have not necessarily had a possibility to attend a traditional college or university however seek the elevated earning possibilities and career advancement that a Bachelor’s Degree provides. Still other folks might have a degree in one training but would wish to pursue something they already have an interest in.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s