Bagian VI Bab 1 Pengikut Pertama Muhammad di Mekah dan Jin Islam

Bagian VI – Kebangkitan Islam

1. Pengikut Pertama Muhammad di Mekah dan Jin Islam

Sebelum membahas bagaimana Islam bangkit, aku terlebih dahulu tentang klaim Muhammad bahwa para Jin (setan²) menjadi Muslim, mengetahui Qur’an, dan dongeng Muhammad tentang para jin menjadi penulis satu Sura dalam Qur’an. Hal ini penting untuk melihat pengaruh agama Jinn Arab dalam kebangkitan Islam.

Muhammad meniru dongeng Zoroastria Persia tentang meteor² yang bagaikan suluh api menimpuki para setan yang menguping saat wahyu diturunkan.

Mari kita lihat Surah al-Najm, yang berarti Surah Bintang dalam Qur’an. Dalam Surah ini, Muhammad mengatakan bahwa sebuah bintang datang padanya, memberinya wahyu. Kita akan mengerti isi Surah ini lebih baik jika kita mengetahui latar belakang keadaan pada saat itu. Ketika para nabi agama Bintang Arab melihat meteor membara di malam hari, mereka mengira meteor ini adalah bintang. Mereka mengira meteor itu datang dari langit untuk dua hal: (1) meteor² itu digunakan untuk melempar setan yang menguping di surga ketika para dewa mengirim wahyu kepada utusannya, atau (2) meteor² itu datang untuk memberikan ilham bagi para nabi untuk bersabda.

Pandangan ini juga dianut umat Zoroastria yang menyembah bintang Tistrya, sebagai dewa bintang². Menurut kepercayaan Zoroastria, Tistrya secara unik muncul pada tanggal 10 Agustus setiap tahun untuk memberi ilham pada manusia. Ketika hal ini terjadi, maka timbullah pertarungan sengit di mana lebih banyak meteor² yang ditembakkan pada para jin yang berusaha mengintip wahyu illahi. [1]
[1] Tir Yast V:8, lihat juga catatan kaki nomer 4 – komentar dari Mr. Geiger, Zend Avesta, Bab II, hal. 95

Muhammad mencontek dongeng Zoroastria. Dalam Surah al-Jinn (72), dia mengatakan bahwa meteor² bertambah banyak ketika Qur’an dibawa oleh malaikat Jibril melalui tujuh lapi surga dan menembus langit, sehingga bisa dibawa kepada Muhammad. Bertambah banyaknya jumlah meteor itu disebabkan oleh bertambah banyaknya setan yang menguping di langit sehingga mereka dilempari bintang² oleh para malaikat.

Image
Image
Image
Image

Muhammad mengatakan setan menjadi penulis Qur’an, Surah al-Jinn untuk menipu umatnya yang bodoh.

Muhammad mengaku bahwa Jin² atau setan² menemuinya di bawah pohon, lalu mereka percaya akan ucapannya dan lalu menjadi Muslim. Setelah itu, mereka menulis sebuah Surah, yang disebut Surah al-Jinn (nomer 72). Dalam ayat 8 dan 9 Surah ini, mereka menjelaskan bagaimana mereka menemukan Qur’an ketika mereka menguping di langit:

(8) dan sesungguhnya kami telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api,
(9) dan sesungguhnya kami dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi sekarang barang siapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya).

Keterangan Muhammad bahwa para jin atau setan tersebut menjadi Muslim dan penulis Surah al-Jinn diucapkannya untuk menipu orang² bodoh Jahiliyah di jamannya. Bertahun-tahun sebelum dia mengaku bertemu para jin di bawah pohon, Muhammad telah melafalkan Qur’an setiap hari. Mengapa tiba² sekarang para jin mendengar Qur’an untuk pertama kalinya, ketika kepala mereka dilempari dengan bintang² berapi oleh para malaikat Allah?

Hal lain yang patut direnungkan rekan² Muslim adalah tempat di mana para setan itu duduk. Menurut Qur’an, mereka itu duduk di “beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya).” Jika ini benar, apakah mereka tidak melihat malaikat Jibril turun ke bumi setiap hari melalui langit² surga? Apakah mereka tak bisa mengikuti dan melihatnya ketika Jibril datang ke rumah Muhammad? Apakah mereka tidak bisa langsung berkomunikasi dengan Muhammad tanpa harus dilempari kepalanya dengan bintang²?

Muhammad menyampaikan dongeng² dan aturan² yang dilakukan para dukun agama Jin Arab agar orang² menaruh perhatian pada perkataan mereka.

Membuntuti Jibril dari “langit² surga” ke rumah Muhammad tentunya lebih mudah dilakukan setan, karena menurut Qur’an, berita dan bimbingan spiritual datang dari surga dibawa para malaikat. Para setan mendengar sebagian berita ini dan mencurinya untuk menyampaikannya pada para dukun penyembah setan di bumi. Hal inilah yang dipercayai para penganut agama Jin Arab. Kathir adalah seorang dukun setan Arab sebelum Muhammad lahir. Kathir menjelaskan bahwa seorang malaikat melempar seorang jin yang mengintai “langit² surga.” Karena kepalanya kena hajar, maka informasi yang dicurinya dari para malaikat yang sedang ngobrol, jatuh ke bumi. [2] (adoeh, loethoe bangeth nih)
[2] Halabieh I, hal. 337

Para dukun penyembah setan² Arab disebut sebagai “Kuhhan.” Mereka menyebarkan dongeng tentang para Jin atau setan mengintip langit² surga dengan ancaman disambit bintang oleh para malaikat. Para dukun menyampaikan kisah ini untuk meyakinkan langganan Arab mereka untuk datang dan mencari tahu tentang informasi yang dikumpulkan para setan dengan susah payah itu. Ajaran² agama Jin Arab ini serupa dengan apa yang diyakini Muhammad. Muhammad berkata: “Kabar datang dari satu surga ke surga lain yang lebih rendah sampai mencapai langit² bumi. Para setan mengintip sampai mereka menemukan informasi, lalu mencurinya, dan memberikannya kepada para dukunnya.” [3] Muhammad juga melakukan cara yang sama seperti yang dilakukan Kuhhan agama Jin Arab. Agar Qur’an-nya tampak berbobot, dia mengatakan dalam Qur’an bahwa para jin juga mengintip malaikat Jibril turun dari surga ke bumi untuk menemui Muhammad dan memberinya ayat² Qur’an.
[3] Bukhari, 4, hal. 79; Halabieh I, hal. 339

Dongeng ini berasal dari agama Zoroastria, disebarkan oleh agama Jin Arab, dan dipakai oleh Muhammad dalam Islam.

Pengamatan Kelompok yang Mengikuti Muhammad Sebelum Dia Berhubungan dengan Suku Aws and Khazraj.
Rekan² Muslim seharusnya merenung saat penting di mana para jin dan setan bertemu dengan Muhammad. Hal ini terjadi setelah Muhammad gagal meyakinkan warga Mekah bahwa dia adalah seorang nabi. Di saat itu, pengikut Muhammad berjumlah delapan puluh orang, kebanyakan dari mereka adalah kriminal dan pengacau yang memperkosa orang² dalam kafilah yang lewat. Al-Bukhari, hadis sahih tentang perkataan dan biografi Muhammad, menyebut tentang Abu Basir, seorang kriminal dan pemimpin gang. Abu Basir lalu jadi Muslim dan berkemah di luar Mekah. Dia menyerang tiba² kafilah² Mekah setiap hari untuk mencuri barang² mereka. Di Hadis al-Bukhari tertulis:

Abu Jandal, orang yang menjadi Muslim, bergabung bersama Abu Basir, dan memaksa setiap orang yang memeluk Islam untuk bergabung dengan Abu Basir, sampai mereka akhirnya menjadi gang. Setiap kali mereka mendengar kafilah keluar dari Mekah untuk pergi ke Damaskus, mereka menyerangnya secara tiba² dan membunuh orang² dalam kafilah itu, dan mencuri uangnya. [4]
[4] Bukhari, 3, 183

Para pengikut Muhammad yang pertama berasal dari kelompok yang bernama Saalik. Mereka merasa iri dengan masyarakat Mekah yang jadi kayaraya karena berdagang dengan orang² Syria, Palestina, Iraq, dan Yaman. Orang² Saalik ini pemalas, tak mau bekerja, tapi mau enak²an menikmati kekayaan orang lain. Mereka terkenal suka merampok barang orang lain. Diantara para pemimpin mereka adalah Urwah Bin Zayd al-Uzedi yang juga adalah seorang Arraf عراف , yakni dukun atau perantara bagi Jin dan setan. [5] Kelompok Saalik yang dipimpin dukun Jin menunjukkan bahwa mereka merupakan bagian dari kepercayaan okult/mistik. Inilah sebabnya mereka bersedia ikut Muhammad, karena Muhamma sendiri mengaku sebagai nabi bagi manusia, jin dan setan, [6] dan dia malah menganggap para jin Muslim sebagai saudaranya. Dia berkata bahwa dia menyebut jin Muslim, “Saudara²mu, para jin.” [7]
[5] Al-Masudi, II, hal. 182; Al-Asbahani, Al Aghani, 3, hal. 73
[6] Halabieh 2; hal. 130
[7] Halabieh 2, hal. 65

Gang Saalik ini juga suka free sex. Itulah sebabnya mereka menyerang rumah² di Mekah dan memperkosa para wanitanya. Mereka menganggap Islam sebagai alasan untuk merampoki kafilah. Mereka mengikuti peraturan Muhammad yang mengatakan Muslim hanya boleh punya istri di waktu yang sama sebanyak empat orang saja, tapi mereka tetap boleh memiliki budak sex tanpa batasan jumlah; mereka menganggap peperangan sebagai cara yang tepat untuk mendapatkan budak² sex.

Fakta tentang para pengikut pertama Muhammad di Mekah tertulis jelas di berbagai literatur Islam yang menjelaskan tentang kehidupan Muhammad. Contohnya di buku Al-Bukhari tertulis bahwa Muhammad hijrah ke al-Medina dan didukung oleh dua suku al-Medina. Beberapa tahun kemudian ketika Muhammad dan pengikutnya ingin masuk Mekah untuk naik haji, masyarakat Mekah mengirim Urwa bin Masud, pemimpin mereka yang terhormat, untuk bernegosiasi dengan Muhammad. Urwa mengenal pengikut Muhammad dari Mekah, dan dia melihat beberapa kriminal yang berbahaya diantara mereka. Salah satunya adalah al-Magirah, dan Urwa melarang Magirah masuk Mekah karena pengkhianatan dan perbuatan jahatnya dahulu membunuh dan merampok orang² Mekah. Al-Magirah lalu bergabung bersama Muhammad, menjadi Muslim, dan ikut hijrah untuk menghindari hukuman di Mekah. [8]
[8] Bukhari 3: hal. 179, 180, 183

Salah seorang pemimpin Arab berkata pada Muhammad, “Mereka yang mengikutimu adalah para pencuri² yang mencuri harta para peziarah.” [9] Para pencuri ini mengikuti Muhammad tanpa pernah bertobat dari perbuatan² jahatnya. Sebaliknya, dengan ikut Muhammad, mereka mendapatkan “penghalalan” bagi dosa² mereka.
[9] Bukhari, 4; hal. 158

Ketika Muhammad gagal meyakinkan orang² akan Islam, maka dia merubah strategi dengan mengajukan tawaran yang menjijikan.

Ketika Muhammad melihat gang Saalik mengikutinya, dia lalu merubah strategi untuk merekrut lebih banyak pengikut dari suku² Arab. Dia mengunjungi kota² dan tempat tinggal mereka dengan tawaran yang aneh. Suku² itu harus percaya terlebih dahulu bahwa Muhammad adalah nabi Allah, dan mereka harus bersedia untuk berperang bersamanya untuk memaksakan Islam ke suku² Arab lainnya. Sebagai upahnya, Muhammad menjamin bahwa anak² dari berbagai suku yang ditaklukkan akan menjadi budak² mereka, dan para wanita dan putri²nya dari suku yang ditaklukkan akan menjadi milik mereka. Selain itu, mereka pun akan mendapat uang dan harta jarahan sebagai upah bagi pemenang perang.

Adalah menarik untuk disimak bahwasanya suku² Arab menolak tawaran Muhammad itu. Mereka menganggap menyerang suku lain untuk merampas dan memperbudak para wanita dan anak²nya sebagai hal yang memalukan. Diantara suku² yang dikunjungi Muhammad adalah suku Bakri bin Wael. Tawaran Muhammad bagi mereka ditulis oleh berbagai biografer di jamannya. Salah satu biografer menulis:

Kau mengagungkan Allah di atas dirimu sampai kau menghuni rumah² mereka, menikmati istri² mereka, dan membuat anak² mereka budak²mu. Satu²nya persyaratan adalah kau memberkati Allah tiga puluh kali dan memujinya tiga puluh kali dan berkata, “Allahuakbar” tiga puluh kali. [10]
[10] Halabieh 2, hal. 158

Inti tawaran Muhammad adalah yang menang boleh merampas para wanita dan rumah² pihak yang kalah, dan juga memperbudak anak² mereka. Muhammad tidak lagi berdakwah, tapi sekedar mengajukan tawaran menjijikan yang dibungku dengan kata² relijius. Untungnya, tawaran Muhammad itu ditolak suku Bakri.

Saat Setan² Muncul untuk Membantu Muhammad

Suatu hari Muhammad pergi ke suku Thaqif di kota Taif untuk mengajukan tawaran yang sama seperti yang disampaikannya kepada suku Bakri. Ketika masyarakat Thaqif menolak untuk mendengarnya, Muhammad kembali ke Mekah dengan rasa kecewa. Dalam perjalanan ke Mekah, dia duduk di bawah pohon di tengah gurun pasir. Penulis Sirat mengatakan bahwa para jin datang mengunjunginya di pohon itu, dan pohon itu lalu memberitahu Muhammad. Muhammad melafalkan ayat² Qur’an pada para jin. Setelah mendengarnya, para jin berkata, “Ini adalah Qur’an dan kita tidak bisa mendengarnya dulu karena disambit dengan bintang².” Mereka kemudian percaya pada Muhammad dan memeluk Islam. [11]
[11] Halabieh 2, hal. 59-61

Dalam bahasa Arab di masa Muhammad, jin juga dikenal sebagai setan. Al-Jahith, penulis Arab kuno, menerangkan tentang kepercayaan bangsa Arabia di jaman Muhammad. Dia berkata bahwa mereka menyebut para setan sebagai “jin-setan,” “setan” atau “jin” saja. [12] Penyair Arab terkenal yakni Jarir mengatakan dalam salah satu syairnya bahwa dia memiliki setan yang sanggup membuat jampi² dan setan ini adalah sejenis jin. [13] Al-Tabari juga menyampaikan keterangan yang sama bahwa sang Iblis adalah seorang jin dan ketua para jin. [14]
[12] Al-Jaheth, al- Haiwan, 6: 190; dikutip oleh Jawad Ali, al-Mufassal, vi, hal. 709
[13] Al- Shebli, Ahkam al- Jinn, hal. 114
[14] Tarikh al-Tabari I, hal. 56 and 61

Qur’an juga menyebut jin sebagai setan. Qur’an, Surah Al-Kahif (18), ayat 50 mengatakan bahwa Setan adalah salah satu dari para jin. Dalam buku riwayat hidup Muhammad, Iblis dijabarkan sebagai “bapak para jin.” [15] Kita bisa menyimpulkan bahwa Iblis adalah kepala para jin, dan bahwa jin memang adalah setan.
[15] Tarikh al-Tabari I, hal. 56 and 61

Jika Allah memang ingin membuat para jin itu jadi Muslim, mengapa dia lalu menimpuki kelapa mereka dengan meteor tatkala mereka mengintip untuk mencuri dengar Qur’an? Allah seharusnya senang karena mereka mau mendengar Qur’an ketika berada di surga. Mereka di sana bisa menjadi Muslim. Usaha melempari kepala jin dengan meteor merupakan hal yang tak masuk akal.

Apakah para setan ini tak mengenal Muhammad, padahal dia setiap hari melafalkan ayat² Qur’an di Mekah? Jika seluruh kerajaan setan bersatu, dan setan² melihat semua yang terjadi di bumi dan melaporkannya kepada raja setan, bagaimana mungkin para setan tidak tahu tentang Muhammad sebelum mereka menemuinya di bawah pohon, ketika Muhammad sedang sedih dan kecewa karena penolakkan masyarakat Thaqif? Kisah ini sebenarnya malah menunjukkan bahwa para setan sudah berhubungan dengan wahyu² Muhammad sejak awal. Para setan ini tentunya datang padanya untuk menghibur dan mendukungnya di saat² kritis.

Para jin setan ini tiba² saja jadi pengarang sebuah Surah dalam Qur’an, dengan bahasa yang serupa dengan isi Qur’an lainnya, menyerang Yesus sebagai putra Tuhan, dan menyombongkan diri dengan merasa suci. Qur’an menyuruh kita percaya bahwa setelah jin mendengarkan Qur’an, mereka tiba² saja bisa jadi penulis salah satu Surah Qur’an. Jadi saat itu jin dirubah menjadi penulis Qur’an setaraf Allah. Sura Jin adalah Sura para setan dedemit. Di dalamnya mereka menyerang Yesus Kristus sebagai Putra Tuhan. Mereka adalah pemberi wahyu dan penulis Qur’an, dan menegakkan sebuah doktrin agama. Dalam Surah tersebut, setan dan jin-lah yang dianggap sebagai pihak yang benar sedangkan ketuhanan Yesus salah.

Untuk membela ketidakmampuannya menunjukkan muzizat, Muhammad berkata bahwa bahasa Arab dalam Qur’an merupakan tanda kenabiannya. Muhammad mengatakan bahwa Qur’an diberikan padanya dalam tatabahasa Arab yang berkualitas tinggi, yang bahkan tak dapat ditiru para jin. Akan tetapi, gaya bahasa dalam Surah al-Jinn ternyata sama tuh dengan isi Qur’an lainnya.

Orang mudah tertipu karena mereka tak membaca Alkitab, di mana mereka bisa mempelajari tipu-muslihat setan.

Menurut Alkitab, Setan adalah pendusta dan tidak pernah melakukan perbuatan yang baik. Dia tersingkir dari keberadaan Tuhan untuk selamanya. Setan juga bisa muncul sebagai sosok yang suci untuk menipu manusia yang kurang berpengetahuan, tapi setan tak akan bisa jadi makhluk yang mencintai Tuhan atau berubah menjadi makhluk berbudi, seperti yang terjadi di Qur’an, Surah al-Jinn. Di kitab Wahyu, Alkitab memperingatkan kita tentang “sifat setan,” di mana dia mencoba menipu orang agar tidak belajar Alkitab. Hanya Alkitab saja yang menunjukkan tipu muslihat setan dan menunjukkan cara² untuk menanggulangi tipu muslihatnya. Semakin jauh kita mempelajari Islam, semakin tampak jelas bahwa para Muslim awal di jaman Muhammad begitu mudah tertipu.

Reputasi Muhammad sama seperti reputasi jelek pengikutnya di Mekah

Hubungan Muhammad dengan orang² yang mengikutinya, yang terkenal sebagai tukang rampok dan jarah kafilah², yang memperkosa para wanita dan gadis di Mekah, mewujudkan reputasi baginya yang sesuai dengan reputasi pengikutnya.

Al-Halabiyah, penulis riwayat hidup Muhammad, melaporkan reaksi suku² Arab terhadap tawaran Muhammad bagi mereka untuk memeluk Islam. Jika mereka bersedia, maka Muhammad menjamin pada mereka anak² para suku yang dikalahkan akan menjadi budak² mereka, dan istri² dan para anak perempuannya akan jadi budak sex mereka. Al-Halabiyah menulis:

Tak ada seorang pun diantara suku² itu yang menerimanya, dan mereka berkata, “Masyarakat seseorang jauh lebih mengenal tentang orang itu. Apakah kau pikir orang itu cocok bagi kami, padahal dia telah merusak masyarakatnya sendiri?” [16]
[16] Halabieh 2, hal. 158

Dengan kata lain, penolakan suku² Arab terhadap Muhammad berdasarkan pengakuan Muhammad sebagai pembaharu agama, tapi dia sendiri menyalahgunakan dan menyesatkan masyarakatnya. Aku pribadi yakin bahwa mereka berpendapat begitu karena faktanya Muhammad bersahabat dengan kelompok kriminal di Mekah, yang terkenal dengan perbuatan cabulnya dan kebiasaannya merampas harta orang lain. Banyak dari mereka yang setelah memeluk Islam, mulai menyerang kafilah² yang melakukan perjalanan dari Mekah ke Syria.

This entry was posted in BAGIAN 6. Bookmark the permalink.

59 Responses to Bagian VI Bab 1 Pengikut Pertama Muhammad di Mekah dan Jin Islam

  1. Randyz says:

    Sy bnr2 tdk hbis pikir org2 sprt anda msh sj menggunakn pmkran yg terlalu “DANGKAL” ttg Allah, Islam, Muhammad, Muslim dan Jin. Jika anda tdk tahu ttg Islam yg sbenarny sbaikny jgn menulis tlisan tak berbobot sprt ini jika anda tak ingin d tertawakan. Dan anda perlu tahu dlm pemahaman sy ttg Islam bhw Jin, dan iblis serta syaitan adalah hal yg berbeda. . . .Salam

  2. sakiiiii says:

    sebaiknya anda perlu belajar dulu spy mengerti ttg ISLAM ‘ kalau ingin menganut agm islam itu bkn krn terpaksa/dipaksa ttp itu semua krn hidayah ALLAH SWT

  3. Aisha says:

    muslim2 pada kebakaran jenggotnya jika Islam dikritik. mereka bukannya menyanggah dengan bukti2 akurat tetapi mengalihkannya kepada serangan pribadi. itulah sifat dari manusia2 yang kalah berdebat dan tidak sanggup mendebat.

  4. ealr richaldo says:

    Ingat solat akan sisaan di alam kubur dan neraka yang abadi

  5. kampret says:

    @Aisha : kenapa harus berdebat? tulisan ini saja yg tidak berbobot dan tidak berguna

  6. joko says:

    -al quran itu cuma 1 kitab…tidak berobah2..tidak bertambah dan tidak pula berkurang..dan terjaga ke asliannya..so tidak perlu pusing mikirin isinya…biarlah muslim yg memikirkannya..
    -muhammad itu hanya 1 org..namun dicintai org banyak…mana mungkinlah berpuluh2, beratus2, berjuta2 kepala(mempunyai akal) mencintainya jikalau perilakunya jelek…lagian tak satu agamapun yg melarang mencitai org lain…
    – islam itu ada yg bilang jelek…namun ngak sedikit org yg beragama islam yg membantu indonesia merdeka…
    – udah cukup berdebat…agama mu agama mu agama ku agama ku

    • Bandot tua says:

      KATE SOPO BANG………KATE PAK USTAD YA…….CACIANDECH LO……KO BERANI YA KANG USMAN MEMBAKARYA…….TANPA SALINAN-SALINAN YANG DI BAKAR ITU BAGAIMANA KITA TAHU YANG DI SUSUN USMANT ITU ….ASLI……..??????????????????????????????????????????????????APA KANG ALASAN USMAN MEMBAKAR SALINAN QURAN…..TIDAKKAH AKANG CURIGA……!!!

  7. senthir says:

    Lityeratur yang sangat bagus. Ini melengkapi berbagai literatur lain yang sekarang ini bermunculan, misalnya dari Ali Sina. Saya mendapatkan berbagai informasi yang lengkap.

  8. pieter says:

    Bandot Tua,

    Setelah melalui verifikasi yang sangat2 ketat saat penyusunan Al-quran baik melalui hafalan2 dari dada dan bacaan para sahabat juga dari mushaf2 dari kulit2 binatang, batu2 pipih, pelepah2 kurma baik yg sebelumnya dikumpulkan oleh khalifah pertama setelah wafatnya Nabi SAW yaitu Abu bakar assidiq yg disimpan di rumah istri nabi sendiri hafsah, juga banyak mushaf2 dari para sahabat sendiri yg mencatat langsung ashabul nuzul (sebab2 turunnya wahyu), saat itu diserahi tugas 4 sahabat diketuai langsung oleh sekertaris Rasulullah yang masih hidup ZAID BIN TSABIT RA, Zaid sendiri ketika diserahi tugas sangat mulia ini berkata lebih baik disuruh pindahin bukit dari pd menyusun Al-Quran yang mulia saking hati2nya ketika penyusunan tsb ada ayat yg sempat tertunda oleh krn belum ada satu saksi sahabt yg menyaksikan sendiri Rasulullah menyampaikan wahyu yaitu ayat terakhir surat Attaubah perlu diketahui tiap2 ayat Alquran yg disusun harus mendatangkan minimal 2 org sahabat rasulullah saw yang langsung menyaksikan rashulullah menyampaikan wahyu itu kepada mereka meskipun saya yakin Zaid bin tsabit sendiri sdh mengetahui keabsahan ayat2 Al-quran tsb, ketika berhasil mendatangkan satu saksi akhirnya Al-hamdulillah selesai tugas pembukuan mushaf Al-quran dlm satu kitab yg sempurna di jaman kahlifa Utsman bin Affan RA atas jaminan Allah swt tentang kemurnian dan keaslian Al-quran hingga kiamat nanti,
    Pertanyaanya setelah verifikasi selesai setelah dibandingkan dg hafalan2 sahabat maupun mushaf2 sahabat yg jumlahnya BERKARUNG2 banyaknya (mungkin satu kamar) bahkan sdh pada lapuk menurut Bandot tua sendiri harusnya diapain????berdasarkan hasil musyawaroh para sahabat memutuskan membakar salinan2 mushaf2nya sendiri,
    bahkan Ali bin abu thalib RA sendiri berkata seandainya Utsman RA tidak membakar mushaf2 itu maka beliau sendirilah yg akan membakarnya , saat proses pembukuan berlangsung ada sahabat Rashulullah yg termasuk bacaannya terbaik yaitu Abdullah bin mas’ud sedikit beda pendapat 2 surat terakhir yaitu surat 113 al-faq dan 114 annas juga al-fateha inilah kaum orentialis memanfaatkan kejadian tsb jadi issue mengkritik islam, sebelumnya Abdulah bin mas’ud sendiri sdh memasukan ketiga surat itu dlm mushafnya entah karena khilaf atas pendapatnya sendiri sehingga beliau memisahkan kedua surat itu dr al-quran dg alasan 2 surat itu adalah doa khusus utk kedua cucu nabi SAW yaitu Hasan-Husin anak dari Ali bin abu thalib RA sedangkan Ali sendiri memasukan kedua surat tsb, akhirnya Abdullah bin mas’ud pun memerima dg lapang terbuka setelah Ia sendiri memverifikasi dg sahabat2 di luar madinah bhw kedua surat tsb nyatanya dan memang sering di baca Rasulullah ketika shalat itu artinya setiap bacaan shalat yg dikeraskan pastinya dari Al-quran,
    demikian singkat cerita sejarah penyusunan Al-quran utk mengklarifikasi tuduhan2 oreantalis tentang penyusunan Al-quran mohon maaf apabila ada kesalahan2 Waallahu alam bissawab.

    • RAMLI says:

      TULISAN INI MUNGKIN SANGAT BAIK BAGI ANDA YANG MENULIS DAN ORANG-ORANG YANG SEIMAN DENGAN PENULIS. TAPI HARAP DI INGAT, ISLAM DITURUNKAN INTUK SEMUA GOLONGAN TAPI KRISTEN DITURUNKAN HANYA UNTUK ANAK KETURUNAN ISRAEL. BUKTINYA ADALAH : DIDALAM ALKITAB DALAM VERSI APAPUN, YANG ADALAH KATA” HAI ORANG ISRAEL” BAHKAN LEBIH TEPATNYA “DOMBA-DOMBA YANG TERSESAT DARI KETURUNAN ISRAEL”. SEDANGKAN DIDALAM ALQURAN DISEBUT :”HAI MANUSIA” ATAU “HAI ORANG YANG BERIMAN.
      SELAIN ITU, AGAMA KRISTEN TELAH DINASAKH ATAU DICABUT DENGAN TURUNNYA AGAMA ISLAM.
      JADI JIKA ANDA INGIN MEMBANDINGKAN AGAMA ISLAM DENGAN AGAMA KRISTEN, SUNGGUH JAUH…SEPERTI BUMI DAN LANGIT : “BAHKAN KETIKA ORANG ORANG KRISTEN DI EROPA MASIH MEMPERCAYAI BAHWA BUMI ADALAH PUSAT ALAM SEMESTA, DIDALAM ALQURAN TELAH DISEBUTKAN BAHWA BUMI MENGELILINGI MATAHARI DAN MATAHARI PUN BEREDAR MENURUT ORBIT YANG DITENTUKAN TUHAN”.
      KALAU ANDA MENYEBUT MUHAMMAD PEMBOHONG, JUSTRU MATIUS YANG BERBOHONG DAN MENIPU ANDA SEMUA PEMELUK AJARAN KRISTEN.

      • Mas, ga usah bawa agama kristen. Orang yang nulis ini gak punya agama kok …

      • KAFIR ITU BODOH says:

        BENER TUH MAS! SETUJU ANE.
        MALAH KALO PERBANDINGAN NYA LANGIT DENGAN BUMI ITU MASIH BELUM. YA BANDINGAN NYA TENTU MEREKA MANUSIA PURBA.
        MEREKA MENGATAKAN BAHWA MEREKA ITU EVOLUSI DARI MONYET. WAJAR ! MONYET BERPIKIR DEMIKIAN, PADAHAL MONYET (MONYET/merujuk pada teory evolution yang mereka kemukakan) SEBENARNYA GAK PERNAH ELOVULIS,KAYAK MEREKA. OTAK NYA DANGKAL PENUH NAFSU UNTUK ADU DOMBA ORANG DI PIHAK YANG BENAR,SUKA NCIBIRIN,PADAHAL YANG ADA DI HADAPAN MEREKA ITU MENJIJIKAN HIHIHIHI
        PISANG PISANG DAN CUMA PISANG.
        MARI KITA LIHAT KEPADA MONYET MAKA MEREKA TAK BERBEDA JAUH KAN MAS,TUH KAN DIA MARAH DIBILANGIN. YA…. PERSIS DEH KAYAK YANG MEREKA PERSEPSIKAN,KALO MONEYET DI BELAKANG MAJIKAN NYA NCIBIRI MAJIKAN NYA,GAK MAU DI BILANGIN,GAK MAU TERIMA KEBENARAN, MAU NYA YA MAU MAU NYA DIA AJA SUKA ATI,SUKA NGESEXS,SUKA BABI,BEBERAPA DARI ILMUAN MEREKA MALAH MENGAGUMI AGAMA KITA SETELAH MELAKUKAN TES TERHADAP BABI,MENGAPA DI HARAMKAN,

        matilah orang orang munafik

        KESIMPULAN SAYA,” MAITUS ADALAH MONYET,NULIS NAMA SURAH DALAM AL-QUR’AN AJJ SALAH KARNA DIA BODOH,DAN TAK TAU CARA MENJATUHKAN ISLAM, PESAN GUE BUAT MAITUS: Ooi ! GAK USAH TERGESA GESA DEH, DAJAL BENTAR LAGI TURUN KOK, LU KAN NUNGGU DAJAL,JADI LU JGN TERLALU BURU BURU. TUHAN LO KAN DAJAL(DIbacanya:samiri)

  9. semua penganut kristus tidak pernah menyombongkan perkataanya mengatakan kristen hebat kristen agama yang benar dan tidak pernah menarik islam agar jadi kristen. ttp yg islam sll ingin menang sendiri contoh,laki laki atau perempuan kristen bila hendak pacaran langsung mengatakan kl km mau masuk islam saya mau nikah sm kamu tp kamu masuk islam dulu.
    Pesan hendaknya islam mengajarkan pemikiran yg positip ajalah jgn senang buat kerusuhan.kristen itu indah damai sll,tidak pernah bikin jihat ataupun semacamnya.dan tidak pernah membuat ke kacauan,seperti teroris teroris,dan tidak pernah membakar mesjid.atau tempat ibadah lainnya.kristen itu diajarkan berbuat damai tidak pernah lempar batu sembunyi tangan.
    Allah yg memidmmpin dunia ini dan yg mewakilkanya kepada abraham dan keturunannya.

    • Apa anda yakin ? http://www.youtube.com/watch?v=z7oH5JFhfR8 … silahkan di lihat. Dan nilai sendiri dengan hati nurani anda. Tong kosong nyaring bunyinya

      • KAFIR ITU BODOH says:

        terlalu panjang sob,tapi bagus geh kalo ada yang sabar nungguin ntuk nonton,tapi tetap gak efektif

    • KAFIR ITU BODOH says:

      BUAT ANDA YANG NGEPOSTING KOMEN INI MOHON SABAR,terimalah bahwa AGAMA KRISTEN itu salah.kalo yg terioris itu bukan kami.
      ITU HANYAK TRIK KECIL UMAT KALIAN(barak obamati; PRESIDEN AMERIKA), mungkin kedengaran seperti fitnah di telinga kami,kalo kalian katakan islam teroris.ok PAHAMI DAN RENUNGKAN. kan agama kristen nyuruh banyak2 merenungkan,saking kebanyakan kali,jadi nya bodoh deh dengan kenyataan maupun yang masih jadi rahasia TUHAN.
      matilah kalian,semoga kita tak berjumpa di surga,namun saya tetap bisa melihat kamu di neraka

  10. DAMAI ITU INDAH JANGAN AGAMA DI PERDEBATKAN.
    KARENA AGAMA ITU ARTINYA ialah..AGAR JANGAN KACAU BALAU.
    jadi jangan agama diperdebatkan.lakukanlah agamamu sesuai imanmu,dan saya melakukan agamaku sesuai imanku.

  11. AGAMA ITU BUKAN PARTAI.

  12. hafidz hanif says:

    ZZZZzzz…
    Budak Iblis…

  13. ro'i says:

    Tahu kah kalian,, mengapa agama islam itu adalah agama terakhir yg diciptakan dan diakui,, itu dikarenakan karena agama- agama sebelumnya itu tidaklah sempurna,, maka diturunkanlah kitab al- quran dan diciptakanlah agama islam untuk memperbaiki dan menyempurnakan agama sebelumnyaa,, jadi,,,, janganlah kalian membawa dan saling memperdebatkan agama masing- masing,, sudah jelas kn,, klo belum silahkan baca komen aq sekali lagi,,
    Ingatlah,, perbedaan bukan tempat untuk ajang perdebatan akan tetapi lebih jelasnya,, perbedaan itu dijadikan untuk menyempurnakan pendapat dan pembelajaran masing- masing untuk kedepannya menjadi lebih baik,,

  14. jey says:

    ha ha ha ha… biarlah orang bodoh ber koar2. mereka cuma iri pada islam.

  15. Abu bakar says:

    Gw kok heran ya, kurang jelas apalagi sh nie tulisan? Semua udh di sertai bahan2 referensi yg bisa dipertanggung jawabkan. Kalo kalian kaum muslim punya sanggahan yg disertai dengan referensi2 sperti tulisan diatas silahkan saja kalian tampilkan.
    Jangan bisanya hanya cuma ngomel2 serta memaki tanpa dasar dan alasan yg jelas. Saya yakin diantara kalian yg comen dsini tidak ada yg mengerti makna الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ quran 100%, palingan kalian cuma hafal atau tau bahasa arabnya aja..
    Sejarah serta siapa muhammad pun kalian tidak ada yg benar2 tahu.. Hehehe
    Coba dh kalian selidiki dulu siapakah muhammad itu?

  16. tafsir says:

    ketika kamu menuluis ini..kamu telah dirasuki pikiran kafir…allah dan muhamad adalah junjungan kita..mengapa anda terlalu mencari salah tentang muhamad..kenal aja ngga…ketajhuilah saudari ku..anda hanya perlu berzikir…dan renungi makna hidup sesuai ajaran islam…semoga allah selalu memberi mu rahmat…amien

    • KAFIR ITU BODOH says:

      semoga di renungi dengan cara nya sendiri lah,
      merekan kan harus banyak banyak merenung, itu yang di ajarkan pada mereka.
      kebanyakan merenung. yang di renungkan itu malah jadi alasan menghujat islam.
      ketahuilah jika kamu memang orang yang benar diantara agama kristenmu,dan mempunyai hati yang tidak lari dari islam maka kamu akan di tunjukan jalannya untuk mu’alaf,tapi jika tidak . maka kamu akan tetap merugi dalam kekafiran/bodoh tidak menerima kebenaran, hengakang, sama saja lah artinya.

      kami umat islam masih perlu belajar karna kebanyakan islam hanya keturunan dan tak mengerti apa apa maka nya mereka tak bisa menjawab pertanyaan yang mnggoyahkan imannya.maaf umat kristen,kamu akan jadi mu’alaf jika kamu memang orang yang benar

  17. wageman says:

    tulisan bagus,bagus jg buat pencerahan.jd tau kalo mohamad tuh bukan siapa2,cuma biasa aja.ngaku utusan Tuhan,tuhan yg mana ini!?nganggap agama terakhir n nabi terakhir?yg merasa paling benar biasanya sih nutupi yg gak benar.itulah muslim.dimana mana pinginnya mendominasi,saat gak mampu merasa dizolimi.aneh!,kebodohannya menyesatkannya sendiri.

    • Terus yang anda tulis ini apa gak merasa paling benar juga ya ? inget siapa anda ? menyeru tentang agama saja tidak …

    • KAFIR ITU BODOH says:

      apa kamu termasuk orang yang ta’at di antara kamu. Jika tidak jangan lah ikut menjerumuskan diri sendiri, Paus ada telah berbohong. banyak perselisihan antara Paus dengan kita perjanjian lama,maaf, itu salah satu tanda anda bukan beriman pada yesus anda sendiri

      • logan says:

        gara gara tulisan ini loo pada beragama ,,, ini tulisan mengundang setan dalam diri elo masing masing ,,, tapi juga memberi ingatan elo pada agama elo masing masing ,,, inget ,, ni tulisan bisa buat elo dapet pahala ,, bisa juga buat elo dapet dosa karena emosi eloo,,,,

  18. Subur says:

    mendalami agama tidak cukup hanya dengan membaca literatur.ALLAH ada atau tidak ada itu terserah pemikiran anda.tatkala anda dalam keadaan kesulitan menghadapi kenyataan,siapakah yang anda mintai tolong?…………….

  19. Ya … klo emang dari awal si penulis ga percaya adanya agama ya sudah. masak masih ada yang percaya sama tulisan kaya gitu. Mohon ya buka Zabur, Taurat, Injil, Al-qur’an. 4 kitab ini turun dari Firman Allah , yang menciptakan segalanya. Dan nabi-nabi hanyalah penyampai pesan. Dan yang mentafsirkan adalah manusia-manusia biasa. Jadi klo yang niat Nafsirkan itu memang percaya Allah, ya pasti di bantu sama Allah untuk menafsirkan kebenaran. Klo yang niat nafsirkan itu mau menjatuhkan Islam ya pasti dia menafsirkan yang jelek-jelek. Jelas kan ?

  20. Hankdriant says:

    Penulis adalah teman dari syaitan yang terkutuk.

  21. wan says:

    Si penulis sgt sgt bodoh….islam agama yg benar…moga2 suatu hr nti si penulis menemui kebenarannya..takbir ALLAHHUAKBAR

  22. woy loe yang nulis cerita,bangsat loe

  23. Sang pencerah says:

    Nabi muhammad itu nabi yg bgi seluruh dunia. .kalo anda orang indonesia ada 9 wali songo yg mengakui dan meyakini bahwa muhammad adalah utusan allah.dan allah menghendaki kelebihan di antara ke 9 wali itu..agar umat manusia tidak tersesat.

  24. aku says:

    cerita dari orang goblok dan suka mengadu domba ini dak usah didenger, capek bahasnya biarlah dia dengan kesesatannya bersama para setan yang setia menemani di neraka

  25. Jika memang agama komentar dari para pembaca ini benar tentang agama Islam dan tentang Nabi Muhammad SAW, tolong jelaskan makna/arti lambang bulan sabit dan bintang yang ada pada Islam. Bandingkanlah dengan simbol Yudaisme yaitu Bintang Daud (yang berarti ketujuh Roh TUHAN/YAHWE) dan simbol Kristiani yaitu Salib (yang berarti pengorbanan dan kasih TUHAN/YAHWEH dalam ujud manusiawi-Nya yaitu YAHSHUAH (JESUS). Dari simbol saja, sudah jelas bahwa Bintang dan Bulan Sabit bukanlah simbol kebenaran atau pengorbanan Sang Khalik kepada umat manusia. Tetapi memang simbol Agama Kuno ARABIA jauh sebelum Nabi Muhammad SAW lahir. Jin dan Setan memang tidak akan pernah mengakui JESUS sebagai Penguasa Hidup dan Mati manusia karena memang Jin dan Setan adalah musuh abadi TUHAN dan Bangsa Malaikat. Jin dan Setan tidak akan pernah mau mengakui kekalahannya di hadapan TUHAN pada saat mereka dikalahkan telak oleh ujud manusiawi TUHAN yaitu Tuan YAHSHUAH yang Maha Kudus dan Maha Mulia. Dan agama Kristiani tidak pernah mentoleransi kontak fisik maupun kontak spiritual dengan Bangsa Jin maupun Setan. Sehingga, tidak pernah dikenal istilah Jin Kristiani atau Jin Yahudi…..ARDASHIR BAHRAM.

    • KAFIR ITU BODOH says:

      Islam itu Terang,

      Biar anda Percaya langsung saja browsing di wikipedia indonesia,ini link nya

      http://id.wikipedia.org/wiki/Jin

      Beberapa versi pengamat sejarah mengatakan bahwa sebenarnya asal muasal lambang bulan bintang berasal dari lambang khilafah Islamiyah terakhir yang dimiliki umat Islam, yaitu Khilafah Turki Utsmani.

      Khilafah ini adalah warisan terakhir kejayaan umat Islam. Memiliki luas wilayah yang membentang dari ujung barat sampai ujung timur dunia. Wilayahnya mencakup tiga benua besar dunia, Afrika-Eropa dan Asia. Ibukotanya adalah kota yang sejak 1400 tahun yang lalu telah dijanjikan oleh Rasulullah SAW sebagai kota yang akan jatuh ke tangan umat Islam.

      Rasulullah bersabda, “Qonstantinopel akan kalian bebaskan. Pasukan yang mampu membebaskannya adalah pasukan yang sangat kuat. Dan panglima yang membebaskannya adalah panglima yang sangat kuat..”

      Berabad-abad lamanya umat Islam memimpikan realisasi kabar gembira Rasulullah itu. Namun sejak zaman Khilafah Rasyidah, Khilafah Bani Umayah hingga Khilafah Bani Abbasiyah, kabar gembira itu tidak pernah juga terealisasi. Memang sebagian Eropa sudah jatuh ke tangan Islam, yaitu wilayah Spanyol dengan kota-kotanya antara lain: Cordova, Seville, Granda dan seterusnya. Namun jantung Eropa belum pernah jatuh secara serius ke tangan Islam.

      Barulah ketika Sultan Muhammad II yang lebih dikenal dengan Sultan Muhammad Al-Fatih menjadi panglima, jatuhlah kota yang pernah menjadi ibu kota Eropa itu. Lewat pertempuran yang sangat dahsyat dengan menggunakan senjata paling modern di kala itu, yaitu CANON atau meriam yang sangat besar dan suaranya memekakkan telinga, Muhammad Al-Fatih berhasil menjatuhkan kota konstantininopel itu dan menjadikannya sebagai ibu kota Khilafah Turki Utsmani. Serta menjadikannya pusat peradaban Islam.

      Wilayahnya adalah tiga benua dengan semua peradaban yang ada di dalamnya. Saat itu bulan sabit digunakan untuk melambangkan posisi tiga benua itu. Ujung yang satu menunjukkan benua Asia yang ada di Timur, ujung lainnya mewakili Afrika yang ada di bagian lain dan di tengahnya adalah Benua Eropa. Sedangkan lambang bintang menunjukkan posisi ibu kota yang kemudian diberi nama Istambul yang bermakna: Kota Islam.

      Bendera bulan sabit ini adalah bendera resmi umat Islam saat itu, karena seluruh wilayah dunia Islam berada di bahwa satu naungan khilafah Islamiyah. Tidak seperti sekarang ini yang terpecah-pecah menjadi sekian ratus negara yang berdiri sendiri hasil dari jajahan barat.

      Wajar kalau lambang itu begitu melekat di hati umat dari ujung barat Maroko sampai ujung Timur Marauke. Inilah lambang yang pernah dimiliki oleh umat Islam secara bersama, bulan dan bintang. Dan lambang ini kemudian seolah menjadi lambang resmi umat Islam dan selalu muncul di kubah-kubah masjid. Dan kalau kita perhatikan, nyaris hampir semua kubah masjid di berbagai belahan dunia punya lambang ini.

      Dan banyak institusi umat Islam yang juga memakai lambang ini, misalnya Masyumi di masa lalu. Bahkan di zaman reformasi, di Indonesia muncul Partai Bulan Bintang yang lambangnya bulan bintang.

      semua ayat dalam AL-QUR’AN ialah Wahyu,
      bagi yg tidak menerti wahyu,wahyu yaitu perkataan Tuhan,bukan perkataan manusia.di sampaikan oleh yang di percayai-Nya(Al-Malaikat Jibril,bukan Gabriel ya)
      untuk disampaikan nya pada Nabi S.A.W,aga manusia dan semua baik jin maupun manusia paham. Kebesaran ALLAH.S.A.W

      di dalam Kitab AL-QUR’AN; tentang jin yang anda tanya
      “ …dan sesungguhnya kami dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi sekarang[1] barangsiapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya) (Al-Jin 9:72) ”

      Tentang asal kejadian jin, Allah menjelaskan, kalau manusia pertama diciptakan dari tanah, maka jin diciptakan dari api yang sangat panas, dijelaskan dalam Al-Hijr dan Ar-Rahman,
      “ “…dan kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.” (Al-Hijr 15:27) ”
      “ “…dan Kami telah menciptakan jin dari nyala api.” (Ar-Rahman 55:15) ”

      Ibnu Abbas, Ikrimah, Mujahid dan Adh-Dhahak berkata, bahwa yang dimaksud dengan firman Allah: “Dari nyala api, ialah dari api murni”. Yang di maksud dengan api murni adalah tidak dicampur unsur lain, seperti halnya manusia diciptakan dari berbagai unsur tanah.

      Mereka juga berpendapat bahwa yang dimaksud “api yang sangat panas” (nar al-samum) atau “nyala api” (nar) dalam firman Allah di atas ialah “api murni”. Ibnu Abbas pernah pula mengartikannya “bara api”, seperti dikutip dalam Tafsir Ibnu Katsir.

      Dalam riwayat lain dari Ibnu Abbas: “Dari bara api.” Riwayat ini ditemukan dalam Tafsir Ibnu Katsir. Dalilnya dari hadits riwayat Aisyah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api, dan Adam diciptakan dari apa yang disifatkan (diceritakan) kepada kalian.”[2]

      dalam fikiran kalian mengatakan bahwa TUHAN YESUS DAN YAHWEH mengorbankan diri untuk manusia,sehingga terbunu lalu hidup lagi,
      pertanyaan saya,sebelum jauh ,siapa yang menjaga dan memimpin di kerajaan dan singgasana nya yang maha tinggi itu,
      kedua,kenapa TUHAN YESUS dapat terbunuh oleh ciptaannya yang lemah dari nya,
      hey orang yang pintar,TUHAN itu lebih kuat dari makhluk Nya tidak munggkin bisa di bunuh,DIA itu abadi,
      apa kamu suda mengerti BAHRAM

  26. hamba Allah SWT says:

    Siapa Anda ini ? Tolong jangan sebarkan cerita bohong untuk menciptakan kebencian.

    Semoga Allah memberikan hidayah untuk anda .

  27. dajjal says:

    Beginilah tulisan pengecut yg tdk pernah belajar..persis seperti paus vatikan yg tdk pernah berani ditantang debat mengenai kekristenan oleh syeikh ahmad deedat…klo agamanya paus memang benar,ngapain takut diajak debat mengenai keabsahan kekristenan…kalian2 itu umat dungu yg dibodohi oleh doktrin2 paus,,kalian itu para penyembah manusia yg bernama isa

  28. logan says:

    harusnya kalian berfikir bukan untuk memperdebatkan kisah setan ,, tapi kalian harus berpikir memikirkan kisah kalian ,, karena dari hal ini saja kalian sudah di rasuki setan ,,, ingat ada tujuh macam setan dalam diri kalian ,,, apakah kalian sadari kalau kalian ingin mengutarakan sesuatu setan kalian sudah mengatur emosi kalian ,, apakah hati kalian marah atau meredakan amarah orang ,, coba pikirkan kembali kata kata kalian ,,,,>>>>> LOGAN (SLOW and GANTENK)

  29. Ali says:

    laknatulloh alaik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s