Bagian 2 – 10. Sejarah Sebenarnya Pembangunan Ka’bah di Mekah

10. Sejarah Sebenarnya Pembangunan Ka’bah di Mekah

Hal yang dibahas di bagian ini adalah tahun sebenarnya pembangunan Ka’bah di Mekah, penggalian sumur Zamzam, dan transfer Batu Hitam ke Mekah.

Pernyataan Muhammad bahwa Abraham dan Ishmael membangun Ka’bah di Mekah terbukti salah, terutama jika kita mempelajari asal-usul Batu Hitam (Hajar Aswad), yang merupakan jantung kuil tersebut.

Abraham tidak pernah datang ke Mekah, dan tidak pula Ishmael dan putra Ishmael yakni Nabaioth. Meskipun demikian, biografer Muhammad yakni Ibn Ishaq menyatakan bahwa Abraham bertanggung jawab atas pembangunan kuil Ka’bah di Mekah, dan lalu diurus oleh Ishmael, dan akhirnya oleh Nabaioth. Dongeng karangan Ibn Ishaq dan teman²nya ini mengatakan bahwa setelah Nabaioth, suku Jurhum, yang kata mereka tinggal di Mekah di jaman Abraham, mengambil alih pengurusan Ka’bah di Mekah. Menurut dongeng mereka, suku ini terus mengurus Ka’bah sampai suku Khuzaa’h datang ke Mekah dari Yaman. Hal ini terjadi setelah bendungan di Ma’rib mulai menunjukkan tanda² retak dan memaksa mereka pergi. Dongeng mengisahkan bahwa suku Khuzaa’h datang ke Mekah, dan menaklukkan suku Jurhum. Suku Jurhum kemudian meninggalkan Mekah untuk menyembunyikan Batu Hitam dan dua patung gazel emas. Mereka menyembunyikan barang² tersebut di mata air Zamzam, lalu menutupi mata air, Batu Hitam dan patung² emas dengan tanah agar tidak kelihatan. [171] Tanggal kejadian ini sangatlah penting. Menurut dongeng tersebut, suku Jurhum tinggal di Mekah sampai bendungan Ma’rib retak, dan suku Khuzaa’h meninggalkan Mekah. Kita tahu bahwa kejadian² ini terjadi di tahun 150 M.
[171] Tarikh al-Tabari, I, hal. 524

Keterangan hadis Islam yang tak masuk akal tentang suku Jurhum dan usaha penyembunyian mata air Zamzam dan Batu Hitam.

Pertama, jika kisah tentang suku Jurhum itu benar, maka mengapa para penulis klasik tidak pernah menyebut tentang Mekah dan kuil Ka’bah padahal mereka telah mengunjungi daerah Arabia barat, menyebut semua suku yang tinggal di situ, bahkan yang terkecil sekalipun?

Kedua, setelah dikalahkan, bagaimana mungkin suku Jurhum bisa mengubur dua patung emas gazel dan batu besar hitam yang tadinya terletak di kuil Ka’bah tanpa pengetahuan para penduduk Mekah? Suku apapun yang meninggalkan Mekah sudah tentu akan membawa harta emasnya dan tidak menguburnya di tempat umum, apalagi di satu²nya sumber mata air kota Mekah.

Ketiga, Batu Hitam adalah batu yang besar. Tidaklah mudah untuk membawa batu itu keluar lingkungan Ka’bah. Menurut klaim Islam, perang terjadi untuk menentukan siapakah yang berhak mengurus Ka’bah. Bagaimana mungkin suku Jurhum yang kalah perang ternyata bisa membawa Batu Hitam tanpa dicegah oleh suku Khuzaa’h yang menang perang, atau setidaknya tidak tahu di mana batu itu disembunyikan?

Keempat, jika mata air Zamzam sudah ada di Arabia barat sejak jaman kuno, maka tentunya lokasi mata air itu akan mudah diingat. Air merupakan hal yang amat penting bagi masyarakat Arabia yang hidup di gurun pasir. Hadis Islam mengatakan mata air Zamzam sudah ada sejak jaman Abraham, ketika malaikat Jibril memberi air kepada Hagar dan putranya Ishmael. Jika itu benar, maka tentunya tidak hanya masyarakat Mekah yang tahu akan keberadaan mata air ini, tapi juga berbagai kota di sekitar Mekah. Masyarakat Baduy akan berbondong-bondong datang ke mata air tersebut untuk memberi minum ternak mereka. Penduduk sekitar juga akan sering berkunjung untuk memenuhi kebutuhan air mereka. Sumber mata air tak bisa disembunyikan, meskipun dengan tumpukan pasir sekalipun.

Kisah suku Jurhum menyembunyikan benda² berharda di mata air sekitar abad ke-2 M terus diulang dengan tambahan bahwa Abdul Mutalib, kakek Muhammad, menemukan mata air di akhir abad ke-5 M. Kita bisa menyimpulkan bahwa mata air itu belum ada sebelum jaman Abdul Mutalib, dan masyarakat Mekah menggali pasir di daerah itu sehingga akhirnya menemukan sumber mata air yang sebenarnya merupakan hal yang biasa terjadi di Timur Tengah. Pernyataan Muslim yang mengatakan bahwa mata air Zamzam telah ada di Mekah selama 2.500 tahun sebelum suku Jurhum akhirnya menutupinya selama 300 tahun adalah keterangan yang tak masuk akal, karena semua mata air Arabia lebih penting bagi masyarakat Baduy daripada Laut Merah. Kau mungkin dapat menyembunyikan letak laut dari mata suku² Arabia yang haus, tapi kau tak dapat menyembunyikan mata air dari mereka untuk waktu selama itu.

Keterangan bahwa Batu Hitam disembunyikan selama tiga atau empat abad adalah tak masuk akal. Batu itu dianggap sebagai batu keramat di setiap kuil Ka’bah, karena dianggap mewakili wujud bulan. Ibadah agama Keluarga Bintang Arabia dengan sang dewa bulan Allah sebagai ketuanya berhubungan erat dengan Batu Hitam. Istri Allah yakni Ellat adalah dewi matahari, dan mereka punya putri yakni al-‘Uzza dan Mannat yang mewakili dua buah planet. Umat Muslim percaya bahwa Batu Hitam berasal dari Allah, yang dulu merupakan sang bulan sebelum akhirnya planet Venus mengganti gelar Allah. Tidaklah mungkin bahwa suatu suku bisa menyembunyikan batu besar yang disembah dan dipuja banyak orang. Jika suku Jurhum mengambil batu itu dari Ka’bah, tentunya mereka akan dikejar masyarakat sekitar. Suku Jurhum tak mungkin bisa menyembunyikan batu besar itu di dalam mata air Zamzam, tempat yang dikunjungi masyarakat Mekah setiap hari.

Kisah Batu Hitam (Hajar Aswad) mengandung beberapa hal penting. Batu Hitam itu tak ada di sekitar Mekah sampai kira² akhir abad ke-5 M. Itulah sebabnya mengapa hadis Islam mencoba menutupi hal ini dengan menciptakan dongeng sejarah palsu. Batu Hitam ini merupakan elemen penting untuk setiap kuil Ka’bah di Arabia. Batu ini biasanya didatangkan dari daerah lain, kemungkinan Yaman, di akhir abad ke-5 M.

Asa’d Abu Karb adalah Pembangun Ka’bah yang Sebenarnya di Awal Abad ke-5 M

Dikatakan bahwa sebelum Ka’bah dibangun, orang² Khuzaa’h membangun sebuah tenda di tempat Ka’bah kelak dibangun. [172] Suku Khuzaa’h datang dari Yaman sekitar abad ke-2 M. Di abad ke-4 M, mereka menuju ke tempat di mana Mekah kelak dibangun. Karena mereka tak menemukan kuil untuk ibadah, maka mereka mendirikan tenda untuk beribadah di suatu lapangan.
[172] Al-Azruqi, Akhbar Mecca, 1, hal. 6

Keterangan dari para penulis abad ke-8 M, yang mendengar keterangan dari jaman Muhammad, menyatakan bahwa Ka’bah dibangun di awal abad ke-5 M oleh seorang pagan Himyarit ketua suku Yaman bernama Asa’d Abu Karb. Dia juga dipanggil dengan nama Abu Karb Asa’d, dan berkuasa atas Yaman di tahun 410-435 M. [173]
[173] A. Jamme, W.F., Sabaean Inscriptions from Mahram Bilqis (Ma’rib), the Johns Hopkins Press, Baltimore, 1962, Volume III, hal. 387; tulisan diberi nomer oleh G. Ryckmans, G. Ryckmans, Le Museon 66 (1953), hal. 363-7, p1.V; dikutip oleh K.A. Kitchen, Documentation For Ancient Arabia, Part I, Liverpool University Press, 1994, hal. 219

Image
Contoh prasasti Sabaian yang menjelaskan sejarah Arabia kuno.

Fakta bahwa sejarawan Islam mengakui Asa’d Abu Karb sebagai pemimpin pertama dalam sejarah yang menyelubungi Ka’bah merupakan petunjuk penting bahwa dialah pembangun Ka’bah yang sebenarnya. [174] Menyelubungi kuil Ka’bah dengan gorden/kiswah merupakan tahap kedua terpenting setelah selesai membangun kuilnya. Tahap ini mencakup menghias bagian dalam tembok, menempatkan karpet di lantai dan tembok, dan menambah perhiasan di berbagai bagian dalam kuil. (Masyarakat Arab tak akan beribadah di kuil yang tak dihiasi dan diselubungi gorden.). Asa’d Abu Karb menyuruh Amir dari Azed untuk membangun bagian dalam Ka’bah. [175] (Azed adalah suku yang datang dari Yaman bersamaan dengan kedatangan suku Khazaa’h.) Asa’d Abu Karb tentunya membangun Ka’bah di tempat yang sama di mana tenda ibadah didirikan oleh suku Khuzaa’h.
[174] Al-Azruqi, Akhbar Mecca, 1:173; Yaqut al-Hamawi, Mujam al-Buldan, 4:463
[175] Ibn Saad, Tabakat, 1, hal. 64

Asa’d Abu Karb, yang juga disebut Tubb’a, menduduki kota Yathrib sebelum datang ke Mekah. [176] Tampaknya dia menemukan banyak kuil di Yathrib, tapi ketika dia tiba di Mekah, dia tak menemukan kuil apapun. Karena penduduk Mekah adalah para pendatang baru dari Yaman, maka Asa’d Abu Karb membangun bagi mereka kuil sederhana bergaya Yaman. Dia mendirikan kuil ini agar terjadi hubungan baik antara penduduk Mekah dan dirinya. Dia juga menulis syair tentang matahari terbenam dalam kolam lumpur, dan hal ini juga disebut Muhammad dalam Qur’an.
[176] Ibn Hisham 1, hal. 20

Bagian Tambahan Lain Dibangun oleh Suku Quraysh pada Ka’bah

Suku Quraysh, yakni suku asli Muhammad, lalu menguasai kota Mekah. Mereka mendapatkan batu hitam dari Yaman, sehingga kuil mereka tampak seperti Ka’bah² lainnya, yang sesuai dengan agama Keluarga Bintang Arabia, yang ibadahnya dilakukan di sekitar batu hitam. Agama Keluarga Bintang dimulai di Yaman, tempat asal suku Quraysh sebelum pindah ke Mekah. Ka’bah pertama yang dibangun Asa’d Abu Karb beratap kayu. Tapi atap kayu ini lalu terbakar, sehingga mereka menggunakan kayu yang dibawa perahu Byzantium, yang berhenti di pantai Laut Merah yakni “al-Shaebieth.” Pemilik perahi adalah orang Mesir Koptik bernama Bachum. Dia menjual kayu itu pada mereka dan lalu kayu dibuat menjadi atap Ka’bah. [177] Kemudian, tatkala Muhammad masih muda, hiasan² dan bagian² lain ditambahkan pada Ka’bah. [178]
[177] Halabieh 1, hal. 235; Ibn Hisham I, page 157; al-Azruqi, Akhbar Mecca I, hal. 104
[178] Tarikh al-Tabari, I, hal. 526

Fakta pembangunan kuil Mekah seharusnya membuat umat Muslim mempertanyakan keterangan Ibn Ishaq dan teman²nya tentang kota itu, dan juga keterangan Muhammad di Qur’an bahwa Ka’bah dibangun oleh Abraham dan Ishmael.

Masyarakat Yaman Membangun Kuil Ka’bah di Mekah

Suku Khuzaa’h dari Yaman membangun kota Mekah di abad ke-4 M. Ibadah agama pagan Yaman telah meninggalkan sidik jari di berbagai kuil Ka’bah, dan menunjukkan bahwa pembangunnya sudah jelas bukan Abraham dan Ishmael.

Kita akan membahas mengapa berbagai tatacara dan kebiasaan ibadah Yaman tampak jelas di Ka’bah di Mekah. Perkataan dan kebiasaan Muhammad disebut Hadis. Koleksi buku hadis dari “Muslim Sahih” dan “Bukhari Sahih” dianggap mengandung perkataan Muhammad. Di dalam buku² tersebut dapat kita baca kebiasaan Muhammad memeluk dan mencium dua batu, yakni “Rukun Yamani” dan “Batu Hitam.” Ibn Abbas, saudara sepupu Muhammad dan pelapor hadis, mengatakan bahwa Muhammad seringkali memeluk dua Rukun² Yamani. Yang dimaksud dengan “Rukun² Yamani” adalah Batu Hitam dan batu lain lagi yang disebut Rukun. [179] Dari keterangan ini kita ketahui bahwa Ka’bah mengandung dua benda keramat yang disebut Rukun. Kedua batu ini ditempelkan di Ka’bah dan disebut sebagai “Yamani” sehingga bisa diketahui bahwa batu² tersebut berasal dari Yaman. Hal ini juga memperkuat keterangan bahwa Ka’bah dibangun oleh pemimpin Yaman yakni Asa’d Abu Karb, sesuai dengan tata cara ibadah Yaman, terutama ibadah agama Keluarga Bintang Arabia. Allah adalah kepalanya, dan Ellat sang matahari adalah istrinya, dan kedua putri mereka adalah al-‘Uzza dan Manat.
[179] Sahih Muslim 9, hal.15

Image
Sudut tembok “Rukun/Sudut Yamani” terletak di sebelah kiri bawah Ka’bah pada gambar di atas.

RukunYemeni.jpg
RukunYemeni.jpg (70 KiB) Viewed 43 times

Muslim sibuk memeluk dan menciumi batu “Rukun Yamani” di sudut Ka’bah. Ternyata bukan batu Hajar Aswad saja yang diciumi Muslim, tapi batu Rukun/Sudut Yamani juga. Memang begitulah kecenderungan umat pencium dan pemuja batu. Begitu ketemu batu… weleehh… tahu aja sendiri.

RukunYemeni1.jpg
RukunYemeni1.jpg (24 KiB) Viewed 43 times

Sudut batu “Rukun Yamani” di dinding Ka’bah.

Tampaknya Batu Hitam dibawa dari Yaman di jaman Abdul Mutalib, kakek Muhammad. Hadis Islam menyatakan batu itu dan mata air Zamzam hilang selama berabad-abad sebelum jaman Muhammad. Aku telah jelaskan bahwa keterangan ini tidak masuk akal. Fakta menunjukkan bahwa Muhammad dan hadis Islam berusaha keras menghubungkan ibadah pagan Yaman dari kakek moyang Muhammad dengan Abraham dan Ishmael, meskipun fakta sejarah bertentangan akan hal itu. Mari kita telaah hal ini.

Pertama, kota Mekah dibangun setelah abad ke-4 M. Abu Karb Asa’d adalah pembangun pertama Ka’bah, di saat dia berkuasa di Yaman pada tahun 410-435 M. Kedua Rukun, yakni batu keramat di Ka’bah, berasal dari Yaman. Batu Hitam pertama kali muncul di Mekah di jaman kakek Muhammad, yakni sekitar 495-520 M. Meskipun hadis Islam menyebutkan hal ini, tapi Muslim tetap saja menciptakan dongeng untuk menutupi celah sejarah.

Hal penting yang membuktikan orang² Yamanlah yang mendirikan Ka’bah di Mekah dan juga tahun pembuatannya terdapat di kerajaan Himyarit di Yaman. Abu Karb Asa’d, raja Himyarit, mencoba memperluas kekuasaannya sampai ke Arabia barat tengah guna menguasai rute dagang rempah² dari Yaman ke Arabia Utara, dan lalu ke daerah Bulan Sabit Subur (Fertile Crescent). Abu Karb Asa’d atau Tubb’a menguasai kota² Arabia barat tengah di awal abad ke-5 M, termasuk kota Mekah dan Yahtrib (kelak bernama Medina). Sang Penguasa Yaman ini ingin menyatukan berbagai kota tersebut ke dalam kerajaannya dengan memperkuat ibadah agama Yaman yang sebenarnya telah dianut masyarakat Mekah yang juga berasal dari Yaman. Kota Yathrib dibangun oleh dua suku Yaman, yakni Aws dan Khazraj. Kedua suku ini meninggalkan Yaman ketika bendungan di situ retak pada tahun 150 M, dan mereka lalu menetap di Yathrib, yang telah lama dihuni suku² Yahudi yakni Bani Qurayza dan An-Nadr. Abu Karb Asa’d berasal dari Yaman. Dia membangun Ka’bah di Mekah untuk memperkuat kedudukannya di kota itu, dan untuk menyenangkan hati masyarakat Mekah yang sebelumnya tak punya kuil tempat ibadah. Sama seperti Abu Karb Asa’d, mereka pun beragama pagan Yamani.

Image
Daerah hijau adalah daerah Bulan Sabit Subur (Fertile Crescent).

Ajaran Tubb’a tentang dongeng pagan Yaman dan Yahudi dan pengaruhnya pada masyarakat Arabia di Arabia barat tengah, dan akhirnya pada Muhammad.

Tubb’a juga mencoba membangun hubungan dengan masyarakat Yahudi di Yathrib. Dia mempelajari pemikiran dan ibadah agama mereka. Selain itu dia juga mempelajari dongeng² Yahudi, misalnya tentang burung hupu yang mengumumkan tentang kerajaan Saba pada Salomo. Dongeng ini datang dari buku dongeng Yahudi berjudul Targum Kedua Esther (Second Targum of Esther). Muhammad menyampaikan dongeng ini di dalam Qur’an.

Agar usahanya berhasil, Tubb’a membawa dua rabi Yahudi ke Yaman. [180] Mereka mengajarkan padanya tentang berbagai ibadah agama Yahudi beserta dongeng² masyarakat Yahudi, sehingga Tubb’a mampu mencampurkannya ke dalam agama pagan Yaman. Contohnya, dia menggabungkan ibadah Bintang Arabia dengan dongeng² Yahudi. Dengan pengetahuan campur aduk ini, dia berharap bisa mengontrol berbagai daerah Arabia barat tengah, di mana orang² Arabia dan Yahudi tinggal. Dia lalu mengaku sebagai nabi, menguraikan terperinci penjelasan tentang matahari, bumi, dan alam semesta yang dianggap benar oleh masyarakat Yaman. Di Mekah, dalam rangka meyakinkan pendengarnya bahwa dia adalah nabi, Tubb’a mengajarkan bahwa matahari terbenam di kolam berlumpur hitam. [181] Dongeng ini juga dicantumkan ke dalam Qur’an oleh Muhammad.
[180] al-Tabari, I, hal. 426-428; al-Ya’akubi I, hal. 226
[181] Tarikh al-Tabari, I, hal. 429

Setelah Tubb’a wafat, ajarannya diingat dan dikisahkan ulang oleh banyak kelompok masyarakat, bahkan yang terus hidup sampai di jaman Muhammad. Muhammad menganggap Tubb’a sebagai Muslim dan setara nabi. [182] Terdapat banyak dongeng tentang Tubb’a diantara masyarakat Arab. Al-Tabari mengisahkan kemenangannya berperang di China dan Tibet. Hal ini jelas adalah keterangan sejarah yang salah, tapi menunjukkan besarnya pengaruh Tubb’a bagi masyarakat Arabia di jaman Muhammad, sampai² banyak yang menganggapnya sebagai nabi. [183]
[182] Halabieh I, page 280
[183] Tarikh al-Tabari, I, hal. 331, 332, 360

Ka’bah di Mekah dibangun bagi agama Bintang Arabia, dan mengandung semua sifat Ka’bah² lainnya yang dibangun bagi ibadah agama itu.

Kenyataan bahwa kuil Ka’bah di Mekah dibangun sebagai kuil untuk ibadah agama Bintang Arabia tampak dalam berbagai hal. Pertama, bentuknya sama persis seperti berbagai Ka’bah di Arabia. Ka’bah² ini merupakan kuil² agama Keluarga Bintang Arabia, di mana Allah dianggap sebagai ketuanya, dan Ellat sebagai istrinya. Semua Ka’bah memiliki Batu Hitam sebagai benda yang paling keramat. Batu ini mewakili dewa Bintang Arabia. Banyak dari batu² hitam itu yang sebenarnya adalah batu meteor yang dilihat orang² Arab jatuh dari langit ke bumi. Mereka mengira batu² meteor ini adalah utusan² dari bulan, dan mereka menganggap bulan adalah Allah. Hal ini dipercayai sebelum gelar Allah diberikan kepada Venus, yang menggantikan kedudukan bulan sebagai kepala Keluarga Bintang.

Selain itu, pintu utama Ka’bah Mekah disebut sebagai “pintu jemaat penyembah matahari,” [184] dan matahari adalah istri Allah.
[184] Halabieh I, hal. 236

Muhammad Membenarkan Asal-usul agama Ka’bah adalah dari Yaman.

Peranan agama pagan Yaman dalam pembangunan kuil Ka’bah di Mekah dan ajaran² agamanya pada masyarakat Mekah tak dapat disembunyikan. Bahkan Muhammad sendiri mengakui dalam beberapa hadis bahwa asal-usul sistem agama Mekah adalah Yaman. Contohnya di hadis al-Bukhari di mana Muhammad berkata, “Iman dari orang Yaman, fikih dari orang Yaman, hikmah Yaman.” Di hadis lain dia berkata, “Kepercayaan dan aturan agama dari orang Yaman.” [185] Karena itu, tidak hanya batu² keramat Ruku di Ka’bah yang berasal dari Yaman, tapi juga aturan² agama, doktrin, dan iman juga berasal dari Yaman. Sudah jelas Ka’bah di Mekah dibangun oleh pemimpin Yaman sesuai dengan gaya agama pagan Yaman dan aturan ibadahnya. Dia mendirikan agama Yaman di Mekah, dan agamanya juga dikenal di bagian lain Arabia. Dengan begitu, bagaimana mungkin Abraham bisa membangun Ka’bah, jika catatan sejarah yang kita miliki tentang pembangunan Ka’bah adalah benar? Bagaimana mungkin Batu Hitam bisa berasal dari surga, dan bagaimana caranya Abraham mendapatkannya dan membangun Ka’bah di sekitarnya, jika batu itu tak ada di Mekah sebelum abad ke-5 M? Bagaimana mungkin ajaran agama Muhammad berasal dari Allah melalui malaikat Jibril, padahal asal-usul agamanya adalah dari Yaman?
[185] Al-Bukhari 5, hal. 122; Halabieh I, hal. 259

Ahli Islam terkenal Mesir yakni Tah Hussein mengritik budaya Islam karena menghubungkan kuil Ka’bah di Mekah dengan tokoh2 Abraham dan Ishmael. [186] Tah berkata, “Kasus masalah ini sudah sangat jelas karena Ka’bah adalah bangunan baru yang dibangun sebelum munculnya Islam. Islam memanfaatkannya untuk alasan² agama.” [187]
[186] Kutipan dari Alessandro Bausani, L’Islam, Garzanti Milano, 1980, hal. 208
[187] Kutipan dari Mizan al-Islam oleh Anwar al-Jundi, hal. 170 ; Behind the Veil, hal. 184

Tahun Pembangunan Ka’bah oleh Suku Khuzaa’h

Banyak unsur sejarah yang membantu kita untuk mengetahui kapan tepatnya Mekah dibangun. Salah satu unsur utama adalah kerusakan yang terjadi pada bendungan Ma’rib di Yaman sekitar tahun 150 M. Kerusakan ini menyebabkan berbagai keluarga dan suku Yaman berimigrasi ke utara. Salah satu dari keluarga tersebut adalah keluarga Amru bin Amer, orang Yaman yang keturunannya menghasilkan banyak suku. Salah satu suku tersebut adalah suku Khuzaa’h, yang berdiam di Arabia barat tengah. Kelak mereka membangun kota Mekah.

Dari buku² sejarah Tabari, sejarawan Arabia terkenal, kita ketahui bahwa hal ini terjadi di saat yang sama bangsa Lakhmid pergi dari Yaman ke Mesopotamia. Di saat yang sama, Amru bin Amer, ayah Khuzaa’h, meninggalkan Yaman. [188] Bangsa Lakhmid tiba di daerah Mesopotamia, di kota Hira, pada abad ke-2 SM. Kelak orang² Persia menggunakan mereka untuk menjaga perbatasan Persia dan Kekaisaran Byzantium, yang sedang menguasai Syria. Raja Lakhmid pertama adalah Amr I bin Adi, yang berkuasa di tahun 265-295 M. [189] Hancurnya bendungan Ma’rib mengakibatkan suku² lain seperti Ghassan pergi meninggalkan Yaman dan tinggal di perbatasan Byzantium. [190] Suku² ini masih berhubungan darah satu sama lain karena mereka adalah keturunan Amru bin Amer. [191] Suku Shamar juga meninggalkan Yaman dan lalu tinggal di padang pasir Syria; suku² lain pergi ke Arabia utara dan daerah Bulan Sabit Subur (Fertile Crescent). [190] Suku² Aws dan Khazraj meninggalkan Yaman dan tinggal di Yathrib, yang nantinya dikenal sebagai Medina, di mana suku² Yahudi Bani Qurayza dan An-Nadir telah lama tinggal. Suku Ozd al-Sarat pergi ke al-Sarat dekat Orfeh, tak jauh dari tempat di mana Mekah kelak dibangun. Suku Khuzaa’h tinggal di tempat bernama Mur atau Mur al-Thahran, [192] yang juga tak jauh dari tempat di mana Mekah kelak dibangun. [193]
[188] Tarikh al-Tabari, I, hal. 431 and 360 juga menyebutkan tentang suku² keturunan Maad bin Adnan dari Yaman yang berimigrasi ke daerah Hira di Mesopotamia.
[189] K.A. Kitchen, Documentation For Ancient Arabia, Part I , Liverpool University Press, 1994, hal. 251
[190] James Montgomery, Arabia and the Bible, University of Pennsylvania Press, Philadelphia, 1934, hal. 126; Montgomery juga mengutip Philby, The Heart of Arabia, II, hal. 97
[191] Ibn Hisham I, hal. 12
[192] Ibn Hisham I, hal. 13
[193] Komentar² pada buku Ibn Hisham I, hal. 13

Mekah Dibangun Suku Khuzaa’h sebagai Gardu/Stasiun Terpencil di Jalur Dagang Rempah²

Tiada kota bernama Mekah di daerah itu; jika ada, tentunya suku Khuzaa’h dan Ozd akan menempatinya, sama seperti suku Aws dan Khazraj menempati kota Yathrib. Selama satu setengah abad, suku Khuzaa’h tinggal di daerah dekat Mekah kelak dibangun. Mereka lalu mengambil keputusan untuk membangun gardu/stasiun bagi jalur kafilah di mana para pedagang bisa beristirahat dan melakukan transaksi dagang. Jika Mekah sudah ada sebelum suku Khuzaa’h berimigrasi dari Yaman, tentunya Mekah telah jadi tempat mereka mencari nafkah. Mereka menunggu lebih dari 170-200 tahun sebelum akhirnya membangun kota tersebut, yang menjadi saingan Yathrib sebagai tempat istirahat para kafilah, yang berjarak 200 mil ke utara. Mereka lalu menamakan gardu/stasiun tersebut sebagai Mekah.

Penting untuk diingat bahwasanya tiada suku apapun dari Yaman yang menghuni Mekah. Jika Mekah sudah ada di jaman bendungan Ma’rib hancur (sekitar 150 M), maka tentunya akan banyak suku² Yaman yang tinggal di Mekah, karena letaknya lebih dekat ke Yaman daripada kota Yathrib. Karena daerah Mekah dulu kosong dan terasing, suku² Ozd dan Khuzaa’h tertarik untuk tinggal di situ, meskipun dulu mereka tinggal di kota besar Ma’rib, yang merupakan ibukota Saba. Akhirnya suku Khuzaa’h membangun Mekah pada abad ke-4 M.

Mari kita ulas beberapa fakta historis yang penting. Aku telah menunjukkan bagaimana suku Khuzaa’h dari Yaman mendirikan kota Mekah di abad ke-4 M. Kita juga telah melihat koneksi kuil Ka’bah di Mekah dengan ibadah agama pagan Yaman. Semua ini membuktikan klaim Islam bahwa Abraham dan Ishmael mendirikan Ka’bah di Mekah sungguhlah bertentangan dengan fakta² sejarah. Membangun iman dengan landasan pasir adalah tindakan tak bijaksana. Kepercayaan yang tak memiliki fakta sejarah yang benar tidaklah tepat untuk dijadikan pedoman hidup.

This entry was posted in BAGIAN 2 and tagged , , , . Bookmark the permalink.

110 Responses to Bagian 2 – 10. Sejarah Sebenarnya Pembangunan Ka’bah di Mekah

  1. ibni al caesar says:

    Pendapat saya, tak ada keraguan dalam Hadist dan tak patut meragukan Al Quran, sebab Al Quran bukan perkataan Muhammad melainkan perkataan Allah. .Jelas Al Quran tidak sama dengan Injil yang hampir seluruhnya direkayasa oleh Paus.
    Yang patut diragukan adalah buku-buku karya tulis yang dibuat oleh manusia. Apakah anda bisa memastikan bahwa si pengarang buku atau karya tulis itu sebagai orang yang jujur dan terpercaya? Jangan membandingkan antara perkataan manusia dengan perkataan Allah. Perkataan Allah dalam Al Quran adalah pasti, sedangkan perkataan manusia tidak.

    • ucok says:

      ini buktinya Alquran bukan perkataan Allah….
      Benarkah Al-Quran adalah seratus persen firman (perkataan) Allah, tidak bercampur dengan ucapan Muhammad sebagaimana dinyatakan dalam Sura 53:3-5? Mari kita simak ayat-ayat Al-Quran di bawah ini:

      Apakah Al Faatihah itu ucapan Allah atau manusia? Bukankah manusia yang berseru, “Hanya Engkaulah yang kami sembah”? Bukankah tidak mungkin Allah yang berdoa, “Tunjukilah kami jalan yang lurus”?

      Apakah benar bagian akhir dari Sura 6:106 adalah ucapan Allah, “Dan aku sekali-kali bukanlah pemelihara“? Bukankah ini jelas ucapan Muhammad seperti telah diakui dengan memasukkan namanya dalam tanda kurung?

      Bagaimana dengan Sura 6:114, “Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah, padahal Dialah yang menurunkan kitab …” Bukankah ini ucapan Muhammad dan bukan ucapan Allah?

      Apakah bukan ucapan Muhammad dalam Sura 17:1 yang berbunyi, “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hambaNya pada suatu malam hari dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha …”?

      Siapakah “Aku“ dalam Sura 27:91? Tidakkah ini jelas bukan Allah tetapi seorang manusia? Bagaimana Allah dapat berkata, “Aku hanya diperintahkan untuk menyembah Tuhan negeri ini yang telah menjadikannya suci dan kepunyaanNyalah segala sesuatu, dan aku diperintahkan supaya termasuk orang-orang yang berserah diri”?

      Apakah sungguh Allah bersumpah demi hari kiamat dan dengan jiwa yang amat menyesal (Sura 75: 1-2)? Bukankah ini ucapan manusia?

      Apakah sungguh Allah bersumpah demi bintang-bintang dan demi malam dan demi subuh (Sura 81:15-18)? Bukankah ini ucapan manusia?

      Apakah bukan malaikat yang mengucapkan Sura 19:64, “Dan tidaklah kami turun, kecuali dengan perintah Tuhanmu. KepunyaanNyalah apa-apa yang ada dihadapan kita dan apa-apa yang ada di antara keduanya, dan tidaklah Tuhanmu lupa“?

      Apakah bukan malaikat yang mengucapkan Sura 37:161-166? Bagaimana mungkin Allah yang mengatakan, “Maka sesungguhnya kamu dan apa-apa yang kamu sembah itu, sekali-kali tidak dapat menyesatkan terhadap Allah, kecuali orang-orang yang akan masuk neraka yang menyala. Tiada seorangpun di antara kami (malaikat) melainkan mempunyai kedudukan tertentu, dan sesungguhnya kami benar bershaf-shaf (dalam menunaikan perintah Allah) dan sesungguhnya kami benar-benar bertasbih (kepada Allah)”? Jelas sekali ini perkataan malaikat, bahkan kata “malaikat” sudah dimasukkan.

      Apakah sungguh ucapan Allah yang terdapat dalam Sura Al Jin? Bukankah sebenarnya Jin yang berbicara – umpamanya Sura 72:11, “Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang saleh (apakah ada jin yang saleh? Bukankah ini dusta belaka?) dan di antara kami ada yang tidak demikian halnya.”

      • OZY says:

        anda merancu sob…utk memahi agama secara benar jangan sepotong2 . firman ALLAH sudah sangat jelas termaktub dlm alquran dan perkataan nabi Muhammad di catat dalam hadits2. jadi argumen anda yg mengatakan bahwa kabah bukan di bangun oleh IBRAHIM dan ISMAEL sia2 saja…sebab umat islam seratus persen meyakini alquran sebagai firman ALLAH…jadi segala sesuatu yag tertulis di dalamnya adalah berasal dari YANG MAHA BENAR…alquran bukan spt injil yang telah tercemar dan di kotori oleh tinja paus yg telah mengobrak-abrik injil sesuka hatinya. hehehe….hehehe…masak manusia di bilang Tuhan…tuhan kok bisa berak, kesakitan, di salib spt anjing , di siksa nggak berdaya….???? tuhan anda sangat lemah ya…ngga bs melawan segelintir manusia??? dimana keMAHA DIGDAYAANNYA sebagai Tuhan yg patut di sembah??? atau emang tuhan anda itu tuhan palsu???? sekarang tantangan sy kpd anda org kristen…buatlah sebuah gereja yg melebihi kehebatan kabah yg selalu penuh di kunjungi mansuia dr seluruh dunia…ayo…mampuuuu???

      • supriyadi jaya Winata says:

        AL QUR,AN
        BISA MENJADI PETUNJUK
        BISA MENJADI DO,A
        BISA MENJADI OBAT
        ISI NYA BERAGAM BOZZ , KALAU BAGIAN YANG NGASIH PETUNJUK YA PASTI BUAT MANUSIA

        TERUS PELAJARI

        NTAR JUGA PAHAM KO
        KALW NGAK PAHAM2 SEBENTAR LAGI NABI ISA DATANG KE BUMI.. SILAHKAN ANDA BERGURU LANGSUNG KE NABI ISA JANGAN PERCAYA SAMA ORANG YANG DI PATIKAN.

        INGAT NABI ISA PUNYA ILMU ( MU,JIJAT) UNTUK MENGHIDUPKAN MANUSIA YANG SUDAH MATI, JANGAN PERCAYA SEJARAH, QTA PERLU PAKTA BKAN CUMAN SEKEDAR SJARAH

        GMNA KALAW NANTI YANG NAMA NYA YESUS ITU DI HIDUPKAN KEMBALI
        DAN DI TANYA LANGSUNG OLEH NABI ISA, DAN DI SIARKAN SECARA LIVE OLEH STASIUN TV DI SELURUH DUNIA , BARU ANDA TAHU

        SEMOGA BERUNTUNG

      • rohward says:

        Diriwayatkan dari Amirul Mukminin ‘Ali bin Abi Tholib k.w.; Aku telah mendengar Rosululloh saw bersabda: “Alloh telah membagi Surat Al Fatihah di antara-Ku dan Hamba-Ku, sebagian Surat itu untuk-Ku dan sebagian yang lain untuk hamba-Ku. Dan bagi hamba-Ku (Aku mengabulkan) segala yang dia minta:

        BismillaaHirrohmaanirrohiim
        (“Bila Hamba membaca”): “Dengan Menyebut Nama Alloh Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”. “Alloh menjawab”: “Hamba-Ku memulai menyebut dengan asma-Ku dan wajib atas-Ku untuk menyempurnakan urusan-urusannya dan memberkahi keadaannya”. (“Dengan Menyebut Nama Alloh… disini seumpama menyebutkan seluruh Nama2 Alloh.. lihat keutamaan kalimat Bismillahirrohmanirrohim)

      • michael says:

        Mungkin salah persepsi kita yah,orang muslim itu percaya bahwa untuk kedua kalinya tuhan yesus akan datang ke dunia untuk mengadili lucifer/atau dajjal(menurut kepercayaan mereka)bukan untuk mengadili mereka,dan juga menurut paham mereka tuhan yesus datang untuk meluruskan ajaran tuhan yesus yg kita percaya bahwa kita salah konsep tentang keimanan kita.

      • michael says:

        Nah saudara ku seiman tolong saudara jangan mengambil kulitnya saja dalam berkomentar, ingat anda mewakili diri anda, saya dan seluruh umat yesus dalam berkomentar, tolong lebih dalam lagi referensinya,supaya kita tidak dianggap orang bodoh, dalamalquran mereka selalu ada kata kami dan aku….yg pernah aku telusuri dan telitikan,bahwa perkataan kami jika ayat trsebut merupakan perintah ajakan atau pun seruan yg melibatkan pihak lain selain tuhannya, contoh ada perkataan kami ciptakan dia dari setitik air…ini proses artinya ada kuasa tuhan yang datang kepada proses malaikat,ibu an bapak nya……sedangkan jika kalimat di quran mengatakan aku, berarti tuhan tunggal yg berkuasa tanpa melibatkan pihak manapun dalam perbuatannya…contoh aku ciptaka alam semesta..dan lain…jadi tolong perbanyak referensi dulu..saya amat sangat menunggu refesensi yg tepat untuk pengetajyan yg hakiki

      • michael says:

        Itulah proses spiritual kawan, memahami islam atau agama apapun jangan sepwrti orang buta meggambarkan gajah,dia pegang belalainya,lalu berkata gajah itu bentuknya melenhkung dan panjang…kata ana dan antum adalah ” aku” dan kami. Aku jika perbuatan yuhan tidak menyertai pihak lain..sedang kan jika mengatakn kami, pada prosea kehendak tuhan, itu melibatkan pihak lain dalam kejadiannya, contoh,kami menciptakan engkau manusia dr setitik air. .dst,

    • anwarkhotib says:

      alquran adalah perakataan allah , karean itu adalah kata muhammad. Dimana utk supaya bisa meyakin-kan, maka muhammad selalu bilang
      – saya, muhammad berbicara langsung dgn allah di gua gua dan TIDAK ADA SAKSI
      – say, muhamaad, selalu minta “beking” dgn sering mengatakan allah dan rasulnya, artinya, selalu muhammad si tempelkan dengan allah
      – saya muhammad, menegaskan allah dan rasulnya ( yaitu saya sendiri si muhammad ) jika ada yang meragukan ucapan allah dan rasulnya, maka ……. banyak ancaman, dari dipenggal kepalanya sampai masuk neraka…………………….
      – saya muhammad, menegaskan, bahwa allah dan rasulnya menantang kalau ada tulisan tandingan yang bisa menyaingi alquran. Ini jelas tdk mungkin, tantangan gertak sambel, karena membuat surat tandingan, artinya meragukan, itu sama artinya kepala dipenggal

      • michael says:

        Itulah hukum tuhan tegas sekali saudaraku seiman,seperti di alkitab kita juga tegas, dan saya rasa wajar ketegasan hanya milik tuhan dan kuta tak dapat berbuat apapun jika itu kehendak tuhan,dalam kitan petjanjian lama kita percaya musa menerima wahyu tuhan juga seperti orang yg terserang demam menggigil

    • willi sanjaya says:

      Teladan Hidup dan Ajaran Isa Al-masih

      Isa Al-Masih dan murid-murid tidak pernah menyerang balik orang-orang yang menolak dan
      menentang mereka. Dengan kasih mereka mengajarkan Kerajaaan Allah dan prinsip kebajikan
      dari Kerajaan Allah tersebut.
      ”Jawab Isa Al-Masih kepadanya: ’Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan
      dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama
      dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah
      sesamamu manusia seperti dirimu sendiri’” (Injil, Rasul Besar Matius 22:37-39).
      Isa Al-Masih juga menunjukan kuasa mujizat-Nya. “Dan Isa Al-Masih
      menjawab mereka: ‘Pergilah, dan katakanlah kepada [Nabi] Yohanes apa yang kamu
      lihat dan kamu dengar: Orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta
      menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang
      miskin diberitakan kabar baik’” (Injil, Rasul Lukas 7:22).

      Teladan Hidup dan Ajaran Muhammad
      Muhammad mengajarkan bahwa misinya adalah untuk menyebarkan Islam melalui perang suci.
      Dia memberikan otoritas kepada pengikutnya untuk menyerang orang kafir dan merampas
      kepunyaannya.
      ”Hai nabi, kobarkanlah semangat para mukmin itu untuk berperang. Jika ada
      duapuluh orang yang sabar di antara kamu, niscaya mereka dapat mengalahkan dua
      ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang (yang sabar) di antaramu, mereka
      dapat mengalahkan seribu dari orang-orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu
      kaum yang tidak mengerti” (Qs 8:65) Lihat juga Qs 8:12; Qs 9:5, 14, 23.
      Ajaran Isa Al-Masih menitik-beratkan pada kebenaran secara batiniah. Bukan lahiriah.
      Sedangkan Muhammad pada perkara lahiriah dan legalistik.
      Muhammad menikah dengan sebelas wanita semasa hidupnya + ratusan gundik dan budak. Dia menghabiskan energi cukup banyak untuk mengatur istri-istrinya. Kontras
      , kita tidak menemukan catatan Isa Al-Masih pernah menikah. Ia menghabiskan waktu-Nya dengan para murid-Nya.
      Kematian Muhammad dikarenakan sakit keras yang melandanya( diracun oleh wanita). Para kerabat Muhammad melanjutkan perjuangannya menyebarkan Islam. Mereka meneladani seluruh ajaran dan perbuatannya.
      Sedangkan Isa Al-Masih mati disalib. Isa Al-Masih mengajarkan bahwa kematian-Nya sudah direncanakan-Nya untuk menebus manusia dari perbudakan dosa. Setelah itu Isa Al-Masih bangkit dan kemudian naik ke sorga. Ini disaksikan oleh banyak orang. Isa Al-Masih berpesan bahwa Ia akan mengirimkan Roh-Nya yang akan menolong para murid bersaksi tentangdiri-Nya

      Kesimpulan
      Terlepas dari pro dan kontra atas penilaian terhadap kedua tokoh di atas, terlihat
      jelas perbedaan yang signifikan. Muhammad adalah manusia biasa, sedangkan Isa
      Al-Masih bersifat ilahi (Lihat juga Qs 3:45 yang menjelaskan, ”Isa Al-Masih yang terkemukadi dunia dan akhirat). Maka tidak heran jika Isa Al-Masih memberikan jaminan pasti
      keselamatan di sorga.”Kata Isa Al-Masih kepadanya: ’Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa (Allah), kalau tidak melalui Aku’” (Injil, Rasul BesarYohanes 14:6).

  2. hamba Alloh says:

    Pendapat saya, tak ada keraguan dalam Hadist dan tak patut meragukan Al Quran, sebab Al Quran bukan perkataan Muhammad melainkan perkataan Allah. .Jelas Al Quran tidak sama dengan Injil yang hampir seluruhnya direkayasa oleh Paus.
    Yang patut diragukan adalah buku-buku karya tulis yang dibuat oleh manusia. Apakah anda bisa memastikan bahwa si pengarang buku atau karya tulis itu sebagai orang yang jujur dan terpercaya? Jangan membandingkan antara perkataan manusia dengan perkataan Allah. Perkataan Allah dalam Al Quran adalah PASTI, sedangkan perkataan manusia tidak.

    • victor says:

      wah salut pendapatnya !
      Rasul Paulus manusia bisa salah
      Nabi Muhamad manusia bisa salah
      Al Quran Allah (yg sudah dibakar sama kalifah …..) Benar
      tapi al quran sortiran kalifah …………. (jwb sendiri)
      Kasihan ya allah Islam cuma bisa jaga keaslian kitab al quran sortiran , tapi keaslian Kitab Taurat, Zabur dan Injil ngak bisa (ketiduran, apa lupa) wah gawat dah.
      Jadi Allah yang seperti apa yang anda pilih ? (a) Allah yang menjaga atau (b) allah yang pelupa.
      Ini saya tulis karna (pendapat saya) Dalam islam kenapa Allah bisa diukur kemampuannya (terbatas). padahal Allah itu Maha Bisa dan Maha Esa Dll (tak terbatas).
      Jadi marilah kita satukan pemikiran bahwa Allah itu tak terbatas.
      maaf-maaf kalau ada yang tak suka tulisan saya.
      tak ada maksud saya agar saudara-saudaraku untuk murtad, kecuali Allah sendiri yang berkehendak. (kita tak dapat memutuskan tapi Allah bisa).

      • OZY says:

        walau alquran di bakar dr hal 1-tamat…tetap alquran tetap terjaga keasliannya . itulah pentingnya MTQ…dimana penghafal-penghafal alquran selalu tersdia sepanjang masa. 1 huruf saja berubah…itu akan tetap di koreksi oleh para penghafal di seluruh penjuru dunia…itulah kelebiohan alquran…di agama anda adaklah penghafal injil???? ngga ada kan? bahkan paus yg anda bilang rasulpun ngga hafal injil yg telah di rubah oleh tangannya sendiri…heheh…makanya koreksi diri dl sebelum koreksi org lain…

  3. joker says:

    @hamba, keyakinan boleh saja. tapi untuk kasus ini berat sebelah, anda hanya bersandar pada keyakinan yang tak bisa diuji, dengan ilmu sejarah yang harus melewati uji shahih, yang hasilnya bisa benar bisa salh.

    tantangan untuk islam, bisakah sejarah alquran di kaji sebagai kajian sejarah/ antropologi?

    • OZY says:

      ALLAH sudah menjamin bahwa manusia tak akan tersesat selama berpedoman pada 2 wasilah yaitu ALQURAN dan HADIST…sedang jika haya berpatokan pda buku2 sejarah dan dongeng…awas tersesat…apalagi hati anda di penuhi oleh sentiment terhadap kitab ALLAH …alquranul karim…buku dan sejarah karangan manusia bs berubah…sedang alquran dan hadist nggak akan pernah berubah sepanjang masa…

  4. Heru says:

    Wahai orang musrik ,kalian memang pintar memutar balikkan fakta. Saya kasihan dengan anda, bagaimana mungkin agama yang anda yakini itu benar, sedangkan kitab yang kalian anggap benar itu berbeda-beda versinya . Lain dengan Alqur’an. Dari sejak diturunkan sampai sekarang dan sampai kiyamatpun dijamin oleh Allah tidak akan ada yang bisa merubah atau menambah/mengurangi, karena banyak para penghafal Al Qur’an dari ayat 1 sd terakhir. Dan itu adalah firman Allah dan memang ada di dalam al Qur’an. Kalau memang itu ciptaan manusia, silahkan coba buatkan satu ayat yang kalimat dan isinya setara dengan Al Qur’an. Coba bandingkan dengan injil (injil sekarang, bukan injil terdahulu yang asli), mana ada yang bisa menghafal ayat injil..? Kalau kitabnya berubah-ubah bukankah itu perbuatan manusia ..?
    Wahai ahli kitab, mengapa kamu mengingkari ayat-ayat Allah, padahal kamu mengetahui kebenarannya. Wahai ahli kitab marilah kita menuju satu kalimat yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukannya, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Lamyalid walam yuulad. Walam yakullahuu kufuwan ahad. Allah tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan dia. Q.S AL Ikhlas ayat 3-4.

    • Jimmy777 says:

      Siapa bilang Injil telah di ubah… Alkitab mencatat : segala sesuatu d bumi bs lenyap tapi Firman Tuhan kekal sampai selama2nya. Isi Alkitab bisa d uji sejarahnya. Kalo quran benar2 asli beranikah umat muslim menguji keaslian quran dan hadis…? jangan cuma pinter berdebat, mengatakan Injil salah. itupun cuma dengar dari ustat, tp g pernah dpt buktinya. tapi kalo di tanya mampukah membuktikan isi quran.. bengong, cm bisa blg itu firman allah gak bisa d ubah. buktikan dulu, takut murtad y?… salam damai untuk keselamatan.

      • OZY says:

        bukti injil telah di rubah…pernah dalam injil YESUS / NABI isa mengatakan dirinya TUHAN???? nggak pernah bukan ?? yesus di angkat sebagai TUHAN oelh manusia dalam sebuah konfrensi nicea sekian abad yg lalu oleh bangsa ROMAWI. lalu pantaskah manusia di nobatkan sbgai tuhan dengan sebuah konfrensi???? lalu bangsa ROMAWIPUN mencampur adukkan ajaran YESUS/ ISA ke dalam agama mereka. Dulu Nabi isa /yesus melarang menyembah patung…sekarang patung2 bergentayangan di setiap gereja dn di elu2kan sebag yesus…ingat patung yg anda sembah terbuat dari kayu atau besi….dan itulah yg anda puja sgbg Tuhan…nauzubillahi minzalik!!!!! lalu YESUS dulu melarang anda makan babi, anjing dan binatang melata…lalu paus merubah nya sesuai kepercayaan romawi yg membolehkan memakan babi, anjing, kadal. tikus ,ular ,kodok dll…apakah ini namanya bukan pemutar balikan agama?…terus yemua org israel dulu di sunat termasuk yesus…kenapa paus merubah ajaran bersunat menjadi tidak bersunat???? ingat sob…semua nabi itu muslim dr NABI ADAM…IBRAHIM, YESUS/ISA, musa, yakub ismael dll,sampai nabi terakhir Muhammad dlll dan ajaran MUHAMMAD itu adalah untuk mengoreksi kebathilan yg telah di buat oleh paus yg mengatakan YESUS sbg Tuhan…itulah yg ingin di luruskan dlm islam…sebab tak ada TUHAN yg patut di sembah selain ALLAH…YESUS adalah makhluk ciptaanya, sama spt sayasaya dan anda…hya saja i.

      • supriyadi jaya Winata says:

        SALAM HANGAT
        COYYYYYYYYYYYY……. INJIL MAH BELUM PATEN
        INJIL ITU PENYEMPURNA TAURET
        SEDANGKAN ALQUR,AN PENYMPURNA KITAB SEBELUMNYA YAITU INJIL, TAURET, JABUR. WAJAR SAJA ISI INJIL ADA YANG SAMA DENGAN ISI AL QU,RAN, ISI TAURET ADA YANG SAMA DNGN ISI AL QUR,AN. ISI JABUR ADA YNG SAMA DNGAN ISI ALQURNA. KARENA ALQURAN RANGKUMAN DARI TAURET, JABUR DAN INJIL
        SEMUANYA ITU DARI ALLAH

        KESIMPULANYA
        ALQUR,AN MAH SUDAH PATEN BOZZZZZZZZZ
        SENGAJA TUHAN PATENKAN TU ALQURAN KARNA KITAB YANG DI TURUNKAN SEBELUM ALQURAN (INJIL,JABUR,TAURET) SELALUUUUUUUUU AJA DI RUBAH ISI NYA OLEH MANUSIA , BAREDEGONGGGG. BANYAK PISAN CONTONA, SEPERTI PADA ZAMAN ISA MENGHARUSKAN LAKI2 UTK DI SUNAH NAHHHHH SEKARANG JADI TIDAK

        COBA ANDA PELAJARI INJIL BARNABAS DAHHHHHH

        SEMOGA BERUNTUNG

      • michael says:

        Saudaraku seiman,justru mereka banyak bukti otentik,karena itu kebudayaan mereka dan sampai sekarang ada di mereka tempatnya(arab dan islam) sedangkan kita kan sudah melenceng jauh ke vatikan roma,dan tidak ada ataipun amat sangat jarang sarjana2 teologi kita yg hapal injil dan dapat membaca injil tulisan asli hebrew armania

  5. dodik says:

    wahai engkau yang membuat karya tulis ini, sungguh aku kasihan padamu… dimana kau terlihat
    kurangnya pencahayaan dalam jiwamu… semua karya tulismu akan terjawab dihari kiamat nanti… bagiku kau hanya manusia yang lagi pesakitan pada jiwa dan otakmu… apa yang kau yakini juga belum tentu ada benarnya, jika kau bisa mengartikan keseluruhan AL-QUR’AN… niscaya kau bisa membedakan mana yg benar dan mana yang salah… sesungguhnya AL-QUR’AN adalah pegangan hidup dikehidupan ini hingga hari kiamat nanti…. BAGIKU AGAMAKU, DAN BAGIMU AGAMAMU….

    • willi sanjaya says:

      katanya islam itu menyerdehanakan agama sebelumnya?????? taurat dan injil melarang berzinah,membunuh,mencuri.mengambil istri org lain. dgn kata lain muhammad melakukan semua keburukan itu,,,ini yg menyerhanakan agama sebelumnya????kemonnnn ,,meniduri wanita semaunya,,budak pun ditiduri anehnya allah menghalalkan muhammad melakukan itu ,,ada ayatnya lagi,,,,, fedopil dianggap nabi…..dan masih ada ratusan keburukan muhammnad ..menikah sama umur anak 6 thn ,,,memalukan..merampok,,,menjarah,memenggal kepala org,,makanya umatnya sama akja sampe skg,,pikiran terprogram…karna alquran mengajarkan segala keburukan,,,dunia ini bisa damai klo islam udah dihapuskan..gambaran islam yg sebenarnya adalah fpi.isis,troris…..baca itu alquran,,,,,pahami selidiki,,,makanya belajar bhs arab,,,jgn dengerin ustad aja…biar tau kebenaran,,,,

  6. boy says:

    wahai para muslim selidikilah al.quranmu apakah berdasarkan sejrah atau dongeng ,, bukankah dongeng dongeng nenek moyang akan menyesatkanmu

    • ye yeeeeeeeeeeeeeeeeeeee says:

      azab menanti anda Islam tdk pernah menghina kaum saudara, saran saya cepat sadar dan jg berbuat dosa, agama mu ya agamamu, biara orang lain percaya dg keyakinannya….tp jg putar balik fakta, saya akui sdr pandai tapi saudara bodoh dan picik.

      • kate siape !!!!!!!!!
        kemane aje!, tuh kuping ama mata taro dimane, ape tinggal di hutan rimba yah
        ane kagak perlu nyebutin, karna ente kenal teknologi. (siapa yang picik)
        Bener ama saleh Bukan Kite yang punye, Urusan sorga ame Nerake Allah yang punye.

    • OZY says:

      wahai org2 kafir…pelajari agamu dgn benar…patutKah kamu menyembah manusia sbgi TUHAN???? masak tuhan telanjang , nggak santun, dekil, kumel, disiksa spat babi, homo, nggak mau nikah., nggak bs melawan segelintir manusia yg melawannya, tuhan apakah itu??? kok tuhan bisa mati dan kesakitan??? pasti itu tuhan palsu…tuhan nggak serendah dan nggak sehina itu…tuhan maha segala2nya…tuhan itu maha hebat, maha kaya, maha kuasa, maha benar…maha segala2nya…masak tuhan pamer kontol yg sudah di cabik2???? kasihan bro…

      • Krisno says:

        Oke..saya pengen tau klw kamu ngerti ajaran mu sendiri. Knp babi jadi d haram kan ..pasti ada sebab dan akibat…bagai mana tuhan menciptakan manusia? Qur’an mu yg d bangga2kan itu apakah tuhan yg menulis? Dan apa kamu yakin ajaran nya benar? Di suruh membunuh kaum kafir maka akan dpat pahala…wah gk ada otak yg nyiptain jelas manusia mna ada tuhan nyuruh umat nya sling bunuh sompak nabi mu itu..propokator pantes teroris d bumi ini indentik dengan islam.

      • Michael Christianto says:

        Wah ini gak ngerti berarti tentang islam, islam itu adalah agama rahmat bagiseluruh alam….gampangnya gini yah liat dr sejarah…yahudi ada di zasirah arab…yesus di jazirah arab,..muhammmad ya di jasirah arab…yahudi mengharamkan babi, islam pun juga, menurut kesehatan babi hanya ounya satu kantung pencernaan, lain dengan sapi yg tiga kantung pencernaan, sehingga toxin makanan gak tercerna dengan sempurna,..mau hal seperti itu di masukkan dalam tunuh anda? Dan bukankah hewan berkuku belah haram bagi mu? Kenapa sih di pelintir2 in?membunuh kaum kafir mana ada dapat pahala kalo membunuh se enaknya, harus ada alasan yg kuat, islam itu agama yg penuh dengan peraturan, larangan dan bimbingan, gak mungkinlahhhh…ngawur!!…

  7. eh monyonk>>>>>>>>>apa sumber tulisanmu bisa dipercaya………….dan otakmu mbok yo dipake……HANYA ORANG2 TOLOL YANG KITABNYA SETIAP TAHUN DIUBAH……..logikanya mana kitab yang jadi panutan,injil 2010,2011,2012 atau sebelumnya atau sesudahnya……lagian didunia ini ada yang bisa dilogika dan ada yang tidak……….siapa yang bisa melogika proses pembentukan bayi waktu masih ada dalam kandungan…….soalnya disitu ada roh dan itu gaib dan mustahil orang bisa melogika itu………..semua hanya kekuasaan ALLOH SWT………dan hanya segelas air mineral biasa itu jika sudah dikasih doa sama kyai,itu bisa menyembuhkan dengan izin ALLOH SWT……….apa otak manusia bisa melogika juga…….jadi segala sesuatu jangan dilogika terus monyonk………..kalo masih ngeyel brarti kamu cocokke di NERAKA JAHANAM beneran!!!!

    • Jimmy777 says:

      Kata siapa Injil udah d ubah… kata uztadmu..
      Apa dia baca smua kitab… dari tahun ke tahun. logikanya aja gak masuk…
      Injil asli itu udah dibuat jutaan salinan sebelum muhamad lahir. bgm bisa d ubah segitu banyaknya. ngawur!. yg berbeda cm bahasanya biar orang Indonesia jg ngerti. gak kayak kodok dalam tempurung, tau baca, jago hapal, e… tapi gak ngerti isinya apa.

      • OZY says:

        wkwkwkw….yesus itu muslim…buktinya dia di sunat, nggak makan babi, kadal, anjing, ular , kodok, kelelawar, tp makan roti yg halal, dia ga pernah menyuruhmu ke gereja nyanyi2 tiap hari minggu, tpi dia menyuruhmu berdoa tiap hari sabat/ sabtu , coba pernahkah yesus nyanyi2 di dlm injil memuji2 dirinya? lagu apa yg pernah di nyanyikannya? ga ada bukan??? yg nyanyi2 hr minggu itu org romawi yg kemudian mencampur adukkan agama kristen degngn agama asli mereka yg nyembah dewa matahari tiap hari minggu, yesus juga memerintahkan menyembah kepada ALLAH…bukan kepada dirinya…tul ga? yesus jga melarang menyembah patung karna dia muslim…tpi si paus itu…ckckckc…pintarnya dia menjungkir balikkan agama….

    • ye yeeeeeeeeeeeeeeeeeeee says:

      benerrrrrrrrrrrrrrrrrr……………………….ngacooooooooooonti berapa ribu org yg mendoa kan si penulis ini biar masuk neraka .pasti kbullllllllllllll

  8. beny maulana says:

    saudara2ku jgn kita menghadapi mereka dengan olokan2 kalau begitu apa bedanya kita dengan si pengarang ini ya biarkanlah semua itu pasti di balas oleh Allah jgn ada dendam antara manusia karena rasull kita Muhammad tidak mengajarkan dendam terhadap kita ada waktu nya untuk kita berperang tapi tunggulah waktunya Visss damai

    • Aina Shofi says:

      Suiiiiiip

    • ngancem perang niye !!!!!!!!! (islam itu indah kalo perang)
      bahasamu indah didepan buntutnya perang dan bunuh kafir
      yaaah Allah
      Surgamu akan diisi orang yang suka memerangi dan para pembunuh (sorganye siape tuh) amin.
      Pengikut muhamad benar-benar seperti pedang nabinye bermate due, indah sekali.
      perang, rampok, bunuh kafir & murtad and perkaos tuh cewe kafir, abis itu surga deh
      amin. Tapi ingat jangan tauran lagi disurga, jangan berebut bidadari orang yeh, ntar
      sorga jadi kacau balau berabe dah.
      maaf ye ane pilih sorga yang selalu memuja dan memuji Allah Yang Maha Esa , Amin.
      Tingal Pilih !!!!!!!!!!
      ayo Tingal Pilih !!!!!!!!!!!
      ayo Tingal Pilih !!!!!!!!!!!
      ayo Tingal Pilih !!!!!!!!!!!

  9. ben says:

    saudara2ku jgn kita menghadapi mereka dengan olokan2 kalau begitu apa bedanya kita dengan si pengarang ini ya biarkanlah semua itu pasti di balas oleh Allah jgn ada dendam antara manusia karena rasull kita Muhammad tidak mengajarkan dendam terhadap kita ada waktu nya untuk kita berperang tapi tunggulah waktunya Visss damai

  10. novita says:

    memikirkan hal diluar kemampuan otak manusia adalah sia2…..Islam mengajarkan kedamaian dan tak akan mengusik agama lain…..Ingatlah wahai kau yang membuat karya tulis ini…..

  11. fikri says:

    Al Quran,..bukan karangan manusia,..Al Quran adalam firman Tuhan yang siappun tidak bisa merobah sekalipun Nabi,..Al Quran abadi dan utuh samapai kiamat,..lain halnya Kitab Injil yang sudah direkayasa oleh manusia, terutama orang-oarang Eropah..
    Amaluna Amaluhum,..amal lu buat lu amal gua buat gua,..yg jelas Al Quran untuk umat muslim sampai akhir jaman (kiamat)….

  12. Koko Komarudin says:

    Koko :
    Apapun yang ditulisnya mungkin benar bagi dia. ga usahlah pura-pura tegas sebab semua orang terkadang menganggap bahwa akulah paling benar

  13. hadeeeh. . . kenapa ya ribut2. . .kenapa kita ga melihat agama2 laen yang damai dan rukun seperti hindu, buddha, dll. . . tunjukkan bahwa islam adalah agama yang damai tanpa ada pertikaian masalah sejarah mekkah, jadikan ajaran islam dan kristen adalah ajaran kasih dan saling menghargai sesama umat dan berbeda umat. toh Tuhan kita sama. . semoga damai. .

  14. Agus Hidayat says:

    ribut mulu. udah pokoknya kalo kamu punya pemikiran A sampai z telen sendiri. ga usah nulis di publik biar orang baca terus murtad? kalo mau telaah sejarah agama sendiri. enggak usah menilai agama yang lain. atau agama kamu udah habis ya? dilogika kamu? dan enggak masuk akal menurut kamu? ya udah ga usah tela’ah sejarah agama lain. itu namanya enggak puas trus kamu bungkus dengan metoda ilmiah-sejarah gitu biar keliatan intelek? tulisan kamu enggak bakal merubah keyakinan yang udah dianut 1 milyar orang. Lakum dinnukum waliya dien. kalo gak ngerti : agama mu ya silahkan kamu obrak abrik. agama-ku ya tetep aku percaya. memang untuk aku..bukan buat loe. (kecuali loe gak punya agama)
    hidup rukun , jangan lempar api dalam sekam. gitu aja kok repot

    • Jimmy777 says:

      Bro.. hukumnya dosa kalo loe tau kebenaran tapi gak sampein ke sodara loe.

      • OZY says:

        kristen itu agama pemimpi…masak tuhan di siksa demi menyelamatkan umat manusia???? nyelemetin diri sendiri ga bisa…wkwkwkw…gimana mau nyelametin manusia??? bodoh….lo anjing kafir…

  15. alfhan says:

    buat sayng muslim atau non muslim. semua bisa dijawab secara logis dan akal yang sehat. jangan berkata AL-Qur’an dan Al-Hadist tidak perlu diragukan lagi, memang pada dasarnya seperti itu. Namun untuk menjelaskan kepada yang bukan muslim bukan begitu caranya.
    Intinya sebuah agama itu datang bukan dari manusia, hanya manusia dijadikan perantara. dan agama diciptakan untuk mengatur segala yang ada di bumi, bukan memodifikasi agama agar sesuai dengan kehidupan yang diinginkan, secara logis, mana mungkin manusia memodifikasi dasar agama agar sesuai dengan keinginan?.
    tuhan bukanlah manusia dan bukan benda. jika tuhan manusia, kenapa gak menyembah aku aja. ayo sini berlutut kepadaku…?hayooo logis gak?
    bukan juga benda.ada mobil ferari keren, superjet, gunung, pohon, apalagi benda yang bisa dicetak ulang. mereka hanya sebuah benda yang dapat dihancurkan dan kalo pabrik pembuatnya ditutup?mw nyembah apa?

  16. iip says:

    JANGANLAH BERSELISIH!!!!!!!!!

  17. surry.subekty@yahoo.com says:

    HAI ORANG KAFIR.. MASUK LAH KAU DI KERAK API NERAKA!!!!!… KALIAN MEMANG KAFIR YANG PERLU DI BASMI!!!!

  18. Towil says:

    Walaupun ada yang bilang islam itu ginilah,islam itu gitulah.tapi semua itu tak akan pernah ngerubah keyakinan ku bahwa:

    Allah itu Tuhan ku
    Muhammad itu Rosul/Nabi ku
    Al Qur’an itu Kitap ku
    Dan Islam adalah Agama ku.

  19. BANTEN says:

    tidak ada tuhan selain ALLAH….! yesus kutu kupret,.. tadinya isa, jadi iso,.. jadi yesus maklum lach CANGKOKAN… Tolong cari di dalam kitab injil pengakuan YESUS sebagai TUHAN,.. karna yg saya tahu yesus di lantik menjadi tuhan oleh raja roma CONSTANTIN, jadi bukan tuhan awal dunia …….anak nya, yg keberapa ?? CUCU nya MANA ????? kake nYA MANA ?????

    • Jimmy777 says:

      Lebih ngawur lagi nih… dengar sejarah dari mana. Injil itu di tulis sebelum si constantine itu lahir, kok dia lantik Yesus jd tuhan. kamu tau baca quran gak? Yesus itu yang terutama di dunia dan di akhirat. emang yang bisa terutama d dunia dan akhirat itu ada selain Tuhan siapa lagi.

      • OZY says:

        sejarah agamau sendiri aja gak tau udah mau ngomong agama org lain…tau gak…yesus itu di angkat jadi tuhan dlm sebuah konfrensi nicea bangsa romawi…yg akhirnya memutuskan mengangkat yesus/ isa sebagai tuhan…bacalah sejarah dgn teliti agr nggak nyesel di kemudian hari…begitukah caramu memilih tuhan…dgn mengadakan semacam konfrensi meja bundar spt memilih presiden? kalau begitu…nanti paus juga akan nyalon jadi Tuhan menggantikan yesus yag masa jabatananya udah hampir kadaluarsa???? hanya saja paus perlu membuat hidupnya lebih sengsara dri yesus agar org2 kristen yakin berkat kesengsaraan PAUS dia layak di angkat jadi TUHAN…ayo kita susun konfrensinya bro…jangan ketinggalan….kita rekayasa dulu bagaimana agar terlihat kehidupan PAUS itu sangat sengsara dan org 2 lalu memlihnya jadi TUHAN pengganti yeusus…si tuhan palsu

  20. harmilan says:

    Sebelum anda menulis tentang sejarah Islam, sebaiknya anda belajar dulu isi Al-Qur’an dengan membaca dari awal sampai akhir dan berulang-ulang sampai anda fahami setelah itu barulah anda mengetahui bahwa yang anda tulis hanya berdasarkan angan-2 kosong dan isapan jempol. Biar anda tahu bahwa Qur’an itu bukan karangan manusia tetapi murni ciptaan Allah yang mencipatakan bumi dan langit serta semua makhluk di alam semesta ini, sehingga riwayat yg diuraikan Allah tentang Kab’ah adalah mutlak benar! Banyak para ilmuan telah membuktikan bahwa Qur’an bukanlah karangan Nabi Muhammad, seperti contoh ada penjelasan bahwa ada dua air laut yang satu asin, dan yang lainnya tawar namun tidak bercampur didalam lautan, dan akhirnya dapat dibuktikan para peneliti bawah laut ternyata benar sesuai ayat Qur’an. Kalau gunakan akal kita bertanya” Mungkinkah 1400 tahun yang lalu Nabi Muhammad mengetahui hal tersebut?

    Banyak lagi kalau anda ingin sekedar tahu tentang kehebatan Al-Qur’an sebagai sumber segala ilmu pengetahuan , maaf bukan mengajak anda masuk Islam!! Silakan agama yang anda percaya saat ini. Sebab Kitab Al-Qur’an adalah petunjuk yang benar untuk seluruh manusia dan tidak ada isinya yang tidak bisa diterima akal, seperti contoh disebutkan “Mengapa kamu menyembah selain Allah sesuatu yang tdk dpt menimbukan bencana kepadamu.?” Al-Masih putra Maryam hanyalah seorang Rasul dan keduanya (Nabi Isa dan
    Maryam) mereka adalah manusia biasa yang memakan makanan.”[Al-Maidah:75-76] . Jadi sama dengan kita manusia sehingga kalau kita mau gunakan akal seharusnya yang kita sembah adalah yang menciptakan Nabi Isa & Maryam yaitu Allah Swr.Demikianlah kalau anda ingin membuktikannya bacalah Al-Qur’an dengan sungguh-sungguh barulah anda menemukan kebenaran yang sesungguhnya.

    • Jimmy777 says:

      Cuma itu aja ya…?
      gak pelajari yang lain lagi…. orang nulis krn ada bukti sejarah bukan dongeng.

      • OZY says:

        yg akhirnya jadi buku dongeng itu injil coz udah di kotori oleh tinjanya si paus . lihat aja…apakah hati anda tergetar saat membaca injil??? nggak kan? membaca injil tak ubah nnya seperti membaca koran…abis di baca di lempar begitu saja…karna ga ada yg perlu di fikirkan lagi….bohooooooong dan gak bermutu…penuh rekayasa..sesat…najis oleh fikirannya si paus????? masak dalam injil di sebutkan : kemaluan tuhan yesus sebesar batang pohon kelapa???? masuk akal ga????
        spt yg tertulis dlam injil : waktu itu melintaslah seorang gadis di hadapan YESUS. Yesus lalu menghampiri dan memperlihatkan penisnya yang sebesar batang pohon kelapa. YESUS lalu memperkosa si gadis, si gadis ingin berteriak tapi apa daya…dia tak mungkin menolak kehendak TUHAN….!!!! hehehe…
        apa iya kontol tuhan yesus sebesar pohon kelapa????? naujubillahi minzalik….benar2 kitab cabul

    • Islam penghancur sejarah manusia
      mangkanya taunya sebatas Islammu saja
      mana logikamu. katanya Islam bisa diterima secara logika. Apa ada pemahaman Logika versi Islam sendiri.
      Bagaima mungkin kamu mengerti Al Quran dan Hadis seratus persen. Kita paham kalo pake bahasa dan tulis kita sendiri
      Logika aja Ente belajar disekolah sampai PT pake bahasa apa, dapat nilai berapa. Bahasa selalu berubah dan ejaannya juga istilahpun demikian.
      Jadi Al Quran bahasa Arab Purba
      Makanya tafsir Al Quran suka-suka penafsir aja, dan anda yang tak jelas ( paham atau tak paham) bahasa dan tulis Arab purba dalam Al Quran bagaimana.
      bagaimana anak-anak dapat mengerti. (coba anda selidiki Isa Almasih di Al Quran terjemahan biar jelas kalau perlu dari beberapa penterjemah Islam sendiri berdoalah pada Pencipta secara islam minta hidayah ). Salut bagi anda muslim yang melakukan dan biarlah Allah Pencipta yang Memiliki Kebenaran

  21. hamba Allah says:

    semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita

  22. anakbangsa says:

    Siapapun yg menulis artikel ini, saya katakan dengan bahasa Terang, tidak semudah itu anda menggoyahkan keyakinan orang-orang muslim, karena cerita-cerita kisah-kisah banyolan-banyolan anda dan anda-anda semua yang tidak pernah senang dengan Islam (dan terus-menerus mengusik Islam karena ketakutan yang amat sangat) selalu didasarkan pada fakta-fakta atau sumber-sumber yang sangat tidak bisa dipercaya kebenarannya, anda-anda itu selalu membuat bualan-bualan yang dikemas sedemikian bagus, tetapi beruntunglah orang-orang muslim karena sejarah yang benar, terpercaya, bisa telusuri, memang menunjukkan kebenaran Islam. Islam sangat ketat dengan urusan yang satu itu, dan tidak ada kesepakatan jika terkait dengan kepalsuan, hanya karena kepentingan politik, kekuasaan, dan duniawi lainnya. Berbeda dengan keyakinan-keyakinan dari antara saudara yang lain, yang mana hal-hal yang bertentangan dengan aslinya (maaf: asli menurut mereka) alias palsu atau hal yang diada-adakan, masih bisa disepakati oleh para pihak dengan mengatasnamakan kekuasaan rumah ibadah, yang semuanya memang untuk kepentingan politik, kekuasaan, pencapaian mayoritas, dan hal-hal duniawi.
    Jika ingin tahu Islam, maka belajar lah dari sumbernya langsung, jika bingung bertanyalah pada ahlinya.
    Bacalah…!!! Bacalah Al-Qur’an, bacalah alam ini, bacalah jagad raya ini. Karena Al-Qur’an adalah bukti yang nyata bagi orang-orang yang berpikir (berpengetahuan). Sungguh pembuktian kebenaran Al-Qur’an tidak habis dalam kurun waktu yang bersamaan, karena itu lah Al-Qur’an tetap terjaga sampai akhir zaman, bagaimana Al-Qur’an menyebutkan 2 aliran air yang tidak bertemu satu sama lain dan itu baru terbukti sekian tahun lalu, bagaimana Al-Qur’an menyebutkan bahwa kita tidak akan merasakan sakit/panas jika kulit kita terbakar sampai pada lapisan yang ke sekian dan itu terbukti baru-baru ini, dan sangat banyak lagi pembuktian-pembuktian lain, dan akan datang pembuktian-pembuktian berikutnya dalam jumlah yang sangat-sangat banyak juga entah 1 tahun, 10 tahun, 100 tahun, 1.000 tahun atau 10.000 tahun yang akan datang sampai akhir zaman.
    Al-Qur’an adalah mu’jizat terbesar sepanjang sejarah Nabi-nabi dan Rasul, karena bisa dibuktikan dan diuji sampai akhir zaman.
    Jika itu mu’jizat tongkat jadi ular, menghidupkan orang mati, menyembuhkan orang kusta, menghidupkan patung burung, mengeluarkan air dari jemari, dan beberapa mu’jizat lainnya, itu selesai sekali itu saja dan tidak berulang dan tidak bisa dibuktikan ulang pada saat ini.
    Maka saudara-saudara yang mempunyai keyakinan sama dengan keyakinan keturunan-keturunan Israel, berhenti lah mengusik-usik Islam karena sering kali kalian sangat usil, dan suka berperasangka buruk terhadap Islam.
    Terkadang kalian hanya mempelajari Islam secuil saja kemudian kalian bumbu-bumbui dengan beranekaragam bumbu masakan padang, rica-rica, dan lainnya, kemudian kalian kasih komentar yang buruk-buruk…. Sungguh betapa sibuk dan usilnya kalian.
    Kalian tidak pernah bersyukur dan berterima kasih bahwa kalian selalu aman dan sejajar diperlakukan secara manusiawi di lingkungan mayoritas Muslim, sebab Islam secara Terang dan Tegas mengajarkan toleransi yang Benar.
    Amat berbeda dengan muslim minoritas, hidup dalam tekanan dan diskriminasi di lingkungan NON MUSLIM.
    Karena saya yakin toleransi memang tidak diajarkan secara Terang dalam keyakinan kalian.
    Dan memang itu lah Islam sebagai penyempurna atas ajaran-ajaran sebelumnya, tentunya ajaran sebelumnya yang benar yang asli dari Allah, bukan yang sudah digarap dan dikeroyok abis sama tangan-tangan picik manusia atas nama rumah ibadah.

    Semoga ini menjadi penyadaran supaya kita tidak menjadi bangsa yang usil, karena masih banyak kemajuan yang harus kita capai dalam kehidupan berbangsa dan berbegara.

  23. bambang suwarno says:

    setuju dengan anak bangsa,
    agama mu ya agama mu, agama ku ya agama ku
    jangan buat sesuatu hal yang kita bukan ahli didalamnya.
    jangan ada unsur SARA dalam suatu artikel ilmiah.

    Seorang muslim seperti saya ini tidak akan rela jika agamanya diandai andaikan dan dibanding-banding kan dengan sejarah yang belum tentu keabsahannya, islam adalah agama akhir zaman.
    Allahu akbar.

    • Aisha says:

      Ayat itu sudah dibatalkan oleh banyak sekali ayat2 pedang yg dibuat Muhammad di Yatrib.

      Untukmu agamamu untukku agamaku . dibuat ketuka Muhammad dlm keadaan lemah secara militer tapi ketika dia kuat mulailah muncul watak aslinya Islam yaitu Terori, barbar, sadis dan penuh kepalsuan.

  24. Girl_Cute says:

    iman, harapan,kasih…yang terbesar adalah KASIH….saya yakin dan percaya temen2 semua adlh orang2 yang mengenal tuhan….so,tahu mana yang baik mana yang buruk….mana dosa mana yang tidak,tuhan hanya satu! hanya cara kita yang berbeda,cara berpikir,cara mengimani,cara berdoa dll….tuhan tetap mengajarkan kasih,segala karya tuhan tentu ada sejarah dan cerita nya…tetapi tidak bisa kita cerna dengan pikiran (kacamata duniawi) hanya dengan kacamata iman kita saja. hanya tuhan yang berhak utk menentukan apakah kita, saya atau anda nantinya masuk neraka atau surga.dan hanya tuhan juga yang berhak mengatakan kita kafir. siapa diantara kalian semua yang tidak berdosa,tidak kafir silahkan katakan dan hujat sesamamu dengan kata2 itu. memang lebih mudah melihat balok yang besar di bola mata sesama kita dibandingkan selumbar kecil yang ada dimata kita tidak dapat kita lihat. Cukuplah dengan iman mu kamu jalani. dan iman mu lah yang akan menyelamatkanmu. Terima kasih

  25. Girl_Cute says:

    tujuan kita beragama itu pasti untuk lebih dekat dengan tuhan,mengenal tuhan,menjadi anak tuhan….Tuhan itu berbuat segala kebaikan,jika kita sudah jadi anak tuhan maka sudah selayaknya juga kita hidup baik sebagaimana tuhan ajarkan kepada kita. utk orang lain yang tidak berkenan bagi kita,cukuplah berdoa dan biar Tuhan yang punya kuasa. tunjukkan kalau anda dan kita semua adalah orang2 beriman dan bertaqwa. apakah dengan argumen2 di atas yang saling hujat saling menjelekkan itu sudah cermin dari sifat atau sikap iman dan taqwa?jika belum,,mari kita belajar bersama……dan saling menguatkan dalam iman. terima kasih

  26. mike tyson says:

    Bismilah hirrahman nirrahhim
    orang / manusia yang membuat cerita dia atas , Insyaallah akan mendapatkan petunjuk yang benar tentang islam, bearti beliau ingin belajar ISLAM, cuma masih belum mendapatkan informasi yg benar, Hati nya galau dan tidak tenteram ingin mencari Tuhan dan kebenaran ISLAM, semoga akan mendapatkan hidayah saudaraku, kita jagan bertengkar,,,, biarlah waktu berjalan dan suatu saat berakhir….

  27. mike tyson says:

    Bismilah hirrahman nirrahhim
    orang / manusia yang membuat cerita dia atas , Insyaallah akan mendapatkan petunjuk yang benar tentang islam, bearti beliau ingin belajar ISLAM, cuma masih belum mendapatkan informasi yg benar, Hati nya galau dan tidak tenteram ingin mencari Tuhan dan kebenaran ISLAM, semoga akan mendapatkan hidayah saudaraku, kita jagan bertengkar,,,, biarlah waktu berjalan dan suatu saat berakhir….

    • ucok says:

      ada 2 pekerjaan manusia : 1. hidup di dunia ini
      2. hidup di akhirat nanti
      maka berbahagialah orang yang selamat didunia dan diakhirat nanti………
      hai orang-orang yang ingin selamat didunia dan diakhirat ini yang harus kmu ikuti…dengarkan ayat ini baik-baik dan renungkan sedalam-dalamnya dalam hatimu.
      1. Qs. 3:45 berbunyi :
      “idz qolatil malaikatu ya maryama innalloha yubasysyiruki bi kalimatim minhus muhul masihu ‘isabnu maryama wajihan fiddunya wal akhiroti wa winal muqarrobin”
      “Ketika Malaikat berkata: Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat dari pada-Nya namanya Al masih Isa Putra Maryam. Seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang yang terdekat dengan Tuhan”.

      2. Luqman 31: 34 berbunyi ;
      “Innallaha ‘indahu ‘ilmussa ‘ati wa yunazzilul ghoitsa…”
      “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan Hari Kiamat itu…” Qs.

      3. Az Zukhruf 43:61
      “wa innahu la ilmul lisaati fala tamtarunna biha wattabi un, hadzaa shiraatum mustaqiim.”
      “Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberi pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang hari kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus.

      4. Hadist Shahih Bukhari (HSB) 1496 dan Hadits Anas Bin Malik hal. 72:
      Isa faa innahu Rohulullah wa kalimatuhu.
      Isa itu sesungguhnya Roh Allah dan Kalam Allah.

      5.HSM 127, HSB 1090
      “Wal ladzi nafsi bi yadihi layusyikanna ayyanzila fi kumubnu maryama hakamam muqsithon”
      “Demi Allah yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya telah dekat masanya Isa Anak Maryam akan turun ditengah-tengah kamu. Dia akan menjadi Hakim yang adil.”

      6.Qs. At Tiin 95:8″
      Alaysallahu bi akh khamil khakhimin”
      “Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya”

      KESIMPULAN DARI SELURUH AYAT DIATAS :
      1. hanya kepunyaan Allah lah Dunia dan Akhirat
      2. Isa terkemuka didunia dan diakhirat ( Qs. 3:45 )
      3. hanya pada sisi Allah pengetahuan tentang hari kiamat ( Luqman 31: 34 )
      4. Isa benar-benar pengetahuan tentang hari kiamat ( Az Zukhruf 43:61 )
      5. hanya Allah yang dapat ber Firman ( taurat,Injil,Quran )
      6. Isa sesungguhnya Firman Allah dan Roh Allah (HSB) 1496 dan Hadits Anas Bin Malik hal. 72:
      7. hanya Allah Hakim seadil-adilnya ( Qs. At Tiin 95:8″ )
      8. Isa Hakim seadil-adilnya. ( HSM 127, HSB 1090 )

      renungkannnnnnnnnnnnnnnnnn……….

      • OZY says:

        laaillahaillahah muhammadurrasulullah…tiada Tuhan yang patut di sembah kecuali ALLAH dan Nabi Muhammad adalah utusan ALLAH.
        kalian org kristen apa punya syahadat yg menegaskan ke Tuhanan yesus sebg sebenar2nya Tuhan????
        ga kan???? itu karna yesus tuhan palsu…dia sudah mati…
        kalian berdoa dlm bhs inggris? apa yesus mengerti bhsa inggris? dia pasti bengong saat di tanya what is your name?
        yesus ga ngerti bhsa indonesia, bahasa turky, bhasa italy dll….seumur hidup yesus / nabi isa hanya bicara dlm bahasa ISRAEL…jadi sia2 saja kalian berdoa dan mengganggapnya tuhan…sebab dia nggak ngerti bahasa kalian…dasar bodoh!!!!

  28. dora says:

    kalo ucok itu percaya ma ayat2 itu…subhanallah..berarti anda juga percaya ma al-quran…kitab yg diturun setelah injil…

  29. Aina Shofi says:

    Astaghfirullah mengapa anda mutar balikkan sejarah AlQur’an.
    Laknatullah…
    Ku yakin…..karna ku percaya pd AlQu’a.
    Jadi apapun yg anda ceritakan tersebut NONSENSE.
    Allahua’lam
    Segala kebenaran hanya Allah azza wa jalla yg mngetahui.

  30. nyonk, ngaca donk !!!!! ente siapa, ank bau kencur SOK TAU ursan gtu, pling2 bwt blog cma mo cri uang d intrnt, tlisan kyak gtu g akn lku, klo g ada krjaan mendink lho ksni aj q ajri ttg islam, plink otak lho encer smpe ngleleh ke tumit lho, skli lg, NGACA DONK !!!!!!!!
    Q hran kok ada y orang goblok brani nmpilin diri di publik knp tdk, udh tau pnganut islam sgitu bykx msh nulis kyak gtu pa g slah, tlisan mcam gtu g akan ngrubah kykinan SETIAP MUSLIM !
    ISLAM tdk prnah mncci n mnylahkan agma lain, knp lho buat gra2 ? asal lho tau y, islam itu adalah penyempurna agama sebelumnya, n islam itu selalu menghargai penganut agama lain, emg lho g tau TTG ITU BLOK, GOBLOK !!!!!!!!!

  31. Joe Bari says:

    waw masuk page sampah dah

  32. pieter says:

    Sebaiknya penulis simak d youtube seorang author yahudi bernama Avi Lipkin, dia bermimpi mau take over ka’bah dan madinah krn berdasarkan al-kitabnya adalah milik israelist katanya, bhw haji di yahudi juga diwjbkan dlm PL di bilang Hagg… ternyata gunung sinai di semenanjung sinai mesir adalah keliru yg bener jabal musa menurut Islam di bukit jabal al-lawz berikut wwancara youtube: Return to Mecca with Avi Lipkin http://www.youtube.com/watch?v=EfnkOR9QXko,
    org yahudi si Avi Lipkin yg memusuhi islam saja pingin ngerebut mekah dan madinah ente malah membantah tentang ka’bah, tapi usah Avi ini nasibnya sama dg raja abraha bakal di hancurin oleh Allah…

  33. nur says:

    yac…. begitulah kalo orang yang mau menghancur islam banyak akal….dan mengakali….

  34. asoy says:

    kekekek…ilmu masih cetek dah berani nyombong….belaga sok tau…makin tinggi ilmu makin banyak dia diam..karena dia tahu ada yang lebih tahu yaitu yang maha tahu…sang kebenaran sejati…..kekekeke…

  35. apa aja says:

    Klw btul alquran Dr TUHAN.. Bknx karang manusia.. Knp yg ad di ALKITAB.. itu ad jga di ALQuran.. Sdngkan ALkitab dluan ad Dr pd ALquran.. Apkah TUHAN yg mnjipLak ALkitab..?

    • JESUS imanuel says:

      betul banget…

      • supriyadi jaya Winata says:

        TAURET , INJIL, ALQUR,AN KE TIGANYA DARI ALLAH
        AL KITAB KARANGAN MANUSIA DENGAN REVERENSI INJIL
        ISA MENYEMPUNAKAN TAURET MENJADI INJIL
        SEDANGKAN MUHAMMAD MENYEMPURNAKAN KE DUANYA (TAURET INJIL)
        WAJAR SAJA ISI ALKITAB ADA DI ALQUR,AN KARENA SAMA DARI ALLAH. KENAPA ADA ALQUR,AN KARENA KITAB TAURET, INJIL, AL KITAB BELUM SEMPURNA ( ISI NYA BISA DI RUBAH OLEH MANUSIA) KALAU AL QUR,AN DI JAMIN SUDAH PATEN. TIDAK BISA DI RUBAH2 KALAU NGAK PERCAYA SILAHKAN RUBAH ISI ALQUR,AN JANGAN BANYAK2 SATU AYAT SAJA BOLEH, KALAU BSA SILAHKAN EMAIL SAYA

    • Yesus gundul says:

      Ya karena Al-quran itu membenarkannya kitab-kitab Tuhan yang sebelumnya termasuk Taurat dan Injil yang asli bukan yang ada sekarang yang bikin eneg karena dibuat dengan hawa nafsu manusia.Adalah suatu mukjizat Nabi Muhammad SAW yang buta huruf dan hanya tau ilmu berdagang dapat mengetahuinya.Beliau tidak pernah membaca satu kitabpun seumur hidupnya dan tidak pernah belajar pada siapapun.

      • Rahmat Halim says:

        siapa yg bilang si mamad “buta huruf”? saat saya msh sbgai muslim saya pernah umroh dan melihat sendiri peninggalan2 nabi di madinah yg salah satunya adalah beberapa surat nabi untuk beberapa kerajaan yg ditandatangani dan dicap oleh nabi sendiri. …kalau dia buta huruf apa dia bisa tulis surat? kalau surat itu dituliskan oleh orang lain apa dia bisa baca? kalau surat itu dituliskan dan dibacakan oleh orang lain apa dia juga yakin dengan surat itu? sementara hidup dan kehidupannya itu berdagang dan dalam dunia perdagangan itu tidak hanya berlaku aktifitas barter tapi juga catat mencatat dan hitung menghitung yg tentunya juga pakai media tulis menulis dan baca membaca.

        sepertinya “buta hurufnya” itu memang akal-akalan. makanya quran itupun kalau ditulis juga selalu pakai tanda “kurung”, kalau asli ya biarakan aja terjemahannya sesuai dengan standar bahasa arab nya sono kenapa harus pakai tanda “kurung”??? itu tandanya ada yang sama sekali tidak bisa diartikan apa2 lalu kemudian ditafsirkan jadinya ya tambah eneg.

        sudahlah 1 contoh saja, tunjukkan ayatnya di quran yang menjelaskan dan memerinci salah satu rukun iman yaitu sholat dengan sebutan namanya satu persatu serta waktunya satu persatu,….coba cari! gak bakal ada….

        sholat yg begitu pentingnya dari semua ayat quran yg isinya hanya penuh caci makian buat kaum kafir ternyata sama sekali kosong melompong gak pernah disebutkan atau diperintahkan oleh Tuhan bahwa kalau waktu dan jam ini maka harus sholat ini dengan sebutan atau namanya ini serta caranya begini….gak ada sama sekali…..hanya satu ayat aja yg dipakai “pembenaran” di surah 17 hanya di ayat 1 saja….itupun dalam ayat tsb cuma ngibul cerita perjalanan dari masjidil haram ke masjidil aqsha…..mana perintah langsung dari perkataan Tuhan dalam quran tentang sembahyang 5 waktu???

        argumennya paling cuma di hadist, padahal anda cari hadistnya juga kagak ada yg dengan jelas nyebutin perintah 5 waktu itu…kalau anda muslim cari!

  36. taeminho says:

    ajaran sesat nih… bahaya….

  37. bang sah says:

    alhamdulillah ternyata banyak dari mereka yang mau mempelajari islam, penulis di atas yang walaupun isinya mencela dan mencerca islam itu sangat wajar karena ia membandingkan dengan agama yang dia yakini sendiri.. tapi seiring waktu apabila dia masih mau mempelajari sejarah islam dengan netral tanpa unsur kebencian insyaallah dia tinggal beberapa langkah lagi untuk masuk di dalamnya.. (masuk islam).. teruslah kaji, pelajarai, dan putuskan. selamat berjuang kawan

  38. AA says:

    Untuk apa agama diturunkan?????…………..
    Kepada siapa Agama itu diperuntukkan……..
    untuk apa manusia hidup di muka bumi………
    Kenapa manusia di haruskan beajar agama……..

    Kita manusia hidup dimuka bumi, beranak cucu, berbangsa-bangsa, ….
    Kita hidup dianjurkan saling hormat menghormati sesama manusia……..
    Kita hidup dianjurkan saling kasih mengasihi sesama manusia……..
    Kita juga hidup dianjurkan untuk tunduk pada Tuhan sang pencipta……

    Jadi Agama itu adalah pegangan hidup kita, yang mengajarkan mengenai hubungan kita antar sesama manusia dan Tuhan Sang Pencipta. Yaitu hubungan Vertikal dan Horisontal…….

    Jadi kenapa “Agama” harus diperdebatkan……
    Tuhan menganjurkan kita untuk saling menghormati, saling mengasihi, saling mengenal. sesama manusia, bukan dipertanyakan agamanya apa????

    • Rahmat Halim says:

      Sangat setuju skali dng posting anda, cuman kalau kita renungkan ulang, hiruk pikuknya kehidupan dunia ini sejatinya hanya karena perseteruan islam dengan yahudi…itu saja kok. islam mulai menjadi fenomena untuk mendominasi seluruh sisi kehidupan, nah parahnya jalan yg ditempuh itu adalah berperang dengan yahudi atau israel, sehingga dunia ini sejatinya juga terbelah antara palestina yg islam atau israel yg yahudi. Kebetulan satu2nya agama di dunia yg selalu melawan hegemoni islam hanya yahudi saja.

      Kristen sih sebenarnya sudah “keok” alias sudah sangat lelah untuk mengibarkan panji agama dalam ranah kehidupan apapun di dunia sebagai dominasi, sudah belajar asam dan garamnya dalam kehidupan ini, mulai perang salib sampai dengan perang antara agama Kristen sendiri sehingga Kristen berkaca…mau menggunakan gagasan Tuhan dalam perjanjian lama yang sangat dominan atas Israel sehingga bangsa2 lainnya harus bertekuk lutut dalam ranah “bangsa terpilih” atau gagasan Tuhan dalam perjanjian baru yang justru mengobarkan ajaran “cinta kasih” terhadap siapa saja termasuk terhadap musuh sekalipun.

      Kristen sadar, Tuhan itu sama sekali enggak rumit dan repot seperti kejamnya dunia itu sendiri. Dia disebut sebagai Sang Maha Pencipta, tentunya Dia juga tidak hanya bisa menciptakan satu bumi atau satu dunia tempat dimana kita manusia hidup ini dan Dia hanya berperkara dengan manusia di bumi ini saja.

  39. supriyadi jaya Winata says:

    Saya perlu bukti bukan cuman sekedar sejarah,
    Sejarah mah gampang bisa di rubah2 oleh manusia
    Coba anda pergi ke luar angkasa baru dech ngerti kebenaran.

  40. danang says:

    Adeeeeeh…udah baca panjang2..tulisan anda salah semua…ya udh gpp..bsk belajar lg yeee…

  41. bayu says:

    udah jelas alquran tuh kalam Allah eh masih aj ad yang belum percaya,,,kalau ada kalam yang sama atau bisa nandingin bawa dong sini ,,,,,,ga ada kan????????meskipun profesor sekalipun

  42. doyz says:

    Kata nya ga boleh menyembah apa pun selain Allah SWT.. Tp knp ya Hajar aswad di sembah di cium. Itu kan batu benda mati..!! Truz kabah itu kan sebuah Bangunan rmh tinggal manusia yaitu Nabi ibrahim dan istri siti Hajar sama nabi ismail..!! Ngapain di puterin.!! Hadehh..!!

    • Yesus gundul says:

      Ka’bah dan Hajar Aswad tidak pernah disembah.Shalat menghadap ka’bah hanya perintah yang menyatukan semua muslim di dunia.Tahukah kamu tanah tempat ka’bah berdiri adalah pusat permukaan planet bumi berdasarkan golden ratio dan medan magnetiknya nol disitu.Mengitari ka’bah itu menghasilkan pusaran energi seperti elektron mengitari proton atau planet mengitari matahari.

  43. doyz says:

    Kristen dan islam itu adalah kaka beradik. Masih ingat kah anda. Riwayat Nabi ibrahim?? Ini saya jelaskan. Nabi ibrahim mempunyai 2 istri yaitu siti Sarah dan siti Hajar. Siti sarah mempunyai anak yaitu nabi ISHAK dan siti hajar mempunyai anak bernama nabi ISMAIL. Nabi ISHAK itu nenek moyang dari nabi ISA AL-MASIH(Yesus)..!!!! Nabi ISMAIL nenek moyang nya nabi MuHammad SWT. Jadi jng saling menjelekan bro. Kita semua saudara. Sama sama menyembah Sang pencipta..!!! Pada bego lo semua. Brantem mulu tentang agama..!! Tolol…!!!!

  44. luikhman says:

    alquran itu memang perkataan auloh dan jibril. dan, bagi orang Kristen, auloh islam gak sama dengan TUHAN-nya orang Kristen. jadi, bagi yang muslim silahkan mempercayainya tanpa memaksa orang lain untuk percaya. yang sedang dibahas dalam diskusi ini adalah kebenaran yang sedang diungkapkan. beditu juga bagi yang Kristen, gak usah sibuk ngurusin islam, toh yang menentukan apakah islam itu benar ato tidak adalah setelah hari penghakiman / kiamat. BUKANKAH YESUS AKAN DATANG DAN MENGHAKIMI? SEBAB IBLIS ADALAH BAPA SEGALA DUSTA YANG BERUSAHA MEMUTAR BALIKKAN FAKTA. SIAPAKAH IBLIS ITU? BIAR MASING2 SENDIRI MERENUNGINYA.
    SEBAB, BAGAIMANA ORANG BISA DAN BERANI MENGATAKAN ALLAHNYA SEBAGAI MAHA PENGASIH LAGI PENYAYANG, MAHA PENGAMPUN, TAPI SAMBIL MEMBUNUH ORANG DAN MELAKUKAN AKSI2 ANARKIS, TERUS MENERIAKKAN NAMA ALLAHNYA? BUKANKAH ITU SEDANG MENUNJUKKAN BAHWA ALLAHNYA BUKANLAH MAHA PENGASIH, BUKANLAH MAHA PENYAYANG, BUKANLAH MAHA PENGAMPUN? TAPI SEORANG PEMBUNUH YANG KEJAM
    DAN,
    BAGAIMANA ORANG BISA MENGATAKAN BAHWA ALLAHNYA MAHA KUASA KALO MEREKA HARUS MEMBELA ALLAHNYA, NABINYA, DAN AGAMANYA? BUKANKAH ITU SEDANG MENUNJUKKAN BAHWA ALLAHNYA SAMA SEKALI TIDAK MAHA KUASA TAPI LEMAH SEHINGGA HARUS DIBELA/ DITOLONG?
    DEMIKIANLAH KITA BISA MENGETAHUI SIAPAKAH IBLIS, BAPA SEGALA DUSTA ITU!!!!!

    • michael says:

      Mungkin salah persepsi kita yah,orang muslim itu percaya bahwa untuk kedua kalinya tuhan yesus akan datang ke dunia untuk mengadili lucifer/atau dajjal(menurut kepercayaan mereka)bukan untuk mengadili mereka,dan juga menurut paham mereka tuhan yesus datang untuk meluruskan ajaran tuhan yesus yg kita percaya bahwa kita salah konsep tentang keimanan kita.

  45. panjul says:

    di bela disini bukan berarti ALLAH itu lemah bung ALLAH itu maha kuat ..sejarah itu buatan manusia gampang di rubah rubah tapi Al qur’an ga ada yang bisa merubah, mau merubah sebelum merubah sudah di binasakan dulu orang itu, saya tetap walaupun anda bilang apapun Al qur’an dan hadist tetap pedoman hidup ku

  46. roy says:

    jalani aja apa yang anda yakini….!

  47. rdgwrgtw says:

    pengen nyalib yg buat blog trus gantung di gereja,,,
    habis itu telanjangin,,,,jangan kasih kolor kaya yesus,,(masa umatnya mau samain kaya tuhannya adehhhh adehhh nanti yesus vesi 2 lagi wkwkwkwkwkwkwkkkk)
    habis itu pantat nya kasih petasan teko,biar di tusbol sama alay2….
    kalau dah dah senin kamis. turunin dulu kasih air,,,( yg bagus buat neh orang air kecing tikus ( kalau kencing manusia masih kebagusan )
    bis itu geret lagi ke atas,,,,,diemin aja,,,mpe mampus,,,,,

  48. madya says:

    ingat islam adalah agama rahmatan lil alamin,rahmat untuk semua alam,sudahi saja perselisihan ini.mudah2han yang membuat blog ini mendapat hidayah dari Allah swt…amien

  49. anonim says:

    Gawatttt gawatttt, yang benar bisa jadi salah, yang salah seolah2 merasa benar….
    Kaga usalah saling caci maki, yang benar hanya HAK ALLAH,
    yang ISLAM tunjukanlah AKHLAK NABI MUHAMMAD SAW, penyabar, santun, dsb.nya.
    yang NASRANI tunjukanlah KASIHNYA YESUS,
    Antar umat ga usah saling merasa benar, Yang benart itu kepunyaan ALLAH
    Ahhh pendek ajalah gak usah panjang panjang……….

  50. daya pikir orkis mana bisa paham soal al-qur’an,apa lagi sejarah islam,otak mereka kan udah di isi tentang kepalsuan sama paulus…jadi percuma aja klo kita umat nabi muhammad bercerita tentang al-qur’an,,,,mereka tak akan pernah paham.

  51. michael says:

    Saudara seiman,dahuku kala saya juga pernah membuat tulisan yg sama,tapi ada satu masalah yang saya lupa bahwa saya orang luar yg mengumpulkan bukti, ada banyak celah kesalahan yg kemungkinan terjadi akan tulisan kita,di banding dengan keyakinan mereka akan identitas dan keyakinan mereka akan sejarah mereka…tolong saudara lenbih menyempurnakan lagi.

  52. MAMAD TUKANG KAWIN DAN TUKANG PERANG says:

    lihat saja dari buahnya: islam telah menciptakan teroris2 yang justru mengacaukan perdamaian dunia, negara2 islam selalu bergejolak bunuh membunuh, ledakan bom hampir setiap hari terjadi. Itulah buah ajaran mamad si peadofil si gila sex anak 9 th aja diembat tapi tragis matinya konyol diracun oleh perempuan yahudi yang ingin membuktikan kenabiannya. ternyata ini nabi palsu buktinya setelah diracun ya koit. weleh weleh nabi palsu yang ajarannya keji kok ya diikuti ya. udah gitu kelahirannya ga jelas kan ga ada nubuatnya.pantesan pengikutnya suruh doain biar dia selamat. “Tidak ada keselamatan di bawah kolong langit ini selain dari Dia (Yesus)’. baru YESUS yang berani ngomong gini . Si mamad paedofil berani nggak?

    • Aisha says:

      si Mamad pedofil jagonya ngetampok, kawin sama ngedongeng doang.

      Makanya ga mampu bikin mujizat sampe mati diracun pun alloh ga mampu sembuhin.

  53. Vegas Hero says:

    Bingung
    Hampir setiap hari ditanah air ini aparat menangkap terduga teroris (muslim radikal)
    Keyakinan mereka perbuatannya atas perintah Aulloh. Kalau benar perintah aulloh kenapa polisi menangkap mereka sebagai penjahat yg membahayakan masyarakat maupun negara ?
    Bukankah Pemerintah sebagai wakil Allah ?

  54. Kalau melihat kondisi sekarang didunia ini, masyarakat muslim belum terlihat mampu memberikan kontribusi yang besar dalam menyejahterakan kehidupan umat manusia. Muslim sangat tergantung dalam segala aspek kepada kemajuan yang telah dicapai non Muslim. Bahkan tambang dan kilang minyak di Timur Tengah (yang membuat Saudi Arabia dan negara lainnya cukup sejahtera). Apakah anda membantahnya? Kalaulah Allah sangat berkenan kepada Muslim apakah “DIA” akan membiarkan umatnya dalam kondisi seperti itu? Sangat tergantung bangsa lain yang notabene Non Muslim. Bahkan Atheis sekalipun lebih mampu dibanding Muslim. Cobalah untuk mengkaji Muslim dengan kajian ilmiah. Jangan hanya menjawab dengan kalimat “keaslian Al’Quran dijaga oleh Allah”. Kajian ilmiah harusnya mampu untuk membuktikannya. Jangan takut untuk menguak kebenaran kalau itu diperlukan. Banyak sekali Muslim menghujat Non Muslim, namum dia seenaknya menggunakan Internet dan teknologi lainnya yang merupakan kreasi Non Muslim. Benci tapi suka. Anda sangat suka mengatakan “munafik”?

    • Rahmat Halim says:

      Kesadaran yang hakiki! Dulu saat saya masih seorang muslim juga selalu membabi buta dengan dalil yang selalu dan selalu dijadikan kata kunci yaitu “Asli”, ini agam asli, ini ajaran asli, ini nabi yang asli….dst bahkan jadi “ngawur” yang menjurus ke maniak alias gila kesadaran, semua ilmu pengetahuan dan teknologi itu sesungguhnya para penemu dan penggagasnya adalah asli berasal dari islam.

      Ilmu pengetahuan dan teknologi dari islam??? itu hanya orang odoh yang sama sekali tidak mau belajar sejarah lalu mengklaim dengan kata “asli”.

      Kenyataannya bisa dilihat oleh umat sejagat, kalau asli dari islam kenapa bangsa arab dan negara dng penduduk mayoritas islam kok sampai sekarang jadi kambing congek?

      Ribut nentuin halal dan haram bahkan ribut nentuin tanggal keagamaan, sementara yang non muslim bahkan yang ateis sudah saling berlomba menguasai ruang angkasa di luar bumi.

  55. kasiman says:

    Abraham dan Ismael tdk pernah ke Mekah dasarnya Kitab Kejadian, padahal masa hidup Ibrahim dan Ismael kira 1950 SM, sedang kitab kejadian baru ditulis 456 SM, penulisnya juga bukan nabi Israel, tapi para pendeta Yahudi (ga tahu namanya). Coba pikirkan: 1500 tahun selisih waktu masa Ibrahim dan penulisan kejadian, jika penulisnya seorang Nabi tentu bisa dipercaya, ini hanya pendeta Yahudi. Dari buku ini lalu dijadikan pedoman : Ibrahim dan Ismael ga pernah ke Mekah ?????? Hah !!!
    Menarik utk dikaji, tapi jangan cepat percaya, sebab orang Kristen bukan sedang cari kebenaran tapi cari; BANYAK PENDUKUNG DAN MENANG. Satu hal yg menarik dikaji: orang Zoroaster, Hindu, Yahudi sebelum Islam sering berkunjung ke Kabah. http://reviewofreligions.blogspot.com/2012/06/hubungan-arab-india-islam-dan-hindu.html. Utk Yahudi lihat Mazmur 84: 4 -7.
    Muslim tdk perlu kalut dg tulisan di atas, kebohongan ajaran penuhanan Manusia jaubh lebih banyak dari pada fakta sejarah.
    Pd akhirnya hidup ini hanya memilih: agama mana yg lebih bisa dijadikan kendaraan bila kita mati dan Menghadap Sang Pencipta?

    • michael says:

      Sudahlah percuma berdebat dengan kaum kristen itu…jelas aja gak bakalan nyambung…dr fundamental kepercayaannya saja sudah ngawur…kata yang punya kitab taurat aja di musuhi…terlalu banyak bukti bahwa kristianity itu beda dengan abraham musa yesus dan muhammad…dan terlalu buta mereka untuk melihat kebenarannya…macam ahmadiyah aja ngaku2 islam..padahal bukan..begitulah cara iblis bekerja…yg penting kita umat muslim harus perkuat keimanan islam kita…islam artinya tunduk,berserah diri dan patuh kepada Allah SWT..selanjutnya biarkan Allah SWT yg memutuskan…

    • Aisha says:

      Ini yg bilang kitab Kejadian baru ditulis thn 450 sm dapat info dari mana ? Jgn asal ngomong aja tanpa bukti persisi Muhammad yg bilang kaabah dibangun Abraham & Ismael.

    • Rahmat Halim says:

      Yang jelas bukan agama islam yang dapat dijadikan kendaraan, jangan selalu keburu dunia kiamat atau hancur, coba renungkan kalau dunia dan hidup kehidupan itu ternyata masih terbentang jutaan tahun ke depan? Di mana ilmu dan teknologi sudah mengantarakan manusia bukan hanya bisa bepergian ke planet lain tapi bahkan bisa tinggal ke planet lain dan bahkan bisa bepergian ke beberapa galaksi lain.

      Terus pikir baik2… masih perlukan agama yang namanya islam yg cuma agama “dunia” saja?… berkutat dengan kiblat di bumi, waktu durasi sembahyang ditentukan oleh bumi, mau puasa atau buka juga ditentukan oleh waktunya bumi? bgaimana kalau di planet lain atau galaksi lain? yang mataharinya dan/atau bulannya lain?

      Hanya orang waras saja yang bisa bilang: “oh ternyata ajaran YESUS atau ISA lah yg paling masuk akal untuk menyongsong jutaan tahun ke depan” karena tidak ada sekat dan ajaran konyol yg mewajibkan pengikutnya untuk mengikatkan diri dengan dunia. Berdoa bisa menghadap ke mana saja dan di mana saja serta kapan saja. Mau berpuasa tentukan sendiri puasanya kapan saja dan di mmana saja.

      Rumah Tuhan itu sejatinya ada di hati kita masing2, bukan di suatu tempat atau materi, Tuhan kok rumahnya di kotak hitam? mengerikan sekali dan sangat merendahkan Tuhan sebagai Sang Maha Pencipta dan Zat Yang Sangat Maha Kuasa. Dia tidak butuh rumah di dunia, hanya pikiran bodoh islam saja yang mengerdilkan Tuhan bisaNya cuma menciptakan satu dunia atau satu bumi.

  56. kakikukaku says:

    Fakta sudah terpampang gamblang, membuktikan kalau islam itu kosong mlompong dan amburadul. Selanjutnya terserah saja si muslim, masih mau tetap jadi bahan ketawaan atau nggak.

  57. Krisno says:

    Sebenarnya yg d debat kan apa sih? Agama? Tuhan? Nabi? Coba pikir scara logis.
    Fakta 1. Katanya semua nabi itu adalah islam, hello…islam muncul setelah nabi muhamad terjebak dalam goa dan menciptakaan al quran yg sbanrnya adalah kitab yg lain d tulis ulang dan d satukan. Bagaimana mungkin nabi seblum nya islam sedangkan yg menciptakan agama islam ada lab nabi terakhir…
    2. Knp babi d haramkan…sebanrnya nabi muhamad dan istrinya dulunya sangat menyukainnya smpai pda suatu ketika istri nabi muhamad berkata semua daging babi habis pdahal d simpan dan murka muhamad d haramkan daging babi selama 7 turunan.nah perlu d garis bawahi bahwa daging babi hanyar haram slama 7 turunan dan sekarang coba htung.
    3. Agama itu hnya simnol sbagai pedoman hidup untuk mengatur hdup yg lbih baik tp apa nyatanya dlm al quran d tuliskan untuk membunuh bangsa kurais mka akan dpat pahala…hukum apa sih yg membolehkan membunuh ..bukan kah itu propokator . Yg sya tau jgn bkan manusia semut saja d bunuh sdh berdosa krna dia mempunyai nyawa…ajaran nya saja sdh slah untuk apa d percayai.
    4. Tuhan sebanarnya mempunya bapa tuhan menciptakan manusia selalu gagal dan menjadi binatang …ruhan menciptakan manusia oun d berikan petunjuk dari bapa nya d genggamlah tanah d tercipta adam…adam juga ingin menciptakan manusia mkanya jdilah hawa….nah setelah uti mereka menciptakan 41 ank 20 wanita 20 lelaki 1 bencong ….

    5.apakah kalian tau taurat meramalkan kebenaran ..setela ini akan ada perang agama dan stalh perang agama maka akan muncul raja cina…knp d quran d katakan akn kiamat jikabumat islam sdikit …ya jelas lah kan mereka yg kiamat bukan kaum lain…krna nanti d saat raja cina memimpin umat islam sangat sdikit d bumi ini krna kalah perang.

  58. Rahmat Halim says:

    Kalau saya sih sudah mendapatkan “jalan yang lurus dan benar” yaitu melalui YESUS atau ISA. Dulu saat saya masih sebagai muslim, argumen saya atau dalil saya juga sama dengan rekan2 muslim, selalu bacot soal ayatnya asli lah, sempurna lah, sang nabi juga suci lah, ….. butuh perenungan yang panjang dan mendalam untuk “sadar” bahwa islam itu adalah agama “duniawi”, sama sekali bukan agama “surgawi”.

    Saya mikirnya dan memahaminya sangat simple dan sederhana, karena memang Tuhan itu sungguh tidak amat sangat rumit. Kalau hidup dan kehidupan manusia dan dunia ini atas KuasaNya dapat hidup dan berlangsung terus-menerus, katakanlah sampai dengan tahun 999999, dan manusia bukan lagi hanya bisa pergi ke bulan atau planet lain, namun juga bisa tinggal di planet lain atau bahkan galaksi lain dengan matahari lain atau bulan yang lain, maka saat itulah yang namanya agama “duniawi” seperti islam akan sama sekali tidak ada gunanya.

    Bagaimana untuk sembahyang kalau kiblatnya ada di dunia dan harus menghadap bumi? bagaimana menetukan saat sembahyang 5 waktu kalau matahari dan/atau bulannya bukan di galaksi kita? bagaimana menentukan puasa kalau terbitnya matahari dan terbenamnya matahari di suatu planet itu bisa lebih atau kurang dari 24 jam? belum lagi kalau di planet tersebut memiliki bulan lebih dari satu, bisa dua, atau empat?

    Masikah perlu berdebat membenarkan islam yang hanya melulu “duniawi” saja dan tidak bisa dipakai di planet lain atau belahan galaksi lainnya?

    Jangan keburu bilang saya melamun dan mengada-ada, saat si mamad naik unta sudah sesumbar mengagungkan bulan sampai2 bulan menjadi idola islam dalam bentuk bulan sabit…. eh ternyata matahari lah yg jadi sumber kehidupan di galaksi kita, sedangkan bulan cuma “satelit” bumi, jadinya kalau menentukan tanggal keagamaan islam jadi bengong? yg sebelah sini msh belum bisa lihat bulan yg sana sdh bisa melihat, dan yg lainnya jengkel lalu pakai hitungan sendiri….itulah agama yg melulu berpedoman pada “dunia”.

    Saya yakin haqqul yakin. Tuhan Sang Pencipta itu tidak hanya bisa menciptakan satu bumi atau satu dunia saja, sehingga Dia hanya berperkara dengan satu dunia saja dan buth rumah di dunia di sebuah kotak hitam….Dia Sang Maha Pencipta …. Dia sama sekali tidak butuh manusia apalagi rumah kotak hitam di gurun pasir bangsa arab!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s